Tertarik Membeli Truk Bekas? Periksa 5 Poin Penting Berikut Ini

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sedang mencari truk second? Usah khawatir untuk membelinya kalau kamu sudah membaca beberapa tips dari Jualo berikut ini.

Truk merupakan kendaraan komersial yang digunakan untuk menunjang kegiatan usaha. Maka dari itu, sebelum membeli truk, ada baiknya disesuaikan terlebih dulu dengan kebutuhan. Apakah truk digunakan untuk membawa beban berat atau ringan, serta menelusuri medan sempit yang hanya bisa digunakan oleh light truk.

Saat ini, harga truk baru diketahui cukup tinggi. Apalagi, jika kita membeli truk, bak/box dijual terpisah sehingga membuat biaya makin membengkak. Solusi lain jika budget terbatas tentu saja dengan membeli truk second atau bekas.

Sayangnya, membeli truk bekas pastinya tidak seperti mobil kecil pada umumnya. Pasalnya, truk merupakan kendaraan yang kerap dipaksa bekerja keras. Kian diperparah, jika pemilik sebelumnya sering membawa beban lebih (over load) pada truk sehingga berdampak buruk pada kondisi truk.

Untuk itu, beberapa tips di bawah ini wajib diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli truk bekas.

–> Teknik Jitu Negosiasi dengan Penjual Properti Agar Mendapatkan Harga Murah

–> Buat Bikers! Simak Tips Aman Riding di Musim Hujan Berikut Ini

Cek kondisi sasis

Sasis truk menjadi hal yang paling penting selain kondisi mesin, pastikan kondisi sasis masih lurus tidak bengkok, dan tidak ada bagian yang keropos. Hal itu dikarenakan pondasi dari truk merupakan sasis. Biasanya, masalah sasis bengkok sering ditemui pada truk dengan beban kerja berlebih alias over load.

Cek Mesin

Berikutnya cek Kondisi mesin. Selain sasis, mesin jadi bagian tak kalah penting. Pastikan taka da rembesan oli dan suara mesin diesel masih bagus. Dua cara tersebut jadi yang paling mudah dideteksi secara fisik. Namun, jauh lebih baik jika Anda membawa montir untuk mengecek secara langsung kondisi truk incaran.

Cek Sistem Radiator

Sistem radiator mobil truk juga kerap bermasalah, sehingga mesin terlalu panas (overheat) jika truk sudah berumur atau tidak mendapat perawatan dengan baik. Suhu mesin yang ideal indikator suhu mesin berada di tengah-tengah, tidak terlalu dingin (C) atau panas (H).

Kondisi Body, Bak/Box

Bagian ini sebenarnya tidak terlalu krusial, karena biasanya kondisi body atau bak truk yang sudah berumur pastinya banyak ditemui baret atau bahkan penyok di bagian bak. Namun, tentu tak ada salahnya jika memilih truk dengan kondisi terbaik.  Karena biaya untuk memperbaiki body atau bak truk tidaklah murah.

–> Kunjungi Pesona 9 Kota Indonesia, Skutik 125cc Yamaha Taklukkan 1.250 Km

Periksa Keabsahan Surat-surat

Terakhir, keabsahan surat wajib diperhatikan. Seperti kecocokan BPKB dan STNK dengan nomor rangka dan nomor mesin. Sebab truk-truk yang sudah berumur, biasanya banyak yang sudah mengganti sasis sehingga nomor rangka berbeda. Anda harus benar-benar teliti melihat bagian satu ini.

Seandainya sasis sudah diganti, wajib mencetak ulang nomor rangka karena jika tidak KIR tak akan bisa diterbitkan. Kalau kamu masih bingung mencarik truk bekas berkualitas, Jualo siap membantu. Sebagai marketplace terbesar dan terpercaya, Jualo menawarkan berbagai kemudahan untukmu dalam mencari truk idaman lho.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles