Berkendara Offroad, 5 Riding Gear Ini Wajib Dipakai
riding gear trail

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berkendara dengan motor offroad untuk mengisi kegiatan liburan tentu jadi hal menyenangkan. Namun, satu hal yang patut diperhatikan adalah riding gear yang tentunya berbeda.

Berkendara offroad menggunakan sepeda motor trail atau adventure sering menjadi agenda akhir pekan untuk para riders. Di trek offroad, mereka diharuskan melewati medan-medan yang berbeda dari biasanya, seperti jalanan berbatu, sungai, pasir, tanah dan lainnya. Untuk itu, riding gear atau perlengkapan yang dipakai tentu berbeda dibanding saat riding di jalan biasa.

Selain motor yang prima, riding gear yang tepat wajib diperhatikan agar kegiatan riding tetap aman pastinya. Penasaran? Berikut riding gear wajib yang harus digunakan untuk berkendara di jalur offroad.

–> Yuk Bedah 12 Fitur Unggulan Yamaha XMax 2021, Apa Saja?

1. Helm

riding gear helm

Perlengkapan berkendara yang satu ini sangatlah penting baik untuk berkendara onroad maupun offroad. Khusus untuk berkendara di jalur offroad, helm yang digunakan adalah helm cross yang memiliki bentuk lebih panjang pada bagian rahang dan bagian atas yang didesain untuk memiliki fungsi masing-masing.

“Bagian rahang dibuat lebih panjang bertujuan agar mempermudah pengendara bernafas dengan siruklasi udara yang lebih baik namun tetap melindungi bagian rahang. Pada bagian atas atau pet cross berfungsi untuk melindungi tubuh dari ranting pohon ataupun benda lainnya yang dapat membahayakan wajah,” ungkap Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

2. Google Helm

riding gear google

Google pada helm berfungsi untuk melindungi kontak langsung mata dengan benda yang berbahaya. Berfungsi sama seperti visor pada helm pada umumnya, namun Google dibuat terpisah karena bertujuan untuk mempermudah riders bernafas secara bebas dengan kondisi di jalur offroad yang tidak dapat diprediksi sehingga dapat mengurangi kemungkinan munculnya embun pada kaca visor/google yang dapat menganggu jarak pandang.

–> New Yamaha XSR 155 Tampil Sporty dengan Warna Matte Green

3. Body Protector

riding gear body protector

Body protector yang harus digunakan oleh offroader adalah protector pada bagian dada, leher, sikut, dan lutut. “Semua bertujuan untuk melindungi pengendara dari benda-benda keras ketika berkendara di jalur offroad,” kata Ludhy.

4. Sepatu

riding gear sepatu

Sepatu yang digunakan untuk berkendara di jalur offroad sebaiknya menggunakan sepatu berjenis cross atau boots, karena akan melindungi bagian telapak kaki hingga betis dari benda-benda keras di jalur offroad dan juga melindungi kaki pengendara jika tertimpa oleh motor jika terjatuh.

–> Mengenal Ragam Varian Mobil Audi yang Beredar di Pasaran

5. Sarung Tangan

riding gear sarung tangan

Yang terakhir adalah sarung tangan. Sarung tangan yang digunakan untuk offroad sebaiknya menggunakan sarung tangan khusus dengan bahan kain di bagian atas dan berbahan kulit di telapak tangannya. “Hal ini bertujuan untuk membuat pengendara lebih leluasa dalam menggerakkan jari-jarinya,” tutup Ludhy.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles