Begini Lho Mencegah Mika Lampu Mobil Supaya Tidak Cepat Kusam
Mika Lampu Mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernahkah Anda melihat mika lampu mobil yang sudah kusam? Hal tersebut biasa terjadi pada mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Lantas bagaimana cara mencegahnya?

Mika lampu mobil yang sudah berusia di atas lima tahun, biasanya akan terlihat kusam atau berwarna kekuningan. Jika mika kusam, tentu sangat berbahaya terhadap keselamatan berkendara Anda di malam hari karena kurangnya sinar cahaya lampu. Padahal, kusamnya mika lampu bisa dihindari dengan perawatan yang tepat lewat beberapa tips berikut ini.

Cara Mencegah Mika Lampu Tidak Cepat Kusam

Tidak perlu mengeluarkan uang sebenarnya untuk mencegah mika lampu tidak cepat kusam, karena semuanya bisa dilakukan di rumah dengan cara yang sangat mudah dan murah meriah lho.

1. Memarkirkan Mobil di Tempat Teduh

Mika Lampu Mobil-4

Sinar UV pada pancaran sinar matahari dapat menyebabkan mika mobil Anda menjadi lebih cepat kusam. Anda bisa mencegah mika lampu tidak cepat kusam dengan memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Lalu bagaimana jika tidak terdapat tempat yang teduh untuk parkir mobil? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan pelindung  lampu untuk mencegahnya terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Menggunakan Cairan Anti Sinar UV pada Mika Lampu

Cairan anti sinar UV ini dapat berfungsi sebagai pelindung mika lampu sehingga dapat membuatnya lebih tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa temukan dengan mudah di toko sparepart mobil. Harga dari cairan ini pun juga sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk membelinya.

3. Mencuci Mika Lampu Setelah Terkena Hujan

Mika Lampu Mobil- 3

Air hujan yang masuk ke dalam mika lampu mobil, dapat menyebabkan mika menjadi cepat buram. Tidak hanya itu saja, lampu mobil Anda juga dapat cepat rusak jika sering terkena rembesan air hujan yang masuk. Maka, segeralah cuci mika lampu Anda setelah terkena hujan. Pastikan ketika mencuci mika lampu, Anda menggunakan air bersih. Ketika mengeringkannya, gunakanlah lap yang lembut serta bersih agar mika mobil Anda tidak mengalami goresan. Pastikan juga mika lampu Anda sudah benar-benar bersih dan kering.

–> BAYAR TOL BISA PAKAI HP, BAGAIMANA CARA KERJANYA?

4. Memilih Jenis Lampu yang Berkualitas

Mika Lampu Mobil- 2

Menggunakan lampu dengan watt yang lebih besar dari standar dan spesifikasi mobil yang digunakan, dapat menyebabkan mika cepat kusam. Hal tersebut disebabkan karena panas yang timbul dari cahaya lampu melebihi daya kapasitas mika. Selain itu, jika Anda menggunakan lampu dengan daya yang lebih rendah, lampu dapat menjadi lebih mudah rusak.

Untuk memilih jenis lampu yang tepat, gunakanlah lampu yang sesuai dengan standar mobil yang Anda gunakan. Pilihlah jenis lampu yang memiliki kualitas baik agar tidak mudah rusak. Selain itu, pastikan menggunakan lampu yang memiliki energi listrik dengan maksimal. Anda juga bisa menggunakan jenis lampu LED karena memiliki sifat yang lebih dingin daripada lampu biasa.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles