Aki Kering vs Aki Basah, Bagus Mana? Simak Penjelasannya
aki kering vs aki basah

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Siapa yang lebih baik antara Aki kering vs aki basah adalah pertanyaan yang lazim ada di benak pemilik mobil. Lantas mana yang lebih baik?

Setiap jenis aki sebetulnya sama-sama bermanfaat untuk mobil. Namun, bila Anda masih bingung mau memilih mana, jangan khawatir. Kami akan mencoba memberikan penjelasan soal keunggulan aki kering vs aki basah. Untuk lebih jelas, berikut Jualo berikan penjelasan lengkapnya untuk Anda!

Aki Kering

aki kering vs aki basah- 3

Kita bahas dulu aki kering. Aki kering merupakan jenis aki yang memakai gel sebagai perendam sel-sel akinya. Gel pada aki kering mengandung cairan berupa air aki yang tidak mudah menguap.

Karena tidak mudah menguap, air aki pada gel tersebut jadi tergolong tahan lama. Jenis aki ini tidak perlu mendapatkan perawatan yang terlalu rutin. Maka tak heran, bila aki ini juga lazim disebut maintenance free battery. Walau tidak ribet soal perawatan, jenis aki satu ini tergolong mahal di pasaran.

Aki Basah

Kebalikan dari aki kering, jenis aki ini memakai cairan elektrolit sebagai perendam sel-sel akinya. Tak seperti gel pada aki kering, cairan pada aki basah relatif lebih mudah menguap. Bila memakai jenis aki ini, Anda harus rutin memeriksa cairan akinya, terutama jika mulai menguap. Pastikan ketinggian airnya tidak menurun secara drastis. Ketinggian air yang menurun drastis bakal membuat sel aki juga ikut menguap.

aki kering vs aki basah- 2

Aki basah harus dirawat secara rutin. Paling tidak dua bulan sekali. Khusus untuk kendaraan operasional seperti taksi, perawatan rutin pada aki basah harus dilakukan sebulan sekali. Hal itu mengingat kendaraan operasional lebih sering dipakai dibanding kendaraan pribadi. Dibanding aki kering, aki basah punya harga yang lebih murah.

–> TIPS AMAN RIDING SEPEDA MOTOR UNTUK PEMULA

Lantas, Mana yang Lebih Bagus?

Jawaban di atas sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda butuh aki yang tidak terlalu ribet soal perawatan, maka aki kering adalah pilihan yang bagus. Namun, jika ingin aki yang harganya murah, aki basah adalah pilihan yang harus diambil. Apapun pilihan yang Anda ambil harus menerima konsekuensinya.

Misalnya jika memilih aki kering karena tidak ribet soal perawatan, maka harus menerima konsekuensi di baliknya. Mengeluarkan uang banyak untuk membeli aki tersebut adalah konsekuensinya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles