5 Tips Jitu Merawat Mobil Warna Hitam Supaya Tetap Kinclong
mobil warna hitam

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Salah satu permasalahan utama dari pemilihan mobil warna hitam ada di perawatan. Lantas bagaimana cara merawat mobil berkelir hitam yang baik dan benar?

Mobil warna hitam kerap jadi pilihan masyarakat Indonesia karena memiliki kesan elegan dan mewah. Namun, satu yang terletak di perawatan yang bisa dibilang lebih sulit dibanding warna lain

Hal tersebut diakibatkan sifat warna hitam yang menyerap cahaya sehingga bila ada baret atau kotoran langsung dapat terlihat dengan jelas. Alhasil mobil pun jadi gampang terlihat kusam, apalagi kalau malas membersihkannya. Oleh karena itu, Jualo akan berikan beberapa tips ampuh yang mesti diperhatikan agar mobil warna hitam tetap kinclong

1. Cuci Mobil Secara Rutin

mobil warna hitam- 4

Tujuannya agar bodi mobil Anda tidak akan meninggalkan noda jamur di bodi mobil setelah terkena kotoran atau air. Meski begitu, segera keringkan mobil setelah mencuci. Gunakan kain mikrofiber saat finishing agar bodi mobil bisa kering sempurna untuk mencegah water spot atau jamur bodi mobil. Jamur bisa terjadi jika ada air di permukaan cat mobil yang menguap karena terkena panas matahari.

2. Perhatikan Teknik Mengelap

mobil warna hitam- 2

Lakukan proses mengelap dengan gerakan searah dan kain sedikit diangkat di bagian akhir untuk mengangkat kotoran yang terjaring. Lakukan secara halus dan perlahan, jangan terburu-buru karena kalau tidak sabaran bisa jadi Anda malah menggerakkan kain bolak-balik.

Jika ada sedikit saja debu di kain pembersih, gerakan tersebut akan membuat bodi mobil jadi baret. Jangan pula melakukan gerakan memutar lantaran akan membantu menimbulkan baret halus yang sama dengan gerakan bolak-balik hanya saja bentuknya memutar (swirl mark).

3. Pakai Paint Protection

mobil warna hitam- 3

Tidak ada salahnya Anda rutin memoles mobil ke salon mobil langganan. Biasanya di akhir proses pemolesan akan diaplikasikan paint protection. Langkah ini sangat baik untuk memulihkan lapisan pelindung (pernis) di cat mobil. Lakukan sekitar 3 bulan sekali, atau paling tidak 6 bulan sekali.

–> BEGINI DAMPAK BURUK SERING PARKIR MOBIL DI TEMPAT PANAS

4. Hindari Sabun Deterjen

Sabun jenis ini punya kemampuan untuk mengikis permukaan dari kotoran. Memang terlihat efektif, tapi jangka panjang malah mengikis permukaan cat mobil. Alhasil mobil hitam Anda malah jadi terlihat kusam dan seperti tidak pernah dirawat. Oleh sebab itu hindari penggunaan sabun jenis ini dan pakai sampo khusus mobil yang banyak dijual di pasaran.

5. Jangan Pakai Kemoceng

mobil warna hitam- 5

Dengan alasan praktis dan cepat bersih, masih banyak orang yang menggunakan kemoceng dengan bahan bulu untuk membersihkan bodi mobil. Padahal bahan jenis ini punya potensi menimbulkan baret halus di bodi mobil karena ada bagian yang tajam dan keras. Saat ini sudah banyak kemoceng dengan bahan kain mikrofiber, dan kamu bisa pakai kemoceng jenis ini. Pastikan gerakan tangan searah ketika membersihkan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles