close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Waspadai Sensor All New Yamaha Nmax yang Sensitif Akibat Hal Sepele

Beberapa waktu lalu sempat ramai pemberitaan konsumen All New Yamaha Nmax 155 mengeluhkan sensor menyala di dashboard motornya. Padahal, motor baru saja diantar oleh pihak dealer. Untuk tahu lebih jelas penyebabnya, simak artikel berikut ini.

Fenomena tersebut pastinya membuat publik khawatir terhadap kualitas All New Nmax yang baru diluncurkan akhir tahun lalu. Apalagi, saat diperkenalkan di hadapan publik, motor ini digadang-gadang bisa meneruskan prestasi generasi sebelumnya yang menuai sukses besar Maxi skutik 150cc.

Ternyata setelah ditelusuri, bagi Anda konsumen yang sudah memiliki All New Nmax atau yang ingin meminang motor tersebut, ada satu hal wajib diperhatikan agar kejadian sensor muncul tidak terulang. Yakni

“Kemarin sempat ramai karena muncul sensor. Sebenarnya itu tidak masalah, karena konsumen belum terbiasa saja dari sistem lama ke OBD (onboard diagnostic). Jadi, sistem OBD itu kalau ada masalah sedikit saja, maka sensor muncul, sangat sensitif. Masalah tersebut terletak di switch stand sensor atau standar samping,” papar Gendro, Kepala Bengkel Yamaha Era Motor Pasar Minggu kepada Jualo.

–> Mitsubishi Pamerkan Headquarter Anyar di Jepang

–> Peugeot Luncurkan Jajaran Sepeda Crossover Listrik Terbaru

Standar Samping untuk Mematikan Mesin

Seperti diketahui bersama, All New Nmax memang sudah dilengkapi dengan fitur safety switch stand standar yang berfungsi mematikan motor ketika standar samping diturunkan. Sebenarnya Nmax lama pun sudah dilengkapi fitur serupa, hanya saja sensor yang ada di All New Nmax memang sangat berbeda.

Jangan gunakan standar samping untuk mematikan mesin, untuk menjaga kelistrikan tetap awet

“Sebenarnya Nmax lama juga ada kalau di cek di komputer. Bedanya, All New Nmax lebih sensitif. Jadi langsung muncul seandainya beberapa kali mematikan mesin lewat standar. Kalau sudah begitu, mematikannya harus ke bengkel di reset ulang,” sambungnya.

Untuk itu, konsumen motor matic sangat dihimbau agar tidak menggunakan standar samping untuk mematikan mesin . Pasalnya, jika hal ini sering dilakukan bisa berakibat rusaknya sektor kelistrikan.

“Fungsi mematikan mesin itu sebenarnya melalui kunci kontak, bukan standar. Itu kan fitur safety, kadang konsumen salah, sering menggunakan fitur itu untuk mematikan mesin. Dampaknya mesin akan rusak karena motor dipaksa mati. Biasanya sektor kelistrikan yang rawan bermasalah nantinya,” tukas Gendro.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram