close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

5 Panduan Memilih Apartemen Ideal untuk Hunian

Apartemen merupakan hunian modern yang saat ini diminati masyarakat. Jika dulu orang-orang lebih memilih tinggal di rumah kontrakan atau kost, maka sekarang trend tinggal di apartemen mulai menyelimuti hasrat banyak orang.

Di kota-kota besar saat ini semakin banyak bermunculan apartemen dengan harga yang terjangkau, sehingga membuat para kalangan menengah ke atas mulai berpindah ke hunian vertikal jenis apartemen ini. Untuk memilih kamar atau unit apartemen yang sesuai, kamu perlu tahu tips memilih unit apartemen yang baik.

Berbagai faktor seperti lokasi, nilai investasi, atau besarnya ruanganya perlu kamu perhatikan saat memilih apartemen ideal. Jika kamu masih bingung saat memilih apartemen, usah khawatir karena kamu bisa menemukan apartemen idaman lewat Jualo.com.

Sebagai marketplace terbesar dan terpercaya, kamu bisa mencari beragam apartemen yang sesuai kebutuhan. Nah, berikut ini akan kami sajikan panduan untukmu saat memilih apartemen untuk hunian ideal.

–> Tips Memilih Jasa Travel untuk Keluarga yang Aman dan Terpercaya

Perhatikan Posisi Lantai

Tips memilih unit apartemen yang pertama adalah pemilihan posisi lantai. Ada banyak faktor yang bisa jadi bahan pertimbangan agar kamu mendapatkan kenyamanan selama tinggal di unit apartemen. Kamu tidak bisa mengedepankan pandangan mengenai pemandangan indah yang bisa didapatkan dari ketinggian. Beberapa orang justru merasa takut kalau harus tinggal di lantai yang terlalu tinggi karena mengkhawatirkan proses evakuasi saat terjadi musibah seperti gempa bumi atau kebakaran.

Kalau kamu termasuk orang yang takut ketinggian dan khawatir dengan hal-hal tersebut, maka kamu bisa memilih apartemen di lantai bawah dengan pertimbangan akan lebih mudah turun tangga saat proses evakuasi. Selain itu, Lantai atas sangat tidak dianjurkan bagi orang yang takut (phobia) dengan ketinggian.

Kalau kamu merasa cocok untuk tinggal di lantai atas, kamu akan mendapatkan asupan sinar matahari yang lebih baik karena tidak terlalu terhalang oleh bangunan lain. Namun, kamu harus tahu bahwa biasanya pihak developer akan memasang harga yang lebih tinggi untuk unit yang menyediakan pemandangan yang bagus. Jadi, kalau  kamu berminat untuk membeli apartemen yang belum selesai dibangun, maka pastikan untuk menanyakan perbedaan harga berdasarkan lantai.

Selain perbedaan mengenai pemandangan dan kemudahan proses evakuasi, posisi lantai juga berpengaruh pada tingkat kebisingan. Semakin rendah lantai unit apartemen, maka akan semakin banyak polusi suara (kebisingan) yang masuk ke unit apartemen dan cenderung mengganggu kenyamanan. Ketika kamu tinggal di lantai bawah, kamu bisa mendengar beberapa suara pengganggu dari suara kendaraan lewat, suara aktivitas di kolam renang, dan lain sebagainya.

Dalam memilih lantai unit apartemen, kamu juga harus mempertimbangkan anggota keluarga yang akan tinggal bersama di unit apartemen. Jika tinggal bersama orang tua lanjut usia atau anak kecil, sebaiknya kamu memilih apartemen yang terletak di lantai bawah karena lebih aman untuk anak-anak dan orang tua.

–> Bingung Cari Tanah Murah di Jakarta? Simak Ulasannya Berikut

Kondisi Unit Apartemen

Kalau kamu sudah merasa cocok dengan posisi lantai dan arah hadap unit, maka sempatkan untuk datang berkunjung untuk melihat-lihat unit apartemen terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa. Momen kunjungan tersebut dapat kamu lakukan untuk mengecek kondisi unit apartemen dengan teliti. Tips memilih unit apartemen yang perlu diperhatikan adalah kamu harus memeriksa dengan baik kondisi dinding, plafon, lantai, saluran pembuangan, dan lain sebagainya.

Kalau kamu menemukan bagian yang mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki, maka segera bicarakan dengan pemilik unit apartemen atau agen properti yang menemani kunjunganmu. Dengan demikian, kamu tidak akan dirugikan dengan faktor kondisi unit apartemen yang tidak baik.

Perhatikan Kebutuhan Ruang atau Tipe Unit

Kebutuhan ruang sangat berkaitan dengan jumlah orang yang akan menghuni unit apartemen tersebut. Kalau kamu akan menempati apartemen bersama dengan pasangan dan dua anak, kamu bisa memilih unit tipe 2 BR. Sedangkan untuk tinggal berdua dengan pasangan kamu bisa memilih unit tipe 1 BR. Namun, kalau kamu tinggal seorang diri, maka pilihan yang cocok adalah unit apartemen tipe studio.

Nilai Investasi

Khusus buat kamu yang ingin membeli unit apartemen, nilai investasi sangat penting kamu perhatikan dalam tips memilih unit apartemen yang terakhir. Apalagi kalau kamu akan membeli apartemen yang masih berada dalam proses pembangunan untuk tujuan investasi. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih unit apartemen yang dibangun oleh developer yang sudah terkenal dan produk hasil karyanya terbukti berkualitas.

Kamu harus aktif menanyakan kepada developer mengenai potensi capital gain dan rental yield dari unit apartemen yang akan kamu beli. Angka yang didapat bisa menjadi bayangan perhitungan keuntungan yang akan dapat dari menyewakan unit apartemen tersebut atau untuk dijual kembali setelah beberapa tahun ke depan.

Untuk investasi yang cemerlang, sebaiknya kamu membeli apartemen yang berlokasi dekat dengan universitas, perkantoran, dan mall. Apartemen yang dibangun dengan berdekatan ketiga pusat keramaian tersebut bisa dipastikan akan membuat harga meroket dan tidak pernah sepi dari penyewa.

–> Kenali Desain Rustic, Arsitektur Cantik dengan Sentuhan Alam

Pertimbangkan Harga dan Metode Pembayaran

Harga adalah unsur penting yang harus kamu perhatikan dalam tips memilih unit apartemen. Jika kamu sudah menemukan unit apartemen yang cocok di hati, namun harga beli atau sewa apartemen terlalu mahal, maka sebaiknya kamu beralih mencari unit lain yang lebih ramah budget..

Kamu juga harus memperhatikan metode pembayarannya. Jika kamu merasa bahwa membayar secara cash cukup memberatkan, maka kamu bisa menegosiasikan metode pembayaran dengan cicilan atau angsuran. Kamu harus mencermati dengan baik metode pembayaran yang disediakan oleh developer apartemen kalau kamu berniat untuk membeli apartemen yang masih dalam proses pembangunan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tags: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram