close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mengenal Water Hammer: Efek Buruk & Cara Mengatasinya

water hammer

Mobil kalian habis melintasi genangan air atau banjir? Waspadai bahaya water hammer yang bisa mengancam mesin mobil Anda

Curah hujan di Indonesia yang cukup sering di Indonesia beberapa waktu terakhir membuat genangan air cukup banyak ditemui. Kondisi inilah yang sangat berbahaya bagi mesin mobil Anda ketika dipaksakan melintasi genangan air cukup tinggi karena bisa menimbulkan water hammer.

Apasih Water Hammer?

Water hammer atau hydrolocking adalah keadaan di mana mesin mobil mati mendadak disebabkan air masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake dan mendapat tekanan sangat besar di ruang silinder oleh piston. Padahal, air adalah bahan berbahaya untuk mesin karena mesin membutuhkan udara yang bertugas menekan piston.

Jika ini terjadi stang piston bisa bengkok, ring piston rusak, dinding silinder akan terluka, dan paling parah head silinder melengkung.

water hammer-3
Water Hammer Bisa Sebabkan Kerusakan Besar pada Mesin

 Efek Kendaraan Jika Mengalami Water Hammer

Dilihat dari apa itu water hammer, Anda tentu harus waspada sejak dini. Kerusakan yang akan dialami oleh mobil karena air tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda perlu tahu dampak buruk apa saja yang dialami serta cara mengatasinya.

Soal dampak yang dihasilkan oleh water hammer ada beberapa macam. Berikut ini efek buruk yang perlu diperhatikan.

1. Kerusakan stang piston

Kerusakan yang paling sering terjadi adalah bengkoknya stang piston. Air yang masuk akan memberikan dorongan kuat berlawanan dari gerakan piston. Karena yang terkompresi adalah air bukan udara, maka stang piston mengalami bengkok. Pada kasus tertentu ketika mesin terus dinyalakan atau dibuat berjalan, stang piston justru bisa hancur.

2. Kebocoran pada mesin

Bukan hanya piston yang bengkok, namun air yang masuk dalam mesin bisa menimbulkan kebocoran. Pada bagian sambungan mesin terutama sangat rentan terhadap kebocoran. Kemunculan bocor tidak terjadi secara langsung, melainkan sedikit demi sedikit.

Seiring berjalannya waktu, jika tidak segera ditangani kebocoran bisa menjadi besar. Tentu saja hal ini berpengaruh pada bagian lainnya yang terkena bocor.

water hammer-2

3. Mobil tidak bisa menyala

Apabila sudah banyak komponen mesin yang rusak, maka sudah pasti mobil Anda tidak akan menyala atau mogok. Sistem pembakaran yang tidak berjalan dengan baik menjadi penyebab utamanya.

Kerusakan yang terjadi adalah pada stang piston dan blok mesin menjadi retak. Cara memperbaikinya hanya bisa dilakukan di bengkel resmi Suzuki.

Cara Mengatasinya

Apabila mobil Anda sudah tidak bisa menyala dan penyebabnya adalah masuknya air ke dalam mesin, maka cara mengatasinya hanya bisa dilakukan di bengkel ke bengkel terdekat. Nantinya pengecekan langsung akan dilakukan oleh teknisi untuk mendeteksi kerusakan mesin apa saja yang terjadi. Persiapkan biaya yang cukup besar untuk mengatasi mobil yang sudah mengalami water hammer, karena perbaikan hanya bisa dilakukan dengan mengganti komponen mesin.

Tips Mencegah Kerusakan karena Water Hammer

Perlu Anda ketahui juga bahwa masuknya air ke dalam mesin atau sistem pelumasan tidak selalu terjadi karena banjir. Proses pencucian mobil yang tidak benar juga akan membuat air masuk. Jadi perlu diperhatikan dengan baik, apakah saat mencuci mobil ada air yang masuk ke mesin.

water hammer-4
Hindari Wilayah Banjir untuk Mencegah Water Hammer

Cara mencuci mobil yang benar bisa jadi salah satu cara untuk mencegah masalah water hammer yang bisa diikuti. Namun ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda perhatikan sebagai berikut.

  • Menghindari area banjir

Cara yang paling berdampak besar adalah menghindari area banjir. Apalagi jika air yang menggenang cukup tinggi di atas 50 cm. Genangan air ini akan mempermudah air masuk melalui beberapa bagian mobil tanpa Anda sadari. Jika terjadi hujan deras dan Anda sudah tahu area tersebut banjir sebaiknya carilah alternatif jalan yang lainnya.

–> Alasan Harus Hindari Motor Bekas Banjir & Kecelakaan

  • Kendalikan Kecepatan

Jika terpaksa harus melewati area banjir, ada tips yang bisa Anda ikuti yaitu mengendalikan kecepatan mobil. Genangan air mungkin saja masih di bawah knalpot, tapi dengan kecepatan yang stabil maka air tidak akan masuk ke dalam knalpot.

Anda hanya perlu menginjak gas dengan stabil sehingga air tidak masuk. Cukup sulit memang mengendalikan gas apalagi jika Anda melewati area banjir dan macet.

  • Mengecek kendaraan setelah melintasi banjir

Apabila Anda berhasil melewati banjir dan mobil tidak mogok, bukan berarti kondisi mobil baik-baik saja. Anda tetap harus mengecek kondisinya ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Sehingga jika terdapat air yang masuk ke mesin dan belum merusak komponen mesin bisa langsung diperbaiki.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram