close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Memiliki Rencana Nge-Kost? Simak Tips Memilih Kost Terbaik Ala Jualo

Memilih kost merupakan hal yang gampang-gampang susah, apalagi buat kamu yang baru pertama memulai nge-kost. Untuk itu, simak tips dari Jualo berikut ini agar kamu tidak salah pilih dalam memilih kost.

Pilihan kost, khususnya di kota besar tentu saja sangat beragam. Mulai dari yang harganya mahal sampai murah. Namun, bukan hanya masalah harga yang harus diperhatikan. Fasilitas bahkan ukuran kamar pun harus jadi bahan pertimbangan. Khusus buatmu yang baru pertama kali ngekost, berikut adalah tips memilih kost yang wajib diketahui.

Budget dan Harga Kamar  Kost

Tips memilih kost yang pertama ini yang akan menentuan tempat kostan seperti apa yang akan kamu huni. Harga kamar kost sangat beragam. Lokasi, ukuran dan fasilitas kamar menjadi faktor penentu harga kamar. Makanya putuskan dulu budget kamu sebelum mencari kost. Dengan perkiraan budget, kamu juga bisa memperkecil pilihan kamar nantinya. Jadi tidak perlu repot-repot mengitari banyak kost an.

Sebagai contoh kalau kamu ingin harga kamar yang murah. Cari kamar yang tidak memiliki fasilitas AC. Jangan lupa tanyakan uang jaminan atau deposit untuk kamar tersebut. Biasanya uang jaminan sama dengan harga kamar tersebut. Pastikan juga ada tidaknya tambahan biaya. Seperti biaya listrik atau internet yang kadang tidak gratis.

–> Sewa Ruko untuk Usaha? Perhatikan Hal Berikut Agar Tak Salah Pilih

Ukuran Kamar

Ukuran kamar berpengaruh besar pada harga kamar. Apalagi bila kalian ingin kamar yang luas. Maka bersiaplah mengeluarkan kocek yang besar. Ukuran kamar sendiri sangatlah beragam. Dari yang hanya bisa ditempati satu orang. Hingga yang bisa ditempati empat orang.  Pastikan terlebih dahulu seberapa besar kamar yang kamu butuhkan. Buat perkiraan juga akan barang-barang yang akan kalian bawa. Apakah cukup pada kamar dengan ukuran kecil atau tidak.

Pencahayaan dan Ventilasi

Bagi para pemula! Jangan kaget bila terdapat kost yang gelap dan tidak berventilasi. Hal ini sangatlah lumrah. Lorong kost juga bisa sempit dan tidak berlampu. Tentu saja beberapa kost juga menyediakan lorong yang luas. Agar kamu dapat menaruh barang di lorong tersebut. Tetapi yang terpenting apakah kamar kamu mendapat pencahayaan atau ventilasi.

Karena kalau tidak, kamu akan mendapati jamur plus bau lembap pada kamar kamu. Ventilasi yang disediakan pun terdapat beberapa jenis. Satu dengan hexos yang sekarang banyak dipasang pada kamar. Dua dengan jendela. Tetapi banyak juga kamar yang tidak memiliki jendela. Jadi jangan kaget ketika kamu mendapati kamar seperti itu.

Kamar Mandi

Tips memilih kamar kost yang nggak kalah penting adalah soal kamar mandi. Kamar dengan kamar mandi dalam akan lebih mahal dari yang tidak. Enaknya, kamu memiliki kamar mandi sendiri tanpa harus repot mengantri dengan teman kost kamu. Dan tentu saja memiliki privasi lebih.

–> Cari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi? Ternyata Bukan Hal Mustahil Lho

Perabotan Kost

Hampir semua kamar disediakan perabotan untuk penyewanya. Sebagai contoh kasur, meja, kursi dan lemari. Tetapi perabot yang disediakan bisa saja berukuran mini.  Yang tidak sesuai dengan ekspektasi kalian. Terkadang tidak semua perabot di atas disediakan. Ada yang menawarkan kasur dan lemari saja. Ada pula yang kasurnya saja. Untuk itu, jangan lupa mengecek keadaaan perabotan ketika mencari kamar.

Fasilitas Kost

Berikutnya adalah fasilitas yang wajib diperhatikan. Seperti internet atau fasilitas cuci pakaian. Karena banyak kost yang memberikan fasilitas mencuci baju 2 setel perhari. Tentu hal ini wajib dipertimbangkan agar kamu tak repot dan harus mengeluarkan uang lebih untuk laundry.

Kemudian fasilitas parkir yang harus diperhatikan. Terkadang fasilitas parkir tidaklah gratis. Maka kalau membawa kendaraan! Pastikan tidak ada biaya tambahan untuk fasilitas tersebut. Apalagi kalau membawa mobil. Mencari kost an yang menyediakan parkir bagi kendaraaan beroda empat ini tidaklah mudah. Kamu mungkin terpaksa membayar parkir di kost an lain. Atau bahkan membayar pada area parkir umum di sekitar kampus.

Lokasi

Jika kamu tidak memiliki kendaraan, tentu hal satu ini wajib diperhatikan. Pilih lokasi kost yang dekat dengan kampus atau kantor tempat kamu bekerja. Tujuannya sangat jelas, agar tidak perlu mengeluarkan tenaga dan uang lebih untuk biaya transportasi.

Aturan Kost

Setiap kost memiliki aturannya sendiri. Dari tanggal bayar dan cara pembayaran kamar. Jam malam untuk tamu. Hingga aturan menginap. Banyak yang tidak memberikan teman kamu menginap di kamar kamu. Bisa juga adanya biaya untuk teman kamu yang menginap. Makanya jangan lupa menanyakan aturan kost ya!

Nah bagaimana? Sudah mulai terbayang fasilitas apa saja yang kalian butuhkan untuk tempat tinggal kamu. Jangan lupa melihat keadaan sekeliling juga ya. Bagi yang suka makan di malam hari. Carilah yang dengan dengan warmindo yang buka 24 jam.

–> Dukung Kendaraan Ramah Lingkungan, Grab Hadirkan Motor Listrik di Bali

Cari di Jualo

Jika bingung, Jualo siap membantu memberikan solusi untukmu yang sedang mencari kost dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget. Sebagai salah satu marketplace terbesar dan terpercaya, Jualo menyediakan beragam pilihan dari calon penyewa yang tentu saja sudah melalui berbagai tahap verifikasi sehingga memberikan rasa aman. Nah, itulah beberapa tips mencari kost terbaik dari Jualo. Selamat mencari!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram