Komparasi Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL
suzuki gixxer sf 250

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Komparasi Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL jadi pembahasan menarik buat Anda yang mencari motor sport 250cc entry level

Pasar motor sport entry level 250cc kian memanas setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Suzuki Gixxer SF 250 di pameran GIIAS 2021 beberapa waktu lalu. Pasalnya, selama ini hanya Kawasaki Ninja 250 SL yang menjadi pemain tunggal di pasar motor sport 250cc dengan mesin 1 silinder. Lantas mana yang terbaik? Berikut Jualo hadirkan ulasannya.

Desain

Secara konsep dia hadir sebagai sport touring lantas posisi riding tak terlalu menunduk ketimbang Ninja 250 SL. Fascia depan terlihat sporty dengan siluet lampu yang dibuat sedikit mirip dengan GSX600R. Sementara desain fairingnya juga cukup atraktif, ada semacam lubang angin untuk memenuhi fungsi aerodinamika.

suzuki gixxer sf 250-7

Bila Anda mengincar motor seperempat liter fairing dengan tampilan sport namun dan ada nuansa touring-nya, Gixxer SF 250 bisa dijadikan pertimbangan.

Sementara buat Anda yang lebih memilih tampilan racy dan kental aura sporty, Kawasaki Ninja 250 SL bisa memenuhi itu. Posisi berkendaranya cukup ‘mengintimidasi’ lewat penggunaan setang model underyoke-nya. Dari bagian depan, samping, sampai ke buritan tarikan garis tajam konsisten hadir di motor besutan geng hijau tersebut.

suzuki gixxer sf 250-3

Dimensi

Memandang sekilas kedua motor ini mereka sama-sama punya bentuk tubuh yang minimalis, kompak, serta proporsional untuk sebuah motor 250 cc. Suzuki Gixxer SF 250 memiliki panjang 2.010 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.035 mm, ground clearance 165 mm. Sementara untuk bobot, motor ini hanya memiliki berat 161 kilogram dengan volume tangki BBM mencapai 15 liter.

Adapun Kawasaki Ninja 250 SL punya panjang 1.935 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.075 mm. Kemudian untuk ground clearance-nya adalah 165 mm dengan total bobot 151 kilogram. Dan tangki BBM-nya Ninja mampu menampung bahan bakar hingga 11 liter

Performa

Meski mengusung mesin yang sama-sama 1-silinder ternyata keduanya mengemas konstruksi enjis dan teknologi yang berbeda. Mungkin saja menyesuaikan dengan konsep yang diusung kedua motor ini.

suzuki gixxer sf 250-5

Suzuki Gixxer SF 250 dibekali mesin 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli (SOCS), dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan, dengan penggunaan jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 25,6 PS pada 9.000 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Sementara Kawasaki Ninja 250 SL hadir dengan mesin 249 cc, 4-Tak, satu silinder, DOHC, 4-katup, pendingin cairan, berpengabut injeksi. Tenaga yang dihasilkannya sebesar 28 PS pada 9.700 rpm dan torsi 22,6 Nm di 8.200 rpm. Tenaga ini disalurkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

suzuki gixxer sf 250-4

Di atas kertas, Kawasaki Ninja 250 SL lebih unggul dari sektor performa. Apalagi motor ini juga punya bobot total yang lebih ringan sampai 10 kilogram, yang tentu mempengaruhi akselerasi dan kecepatan ketika dipacu di jalan.

Fitur

Suzuki Gixxer SF 250 dibekali dengan sistem pencahayaan depan dan belakang LED, namun untuk penanda sein masih mengusung bohlam konvensional. Dia juga sudah memakai panel meter full LCD, dan pengereman dual ABS (Anti-lock Braking System).

suzuki gixxer sf 250-2

Sementara Kawasaki Ninja 250 SL untuk sistem penerangan seluruhnya masih menggunakan bohlam halogen biasa. Kemudian belum tersemat fitur keselamatan aktif ABS pada roda depan dan belakang. Meski begitu, motor sport kompak ini sudah mengaplikasikan panel meter full LCD yang memberi informasi penting dari kendaraan.

Harga

Berbicara harga, boleh dibilang Kawasaki lebih unggul karena Ninja 250 SL punya banderol lebih murah, yakni Rp 35,9 juta. Sedangkan Suzuki Gixxer memiliki harga Rp 49,3 juta. Melihat hal tersebut, terdapat selisih hamper Rp 9 juta antara keduanya.

suzuki gixxer sf 250-6

Kesimpulan

Berakhir di kesimpulan, siapa yang lebih pantas dibeli? Jawabannya hanya Anda yang bisa menentukan, ya menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Tapi jika boleh memberi saran, jika Anda sedang mencari model sport 250 cc dengan tampilan yang baru di pasar Indonesia, maka Suzuki Gixxer SF 250 bisa dipertimbangkan. Motor ini cocok juga buat pengendara yang lebih mementingkan keergonomisan dan nyaman untuk dikendarai.

–> MENGENAL FITUR QUICK SHIFTER MOTOR, KELEBIHAN, & CARA KERJANYA

Sementara jika ingin tampil lebih agresif dan racy, maka Kawasaki Ninja 250 SL yang punya hal itu. Mesinnya sudah mengusung DOHC, pendingin cairan, dan punya power maksimal sampai 28 PS.

Harga yang ditawarkan juga lebih murah ketimbang Suzuki Gixxer SF 250. Namun Anda akan dapat motor dengan tampilan itu-itu saja, karena 250 SL sudah lama tak dapat pembaruan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles