close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Cara & Syarat Mendirikan PT di Tahun 2021 yang Wajib Anda Ketahui

Ingin membangun sebuah usaha dan mendirikan PT? Simak dulu yuk cara dan syarat mendirikan PT di tahun 2021 berikut ini

PT atau perseroan terbatas adalah badan usaha yang dalam undang-undang disebut perseroan dan memiliki ketetapan hukum yang berlaku. Dalam mendirikan PT minimal 2 orang dengan tanggung jawab yang berlaku pada badan usaha tanpa melibatkan harta pribadi dari pengurus dan pemegang saham perusahaan. Jika Anda tertarik memilih jenis badan usaha ini. Simak ulasan berikut mengenai cara dan syarat mendirikan PT yang berhasil dihimpun tim Jualo berikut ini.

Di Indonesia, ada beberapa jenis badan usaha yang bisa dipilih oleh pebisnis. Banyak bentuk usaha yang digunakan pebisnis seperti Firma, atau CV (Commanditaire Vennootschap atau Persekutuan Komanditer). Namun, bentuk badan usaha yang paling terkenal dan paling banyak dipilih para pebisnis adalah PT (Perseroan Terbatas).

–> Sewa Rumah atau Cicil KPR, Mana yang Lebih Baik?

Cara dan syarat Mendirikan PT

  • Siapkan dokumen berupa fotocopy KTP, NPWP, dan KK (pendiri/penanggung jawab). Minimal 2 orang untuk pengurus/pemegang saham.
  • Foto direktur berukuran 3×4
  • Copy PBB/IMB/ Sertifikat tahan sesuai domisili perusahana
  • Surat keterangan kontrak/sewa kantor/ buktu kepemilikan tempat usaha
  • Surat keterangan domisili dari pengelola gedung jika domisili di gedung perkantoran
  • Surat keterangan zonasi dari kelurahan

Setelah semua dokumen terkumpul, maka langkah perhatikan langkah selanjutnya sebagai berikut:

Memilih Notaris

Dalam pengurusan PT tidak bisa dilakukan sendiri, Anda membutuhkan bantuan notaris, notaris ini lah yang akan mengurus semua prosesnya, intinya Anda akan terima jadi saja. Pemilihan notaris yang baik akan membuat proses pembuatan PT lebih cepat. Asal notaris pun harus resmi dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham.

Banyak notaris atau jasa yang bisa Anda temukan untuk membantu dalam mendirikan PT. Namun, jika masih bingung mencari referensi yang tepat, Jualo dengan senang hati membantu. Anda bisa memanfaatkan fitur iklan yang ada di Jualo. Caranya sangat mudah, tinggal masuk ke website Jualo.com, kemudian pilih menu ‘Jasa’ dan klik sub menu ‘Jasa Kantor’. Setelah itu, Anda akan di bawa ke halaman yang berisikan ribuan informasi mengenai jasa notaris terdekat.

Untuk memberikan rasa aman. Usah kuatir karena Jualo memiliki fitur filter untuk akun terverifikasi. Dengan adanya akun terverifikasi, maka informasi iklan yang ditampilkan bisa lebih terpercaya karena akun yang memposting iklan tersebut sudah melalui standar verifikasi ketat dari Jualo.

–> Tips Mencari Lowongan Kerja Secara Online dengan Mudah dan Cepat

Pengesahan SK Menkumham

Untuk pengesahan dilakukan oleh notaris kepada Menteri Hukum dan Ham, dan jika surat keputusan sudah keluar akta pendirian sudah sah ketika surat keputusan sudah ada. Jika nomor pajak akan keluar jika akta sudah di sah kan dan Anda wajib melaksanakan lapor pajak setiap tahunnya.

Mengurus / daftar NPWP di kantor pajak

Pendaftaran NPWP dilakukan sesuai alamat pada perusahaan, dalam hal ini perusahaan wajib/harus memiliki nomor wajib pajak(NPWP). dapat dikuasakan jika berhalangan untuk datang ke kantor pajak. Tentunya dengan melampirkan surat keterangan terhadap orang yang dikuasakan.

–> Mengenal Jenis Jam Tangan Berdasarkan Movement & Kebutuhan

Mengurus izin usaha melalui Online Single Submission

Pasca Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik diberlakukan. Maka terjadi suatu perubahan sistem permohonan perizinan pelaksanaan kegiatan usaha di Indonesia yang dimana saat ini wajib memakai sistem yang yang dinamakan “Online Single Submission (OSS”) atau “Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik”.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram