Pentingnya Mengatur Ketinggian Lampu Mobil Sebelum Berkendara
mengatur ketinggian lampu mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebelum berkendara, ada satu faktor penting yang sering dilupakan pengemudi, yakni mengatur ketinggian lampu mobil. Padahal ini penting untuk menjaga keselamatan dan keamanan

Mungkin sebagian orang awam masih belum mengetahui kalau ketinggian sorot lampu mobil bisa diatur atau yang dikenal dengan headlamp leveling. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahuinya karena mengatur ketinggian lampu mobil memiliki banyak fungsi lho. Berikut Jualo akan berikan penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Fungsi Penting Headlamp Leveling

mengatur ketinggian lampu mobil-3

Tuas pengaturan sorot lampu biasanya terletak di sisi dashboard sebelah kanan pengemudi

Mengatur ketinggian lampu mobil faktanya punya fungsi penting untuk menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara, khususnya di malam hari. Beberapa fungsi penting diantaranya sebagai berikut

1. Menyesuaikan dengan Visibilitas

Jika pada siang hari, tentu tinggi sorot lampu tidak akan bermasalah. Sebab, keadaan masih terang dan kondisi sekitar jalan terlihat dengan jelas. Berbeda halnya pada malam hari yang memang membutuhkan cahaya tambahan. Jadi, jika posisinya kurang tepat tentu akan membuat berkendara Anda tidak nyaman. Kemungkinan bisa sampai kehilangan fokus. Maka dari itu, jangan dibiarkan dan segera lakukan tindakan.

Pada mobil modern, beberapa pabrikan memang sudah menyediakan tuas untuk mengatur ketinggian lampu yang biasanya terletak pada bagian dashboard di sebelah kanan pengemudi. Namun, pada mobil lawas, hal ini sebenarnya bisa diakali dengan cara manual yang nanti akan kami jelaskan di bawah.

mengatur ketinggian lampu mobil - 4

2. Mengatasi Posisi Mendongak Karena Muatan yang Berat

Fungsi tinggi pada sorot lampu bisa diatur yang kedua adalah mengatasi posisi mobil mendongak. Sebab, jika muatan di belakang terlalu berat berpotensi mengakibatkan mobil sedikit mendongak. Jika demikian, maka posisi sorot lampu depan juga ikut meninggi. Jadi, Anda bisa mengaturnya agar lebih menurun sehingga posisinya nyaman dan pas. Dengan begitu, tidak akan menimbulkan masalah yang berbahaya.

3. Supaya Pengendara Lain Tidak Silau

Posisi sorot lampu yang terlalu tinggi tentu bisa mengganggu pengendara lain. Cahayanya yang silau bisa mengakibatkan hal-hal buruk, seperti kecelakaan atau semacamnya. Selain itu, juga bisa mengganggu kesehatan mata pengendara lain. Cahaya silau yang tiba-tiba masuk ke mata bisa mengakibatkan masalah penglihatan yang bisa berakibat fatal.

–> MENGENAL FITUR ELECTRONIC PARKING BRAKE SERTA CARA KERJANYA

Cara Mengatur Ketinggian Lampu Mobil Secara Manual

mengatur ketinggian lampu mobil-2

Baut pengaturan umumnya terletak di dekat headlamp

Mengatur tinggi rendahnya sorot lampu sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu repot harus ke bengkel atau mencari montir. Lantas apa saja langkah yang harus dilakukan?

  1. Pertama, parkir dulu di pinggir jalan. Pastikan mobil sedang berada di jalan yang rata agar posisinya seimbang. Hal yang lebih baik lagi adalah berhenti di depan tembok dengan jarak tertentu. Anda harus memastikan kedua lampu ketinggiannya sama. Cara agar tidak berbeda adalah sama-sama memberikan tanda di tembok pada sorotan kedua lampu. Jika ingin membuatnya sangat lurus, maka gunakan meteran. Lalu, mundurkan mobil Anda sampai berjarak 7,6 meter dari tembok.
  2. Selanjutnya, bukalah kap mobil. Kemudian, buka ring trim lampu dan temukan baut-bautnya. Biasanya, posisi baut untuk mengatur lampu ada di atas, jika ingin mengatur secara vertikal. Selain itu ada pula di samping untuk pengaturan lampu secara horizontal.
  3. Putar baut dengan searah jarum jam untuk dapat mengatur ketinggian sorot lampu. Jika sudah selesai nanti, maka bautnya diputar berlawanan arah jarum jam. Anda bisa menyesuaikan ketinggian sampai pas dengan tanda di tembok yang sudah ditulis sebelumnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles