close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Review BMW 218i Gran Tourer: Si Sulung yang Terlupakan

bmw 218i gran tourer

BMW 218i Gran Tourer langsung menyita perhatian khalayak saat pertama kali hadir karena menjadi MPV 7-seater pertama BMW

Meskipun mobil MPV rata-rata didominasi oleh mobil Jepang. BMW seolah tidak mau ketinggalan untuk bermain di segmen yang sama. BMW seri 2, baik varian 218i Active Tourer maupun 218i Gran Tourer didesain cukup sporty dan diberikan fitur-fitur penunjang yang canggih yang tidak ada pada mobil lain dengan segmen yang sama. Berikut kami akan sajikan review lengkap BMW 218i Gran Tourer berikut ini

Eksterior: Elegan Khas Eropa

Eksterior BMW 218i Gran Tourer masih sama dengan versi Active Tourer, namun terlihat lebih besar karena dimensinya yang lebih panjang 214 mm dan lebih tinggi 53 mm sehingga bisa dialokasikan untuk menambah kursi baris ketiga.

eksterior depan bmw 218i gran tourer

Bagian depan BMW 218i Gran Tourer memiliki lampu depan dan lampu sein yang sudah LED dan didesain bulat serta digabungkan dalam satu frame. Gril berbentuk ginjal khas BMW tidak pernah absen karena merupakan ciri khas mobil ini. Lubang udara pada bagian bumper depan dan fog lamp yang dipasang menyatu dengan lubang udara membuatnya terlihat dinamis dan sporty.

Kalau melihat ke bagian samping, sudah pasti BMW 218i Gran Tourer terlihat berbeda dengan versi Active Tourer dimana pada bagian kursi penumpang belakang terlihat lebih besar dan mengkotak. Selebihnya tetap sama, menggunakan pelek alloy berukuran 16 inci agar terlihat lebih sporty.

eksterior belakang bmw 218i gran tourer

Bagian belakang BMW 218i Gran Tourer menggunakan rear combination lamp dimana lampu seinnya didesain sangat sipit dan stop lampnya didesain berbentuk huruf L. Tetap ada roof spoiler dan diffuser, perbedaannya bumper belakang kali ini diberi garnis beraksen krom memanjang dan adanya reflektor yang akan memberikan nuansa elegan sekaligus sporty.

Interior: Fungsional & Premium

Desain interior BMW 218i Gran Tourer sejatinya tidak ada yang dikurangi dari versi Active Tourer, namun hanya diberikan desain berbeda dan penambahan jumlah kursi yang membuat bagian dalam mobil ini semakin fungsional.

Bagian dashboard BMW 218i Gran Tourer menggunakan kombinasi dua warna antara hitam dan beige yang begitu pas berpadu sehingga menegaskan aura premium. Di bagian dashboard terdapat layar sentuh berukuran 6,5 inci dan memiliki fitur-fitur penunjang seperti CD player, iDrive controller, BMW Apps seperti BMW Connected yang akan menampilkan isi smartphone, USB Port, Aux Input, dan Bluetooth Connectivity.

interior bmw 218i gran tourer

Kursi BMW 218i Gran Tourer didesain tiga baris dan mampu menampung penumpang hingga 7 orang. Desain kursi yang begitu sporty dan menggunakan warna beige, ditambah dengan ruang kaki yang begitu lega berhasil memberikan kesan yang begitu nyaman.

Bagasi yang dimiliki BMW 218i Gran Tourer tidak terlalu luas, berkapasitas 145 liter jika semua kursi terisi penuh. Namun jika kursi baris ketiga dilipat maka akan memberikan ruang bagasi dengan kapasitas sebesar 560 liter.

bagasi bmw 218i gran tourer

Fitur: Kenyamanan Sempurna Sebuah MPV

Layaknya sebuah MPV Eropa, BMW 218i Gran Tourer menawarkan fitur lengkap yang siap memanjakan Anda di dalam. Diantaranya dari sistem pendinginan, AC dengan Dual Zone Climate Control terpasang untuk memberikan kenyamanan dalam ruang kabin secara otomatis. Start/Stop Button memudahkan pengoperasian mobil hanya dengan satu tombol. Dan tidak lupa ada tombol mode seperti Eco, Normal, atau Sport yang akan memberikan sensasi berkendara sesuai keinginan.

Setir mobil ini memiliki Audio Steering Switch yang memudahkan pengaturan sistem audio maupun berkomunikasi dengan telepon yang sudah dihubungkan dengan sistem audio. Selain itu ada Cruise Control yang akan mengatur kecepatan tetap stabil tanpa harus menginjak pedal gas.

row 2 bmw 218i gran tourer

Tidak ketinggalan, fitur keselamatan pada BMW 218i Gran Tourer cukup lengkap yang diantaranya mulai dari sistem pengereman ABS yang menjaga ban tidak selip ketika rem mendadak yang dikombinasikan dengan fitur kontrol stabilitas seperti Dynamic Stability Control dan Dynamic Traction Control. Selain itu diberikan Complete SRS Airbag yang akan menjaga pengemudi dan penumpang terhindar dari resiko cedera serius ketika terjadi kecelakaan.

Untuk menjaga keamanan mobil ini, diberikan Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan alarm sehingga akan menjaga mobil anda tetap aman ketika sedang tidak digunakan. Selain itu mobil ini dilengkapi dengan sensor parkir yang akan memudahkan anda untuk parkir atau memundurkan mobil.

Mesin: Bertenaga & Halus

Mesin BMW 218i Gran Tourer masih sama dengan versi Active Tourer, menggunakan mesin 1.5L tiga silinder segaris turbocharger berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 138 Ps pada putaran 4.400 rpm serta torsi maksimum sebesar 220 Nm pada putaran 1.250 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis Steptronic 6 percepatan.

–> Review Toyota Alphard 2.5 G 2021: Simbol Kemapanan Keluarga Indonesia

mesin bmw 218i gran tourer

Dengan fitur Overboost, mobil ini dapat melaju cukup kencang meski bukan mobil sport. Mobil ini diklaim dapat berakselerasi dalam waktu 9,5 detik untuk dapat mencapai kecepatan 100 km/jam dan dapat menempuh kecepatan maksimal hingga 203 km/jam.

Spesifikasi

DIMENSI (mm)
Panjang                : 4.556 mm
Lebar                     : 1.800 mm
Tinggi                    : 1.608 mm
Sumbu Roda      : 2.780 mm

MESIN
Tipe                       : 1.5L tiga silinder segaris turbocharger
Kapasitas             : 1.500cc
Daya Maksimal : 138 Ps/ 4.400 rpm
Torsi Maksimal : 220 Nm/ 1.250 rpm

SUSPENSI
Depan                   : MacPherson Strut
Belakang              : Multi-Link

REM
Depan                   : Ventilated Disc
Belakang              : Ventilated Disc

Kesimpulan

Dengan segala keunggulan dan fitur yang ditawarkan, agak mengherankan memang kalau BMW 218i Gran Tourer jarang dilirik konsumen. Padahal, bisa dikatakan layak dijadikan pilihan buat kalian yang mencari sebuah MPV dengan desain kompak namun memberikan sensasi berkendara mengasyikan berkat fitur canggih serta kenyamanan khas Eropa. Apalagi harganya kini mulai terjangkau, yakni sekitar Rp 270 juta hingga Rp 3500 jutaan untuk unit tahun 2015 dan 2016 tergantung kondisi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram