Review Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line: Sosok Fashionista yang Eksotik
Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line layaknya seorang fashionista yang hadir dengan gaya dan tampilan eksotik serta siap menyuguhkan kenyamanan maksimal untuk Anda

Segmen mobil sedan meski tidak terlalu populer di Indonesia, tetap saja memiliki penikmat tersendiri, khususnya konsumen di kota besar. Hal inilah yang sepertinya dilihat oleh Mercedes-Benz kala membawa generasi terbaru Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line di tahun 2019 silam ke Tanah Air.

Memiliki desain berbentuk coupe yang lebih seksi, CLA 200 AMG Line menggabungkan unsur ‘predator’ seperti yang ada pada model CLS dan sisi stylish dari A-Class. Usah berlama-lama lagi, Jualo akan menyajikan review lengkap Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line berikut ini.

Eksterior: Sebuah Predator yang Eksotik

Menggunakan basis A-Class, eksterior Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line seperti perpaduan A-Class dengan CLS, namun masih menunjukan citarasa CLA yang sudah ada. Tapi jelas terlihat desain yang lebih stylish dari depan hingga belakang menjadi ‘barang jualan’ CLA pada konsumennya kali ini.

eksterior depan Mercedes-Benz CLA AMG Line

Desain menawan yang sleek langsung menyapa ketika melihat bagian luar. Ada beberapa perbedaan dibandingkan tahun lalu, namun diamond gril yang digunakan pada edisi lalu masih menjadi penghias tampilan depan CLA kali ini.

Pembeda terlihat pada lampu depan LED dengan desain yang sedikit lebih besar dibandingkan sebelumnya. Perbedaan jelas terlihat pada bagian bawah lampu depan, terdapat sekat yang membantu mengalirkan angin melalui lubang ke roda depan. Bukan tanpa alasan, fitur ini bertujuan untuk memberikan aerodinamika yang lebih pada eksterior depan Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line.

Tidak ada perbedaan berarti pada tampilan samping mobil ini. Selain eksterior khusus AMG yang lebih sporty, Anda juga mendapatkan spion yang bisa ditekuk secara otomatis. Pelek AMG yang diberikan juga didesain memiliki dinding udara untuk membantu aerodinamika mobil. Desain yang kokoh dan ramping dari eksterior samping Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line mengalir dari depan hingga bagian belakang mobil ini.

Eksterior belakang Mercedes-Benz CLA AMG Line

Tampilan belakang terlihat mengikuti alur dan desain dari A-Class. Difusser belakang juga memiliki desain yang sporty. Sama seperti yang terlihat pada mobil balap, difusser pada eksterior belakang Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line ini berguna untuk mengurangi turbulensi dan menambah aerodinamika mobil ini.

Namun jangan tertipu dengan bagian belakang yang terlihat seperti knalpot pada mobil. “Knalpot palsu” tersebut tidak memiliki lubang dan hanya ditampilkan untuk gaya saja. Sedangkan knalpot asli mengalir ke arah bawah dan berada di bagian dalam bempernya. Wiper belakang juga sudah dilengkapi dengan sensor hujan.

Interior: Perpaduan Kemewahan dengan Nuansa Sporty

Tampilan yang sama dengan A-Class juga langsung terlihat pada bagian dalam mobil ini. Sangat sulit menemukan perbedaan interior Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line dengan A-Class yang sudah lebih dulu dipamerkan Mercedes-Benz. Mulai dari setir multifungsi dengan flat-bottom serta sistem layar sentuh yang memanjang dari dasbor hingga setir.

interior Mercedes-Benz CLA AMG Line

Dipenuhi dengan layar sentuh pada sistem infotainment MBUX, tampilan dasbor terlihat lebih mewah jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya. CLA juga sudah tidak lagi memberikan banyak tombol pengaturan pada dasbor. Sama seperti A-Class, CLA juga dilengkapi dengan trackpad untuk mengakses fitur infotainment mobil. Dasbor Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line juga sudah mendapatkan kualitas soft touch panel yang cukup baik, seperti knob putar untuk menyalakan lampu belum cukup baik.

Dibalut dengan kulit nappa yang nyaman dipegang, ada banyak sentuhan A-Class terlihat pada kemudi mobil ini. Setir palang tiga dengan aksen krom pada bagian tengah diambil langsung dari A-Class. Kemudi Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line sudah mendapatkan berbagai tombol multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai pengaturan kendaraan.

Interior belakang Mercedes-Benz CLA AMG Line

Duduk pada bagian kabin, segala kemewahan Mercedes-Benz bisa Anda rasakan seketika. Menggunakan kulit Artico, kursi Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line mampu menopang badan dengan nyaman dengan perpaduan bahan Alcantara pada bagian tengah kursi. Sedangkan ruang kaki yang diberikan pada penumpang di baris kedua lebih lapang jika dibandingkan dengan edisi terdahulu.

Dilengkapi dengan easy access, maka kursi pengemudi akan mundur ke belakang ketika Anda mengunci mobil untuk keluar. Pada saat Anda masuk dan menghidupkan mobil, maka kursi akan kembali pada pengaturan terakhir kursi. Selain kursi pengemudi, kursi penumpang depan juga sudah mendapatkan sistem pengaturan yang bisa disimpan.

bagasi Mercedes-Benz CLA AMG Line

Sama seperti model baru lainnya, Mercedes belum mengumumkan catatan kapasitas penyimpanan belakang mobil ini. Meskipun begitu, bagasi Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line memiliki ruang yang cukup, tidak begitu besar untuk pengendaraan sehari-hari. Pintu bagasi juga cukup stylish. Anda cukup menekan tombol Mercedes-Benz untuk membuka pintu bagasi.

Fitur: Canggih & Kekinian

Sistem infotainment merupakan salah satu pembeda dibandingkan versi tahun lalu yang juga dibawa ke Indonesia. Kali ini, Mercedes membawa layar infotainment 10.25 inci yang sudah menggunakan Advanced Sound System dan instrument display serba digital. Sistem di dalam mobil juga sudah memiliki kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Sama seperti model yang baru diluncurkan Mercedes-Benz adalah sistem multimedia Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Sedangkan di Indonesia, fitur Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line sudah menawarkan pre-installation untuk Mercedes-Benz Link dalam mobil ini. Namun sayangnya, CLA masih belum dilengkapi dengan keyless entry sebagaimana mobil Mercedes yang lebih tinggi.

fitur Mercedes-Benz CLA AMG Line

Di dalam kabin, Anda akan mendapatkan berbagai kemewahan dalam fitur yang diberikan. Diantaranya ambient lighting yang akan menemani Anda selama perjalanan. Penumpang depan juga mendapatkan sistem zona iklim Thermotronic climate control yang bisa diatur secara terpisah pada pengemudi dan penumpang depan.

Walaupun termasuk model standar yang diberikan Mercedes-, namun CLA juga sudah mendapatkan berbagai sistem keselamatan untuk menjaga Anda selama di jalan. Lebih banyak dibandingkan sebelumnya, fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line termasuk Active Brake Assist, Cruise Control, kamera belakang, serta sistem yang memonitor tekanan udara pada ban.

Mesin: Bertenaga namun Halus

Meskipun mengambil basis dari A-Class, namun sedikit perbedaan terlihat pada mesin dan tenaga yang dikeluarkan oleh CLA. Dibandingkan saudaranya yang lebih tua, sistem operasi Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line menggunakan mesin M282 1.332 c 4 silinder segaris yang mampu mengeluarkan 163 daya kuda pada perputaran 5.500 rpm serta torsi maksimal 250 Nm pada 1.620 – 4.000 rpm.

mesin Mercedes-Benz CLA AMG Line

Di Indonesia, CLA akan mendapatkan pilihan penggerak roda depan standar serta transmisi 7G-DCT khas Mercedes-Benz. Jika memang benar akan dimasukkan tanpa mengurangi fitur-fitur di dalam mobil, CLA mampu bergerak dari diam hingga 100 km/jam dalam 8.4 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 226 km/jam.

Spesifikasi

DIMENSI (mm)
Panjang                : 4.688 mm
Lebar                     : 1.830 mm
Tinggi                    : 1.439 mm
Sumbu Roda      : 2.729 mm

MESIN
Tipe                       : M282, 4 silinder
Kapasitas             : 1.332 cc
Daya Maksimal : 163 dk/5.500 rpm
Torsi Maksimal : 250 Nm/ 1.620 – 4.000 rpm

SUSPENSI
Depan                   : MacPherson Strut
Belakang              : Multi-Link

REM
Depan                   : Ventilated Disc Brake
Belakang              : Disc Brake

–> Review BMW 218i Gran Tourer: Si Sulung yang Terlupakan

Kesimpulan

Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line dianggap sebagai perangkat mobilitas pribadi yang cerdas. Alih-alih mengandalkan tampilan eksklusif seperti kenyamanan dan keselamatan, generasi kedua CLA dibuat untuk generasi muda yang memiliki konektivitas cepat dan akses digital yang disukai kaum milenial saat ini. Selain itu, ada banyak persamaan yang ditemukan dari A-Class di bagian dalam maupun luar CLA.

Memiliki desain yang hampir sama, yang membedakan A-Class baru dengan CLA adalah tentang kepraktisannya. CLA-Class didesain dengan tampilan yang lebih sporty ditambah dengan atap yang melandai di belakang membuat mobil ini terlihat layaknya coupé. Sedangkan A-Class ditujukan bagi Anda yang menginginkan sedan berkualitas. Sedangkan untuk harga barunya, Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line dibanderol di harga Rp 905 juta off the road.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles