Musim Hujan, Jangan Lupa Perhatikan Kebersihan Ban Serep Mobil Anda
ban serep

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sering dilupakan, kebersihan ban serep nyatanya sangat penting diperhatikan. Karena jika tidak, bukan tidak mungkin terjadinya kerusakan yang tentu merugikan

Curah hujan semakin tidak menentu, bahkan terkadang sampai menyebabkan banjir. Kemungkinan juga bisa terjebak hujan di perjalanan. Maka dari itu, Anda harus membersihkan ban serep saat musim hujan setelah sampai di rumah. Untuk pengguna mobil sedan mungkin tidak akan bermasalah karena letak ban ada di dalam bagasi, namun pengguna SUV atau MPV lain cerita karena umumnya ban terletak di bagian bawah belakang.

Manfaat Membersihkan Ban Serep di Musim Hujan

Cara membersihkan ban mobil saat musim hujan sebenarnya cukup mudah. Hanya perlu menyiramnya dengan air bersih. Namun, terkadang hal ini terlalu malas untuk dilakukan, akhirnya membiarkannya begitu saja.

ban serep-4

Cukup siram ban dengan air bersih 

Padahal air hujan yang menggenang terlalu lama bisa membuat ban mobil berkarat. Hal itu karena zat asam yang ada dalam kandungannya. Nah untuk lebih jelas, Jualo sudah rangkumkan untuk Anda apa saja manfaat membersihkan ban serep mobil kesayangan.

1. Mengetahui Adanya Kerusakan

Saat akan membersihkan ban mobil, tentunya Anda akan memeriksanya terlebih dahulu. Dengan begitu, akan tahu apakah ada yang rusak atau tidak pada bagiannya. Apalagi risiko ini cukup besar bisa terjadi. Hal itu karena saat berkendara di tengah hujan, kendali terhadap jalan lebih minim. Jadi, sulit untuk menghindari jalan berlubang atau berbatu, sehingga menimbulkan risiko kerusakan.

Saat memeriksa ban, Anda juga bisa mengetahui benda-benda yang tersangkut dan bisa membersihkannya. Dengan begitu, tidak akan ada yang menghambat kinerja ban mobil saat dikendarai kembali nanti.

2. Bisa Terhindar dari Karatan

Bahan ban mobil tidak sepenuhnya dari karet, karena ada bagian yang terbuat dari kawat baja. Tentunya bagian tersebut bisa membuat ban mengalami korosi. Terutama jika terdapat air hujan yang mengendap di sela-sela baja kawannya.

ban serep-2

Lebih baik turunkan ban serep untuk membersihkan secara menyeluruh

Maka dari itu, selalu lakukan  pembersihan ketika Anda selesai berkendara di waktu hujan. Jadi, bagaimana cara melakukan pembersihan yang tepat untuk meminimalisir adanya masalah ini? Dongkrak ban mobil agar bisa penyiramannya dengan air bersih lebih merata dan sempurna. Anda bisa menggunakan selang sebagai alatnya. Dengan begitu, bisa lebih menjangkau celah-celah kecilnya.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan soda kue yang sudah dicampurkan ke sampo mobil. Ukuran sodanya cukup 1 sendok saja untuk membersihkan ban mobil. Cuci dengan itu, baru kemudian bilas. Manfaat soda bisa menetralisir garam sehingga ban akan terhindar dari korosi. Saat terlanjur ada karat pada bagiannya pun, bahan ini juga ampuh.

3. Mengetahui Besar Retakan pada Ban

Saat mengendarai mobil saat musim hujan tidak menutup kemungkinan ban akan retak. Hal itu jika air hujan yang terendam atau adanya lumpur, kemudian terkena sinar matahari. Apalagi sinar matahari termasuk penghasil gas Ozone atau 03. Jadi, sebaiknya langsung Anda cuci bagian ban mobil saat terkena air hujan. Dengan begitu, ban tidak akan mudah retak dan tidak harus diganti.

–> BAN RUN FLAT TIRES, PENYELAMAT DI KONDISI DARURAT

4. Terhindar dari Objek Tersembunyi

cover ban serep

Berikan cover ban agar terhindar dari kotoran

Saat melewati area yang tergenang air hujan, tentu tidak bisa mengetahui ada benda apa di jalan tersebut. Jika terdapat paku atau benda tajam lainnya, maka cukup berbahaya.

Maka dari itu, tidak heran jika nantinya ban mobil akan terdapat objek tersembunyi menempel. Jadi, hendaknya cek setiap bagian bannya dan lakukan pembersihan. Tujuannya untuk memastikan apakah ada kebocoran atau tidak.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles