close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Isi Bensin Malam Hari Lebih Baik Dibanding Siang, Mitos atau Fakta?

isi bensin

Apakah benar jika isi bensin saat malam hari lebih baik daripada saat siang hari? Atau sebenarnya sama saja? Yuk cek faktanya berikut

Mitos yang masih beredar dan dipercaya oleh masyarakat saat ini adalah mengisi bensin di malam hari dianggap lebih baik. Hal ini karena saat isi bensin siang hari, bensin akan menguap karena suhu panas dari terik matahari. Nah, untuk mengetahui faktanya, simak penjelasan berikut ini.

Inilah Fakta Isi Bensin Siang Atau Malam

Menanggapi hal tersebut, Reza Sukarja, Head of Affiliation Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas), Kebayoran Lama menyatakan bahwa penyataan yang dipercaya masyarakat adalah mitos. “Sudah jelas itu adalah mitos, karena mau isi bensin siang atau malam volume pada tangki tetap sama,” ungkapnya.

isi bensin-3

Selain itu Reza juga menekankan bahwa penempatan tangki BBM di SPBU telah dirancang khusus agar tidak terpengaruh dengan suhu udara luar atau akibat sinar matahari.

Hal ini karena material pada tangki penyimpanan BBM terbuat dari polikarbonat dan logam khusus. Sehingga material tersebut tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan suhu luar. Serta membuat aliran bahan bakar dari tangki penyimpanan hingga ke tangki mobil tetap mengalami suhu yang sama dan stabil.

Sebaiknya Isi Bensin Siang Atau Malam?

Seringkali banyak masyarakat yang percaya dengan mitos isi bensin siang atau malam tersebut. Namun perlu diingat bahwa Anda harus tetap berfikir secara rasional dan sesuai faktanya.

Mitos tersebut memang banyak diyakini kebenarannya, namun mengisi bensin baik siang atau malam hari, keduanya sama saja. Yang paling utama saat melakukan pengisian bensin adalah saat bensin sudah mau habis agar kendaraan bisa tetap digunakan dan tidak menimbulkan kerusakan untuk jangka panjang.

isi bensin-2

Memang penguapan bensin terjadi saat siang hari, namun hal tersebut tidak banyak.  “Asumsi terkait penguapan itu tidaklah signifikan. Jadi Anda bisa mengisi BBM jika memang sudah habis dan waktunya mengisi lagi, tentunya agar tidak terjadi kendala saat melakukan aktivitas,” ucap Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relatins CSR Pertamina MOR III

Eko juga menambahkan apabila pengisian BBM yang baik itu tidak sesuai dengan waktunya baik siang atau malam hari. Melainkan ditentukan oleh kualitas BBM seperti Research Octane Number (RON).

Nilai RON yang semakin tinggi biasanya memiliki kualitas BBM yang lebih baik. BBM yang berkualitas dan ramah lingkungan diantaranya adalah Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex.

Jadi, isi bensin baik siang atau malam sebenarnya sama saja. Yang paling penting kalian mengisi bensin saat tangki di kendaraan sudah menipis. Karena membiarkan tangki bensin kosong bisa merusak kendaraan Anda untuk jangka panjang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram