close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

The Ghost, Karya Anak Bangsa yang Diakui Dunia

Bengkel custom, Smoked Garage Indonesia kembali memberi kejutan lewat karya terbaru mereka, The Ghost. Kian istimewa karena nyatanya motor ini sanggup mencuri perhatian jutaan pasang mata di dunia.

The Ghost merupakan karya kedua dari Smoked Garaged yang sukses mendapat sorotan dalam rentang waktu tak terlalu lama. Sebelumnya, mereka juga mendapat sorotan usai membuat Iconic Bike pada ajang Suryanation Motorland Battle 2019 lalu.

Kala itu, tema The Spirit yang diambil membuat motor buatan bengkel yang terletak di Bali menyabet predikat paling iconic tahun lalu. Dan tidak membutuhkan waktu lama, lagi-lagi Smoked Garaged membuat kejutan lewat karya teranyar, The Ghost.

Berbasis Triumph 1050, Nicko Eigert sang builder menyulap motor ini seperti kendaraan masa depan yang futuristik. Tak ada penampakan mesin karena bagian ini semuanya tertutupi dengan sempurna. Namun, di balik cover tersebut tersimpan tenaga yang besar dari motor berkapasitas 1050cc tersebut.

–> Kebun Raya Challenge: 75 K, Melepas Rindu Fun Bike di Tengah Pandemi

Berdasarkan spesifikasi dari laman resmi Smoked Garage, motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 131 hp 9100rpm dan torsi 105 Nm di 5100rpm. “Ini basic Triumph 1050, dinamakan Ghost karena memang cepat seperti hantu saat ngebut,” ujar Nicko Eigert Builder Smoked Garage kepada Jualo.

Beralih ke kaki-kaki, balutan shockbreker Ohlins dan ban Pirelli Diablo Rosso dan pelek ring 17 depan belakang membuatnya tampak kekar. Sistem pengereman juga sangat mumpuni karena dibekali rem Brembo 4 piston di depan serta 2 piston bagian belakang.

–> Velozity Kapur Gelar Kopdar Bermanfaat dengan Donor Darah

Mayoritas Part Buatan Sendiri

Jika melihat secara keseluruhan, khususnya panel body,  Smoked Garage sukses membuat motor ini sangat sempurna. Semuanya dibuat begitu presisi dan nyaris tanpa cela. “Body dan chassis jadi bagian tersulit. Di sini kita membuat sangat presisi seperti pabrikan, ngambil gap per 2 mili itu sangat sulit kalau buatan tangan, ditambah untuk cat juga sulit karena banyak panel, jadi harus lebih teliti,” beber Nicko.

Hebatnya lagi, sebagian besar spare part digunakan merupakan buah karya Smoked Garaged sendiri. “Barang import kan susah, jadi karena kesulitan itu kita jadi lebih kreatif. Bubut sendiri, part CNC juga sendiri. Memang butuh waktu lebih lama, tapi akhirnya kita jadi lebih kreatif untuk custom. Positifnya itu, kita jadi lebih mengerti semua part motor”.

–> Tiga Moge Kawasaki Dapat Penyegaran di Tahun 2021

Diakui Dunia

Dan hasilnya pun sangat positif, karya yang dibuat Smoked Garaged tak sia-sia karena The Gost sudah mendapat pengakuan secara internasional. Bisa dilihat dari banyaknya custom ternama di Eropa atau Amerika (AS) yang memberitakan karya terbaru dari Smoked Garage yang satu ini, atau bahkan builder ternama yang ikut memberikan komentar.

“Banyak media asing komunikasi sama kita, dan mereka meminta beberapa foto ekslusif. Selain itu, Smoked Garage saat ini juga memiliki workshop di Australia dan rencana kita akan buka di Filipina dalam waktu dekat. Mungkin itu jadi alasan lain kenapa kita bisa diakui dunia,” jelasnya.

Ke depan, Smoked Garaged punya target besar yang tak main-main dengan melebarkan sayap di negara lain. “Project ke depan kita mau expand ke negara lain. Indonesia pasti selalu menjadi rumah untuk kita, di sini kita memulai, dan nantinya kita ingin masuk dunia internasional seperti AS, Eropa, Jepang, dan negara lain. Mungkin kita akan buka store di sana dan menggabungkan beberapa karakter,” pungkas Nicko.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tags: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram