Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami
syarat kredit mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin membeli mobil secara kredit. Lantas apa saja sih syarat kredit mobil yang perlu dipenuhi?

Dengan meningkatnya pasar mobil yang berada di Indonesia, kebutuhan serta daya beli juga semakin tumbuh membuat banyak lembaga pembiayaan yang memberikan fasilitas pembelian mobil dengan menggunakan sistem cicilan. Namun, pembelian mobil secara kredit tidak semudah transaksi secara tunai karena ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi. Nah, untuk lebih jelas berikut Jualo jelaskan syarat kredit mobil yang mesti Anda ketahui.

Syarat Kredit Mobil

1. Kelengkapan Dokumen

syarat kredit mobil- 3

Ketika melakukan pengajuan kredit mobil, pastikan kembali bila sudah menyiapkan sejumlah dokumen pribadi yang diperlukan untuk kebutuhan administrasi. Dokumen ini menjadi hal penting agar bisa memuluskan proses pinjaman serta meyakinkan lembaga leasing agar menerima kredit yang Anda ajukan. Sejumlah dokumen yang umumnya diminta antara lain :

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kartu Keluarga
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Rekening listrik
  • Slip gaji
  • Fotocopy SIUP/TDP untuk wiraswasta
  • Rekening Koran
  • Surat keterangan domisili.

2. Penghasilan Sesuai dengan Besarnya Cicilan

Bila dokumen sudah lengkap, persyaratan penghasilan menjadi hal lain yang tidak boleh diabaikan. Bila penghasilan yang Anda miliki tidak cukup untuk melakukan pembayaran cicilan kredit, tentu pengajuan kredit akan mengalami penolakan.

Bukan hanya itu, jangan lupa menghitung seluruh pengeluaran Anda yang lain. Jangan sampai, penghasilan hanya cukup untuk membayar cicilan mobil dan akhirnya berujung pada gagal bayar bila terdapat keperluan mendesak. Lantas, berapa gaji minimal agar bisa melakukan pengajuan kredit mobil? pada dasarnya tidak hanya tentang seberapa besar gaji yang Anda miliki, tetapi berapa persen gaji yang nantinya dibayarkan untuk cicilan setiap bulan.

Tentu saja pemberi pinjaman nantinya akan melihat apakah cash flow yang Anda miliki sehat untuk memenuhi pembayaran bulanan tersebut. Besarnya pendapatan yang bisa dikatakan aman untuk membeli mobil adalah pengeluaran cicilan 30% dari pendapatan. Sehingga, bila Anda memiliki penghasilan Rp20 juta, maksimal cicilan mobil tidak boleh lebih dari Rp6 juta.

–> SUARA MESIN MOBIL KASAR SAAT? YUK CARI TAHU PENYEBAB & SOLUSINYA

3. Persiapan Uang Muka

syarat kredit mobil- 2

Hal lain yang harus dipenuhi adalah DP atau uang muka. DP yang diberikan sebenarnya cukup variatif, mulai dari 0% sampai 50%. Namun, nominal yang umum ialah 20% hingga 30%. Semua bergantung dari pilihan yang Anda miliki serta kebijakan pemberi kredit.

Sebenarnya, apakah pembayaran DP besar membuat pengajuan kredit menjadi mudah disetujui? Sebenarnya, walaupun tidak selalu menjamin, tetapi pembayaran DP yang besar menunjukkan komitmen dan tanggungjawab finansial yang besar. Sehingga, kemungkinan disetujui menjadi semakin besar. Maka dari itu penting untuk mengetahui rincian perhitungan simulasi kredit mobil tersebut.

4. Skor Kredit

Syarat kredit mobil lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah skor kredit. Di Indonesia, sistem pengecekan ini memiliki nama BI checking. Pada dasarnya, Bank Indonesia mempunyai sistem pendataan otomatis yang menggunakan fasilitas leasing atau kredit bank.

Oleh sebab itu, pastikan kembali Anda tidak mempunyai kredit bermasalah serta mempunyai skor kredit yang baik. Skor kredit berada di angka 300 hingga 850. Skor kredit ini bisa dikatakan bagus bila berada di atas angka 720. Hasil tersebut dibagi dalam angka 1 hingga 5. Untuk membuat skor kredit bagus, pastikan cicilan yang dimiliki saat ini sudah dibayar tepat waktu, selain itu pastikan sudah melunasi hutang atas nama Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles