Ketahui Beda Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof
sunroof

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sekilas memang tampak mirip, padahal ada perbedaan besar antara sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini

Pernahkah Anda memperhatikan keberadaan kaca di atap mobil yang bisa dibuka tutup secara elektrik? Banyak yang menyebutnya sunroof, moonroof, atau bahkan panoramic roof. Padahal ketiganya jelas berbeda. Apasih perbedannya?

Pada dasarnya, ketiga jenis kaca atap memiliki fungsi yang sama persis, yakni agar penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil. Namun bila dilihat dari segi cara kerja, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat jelas. Berikut Jualo berikan penjelasannya.

Sunroof

sunroof mobil

Jenis pertama adalah sunroof. Model kaca atap ini merupakan kaca yang bila dibuka mampu membentuk sudut tertentu atau naik menuju ke atas atap. Kaca atap dapat keluar sehingga udara bisa masuk melalui sunroof. Sistem ini dahulu digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota, dimana udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut.

Pada mobil lawas, perangkat ini menggunakan pelat logam sebagai materialnya. Sesuai berkembangnya tahun, perangkat ini menggunakan material kaca sebagai bahan utamanya. Karena jika menggunakan pelat, jika ingin melihat pemandangan maka panelnya harus dibuka. Berbeda dengan kaca yang tidak perlu dibuka jika ingin melihat pemandangan. Sunroof memiliki pergerakan mekanis ke arah luar bodi sehingga lebih sederhana mekanikalnya dibanding moonroof.

Moonroof

sunroof dan moonroof

Jenis atap yang kedua adalah moonroof. Sebenarnya moonroof tidak jauh beda dengan sunroof. Perbedaannya hanya rel yang mengarahkan atap bergerak ke arah mana. Bila sunroof mengangkat kaca, sebaliknya, moonroof justru memasukkan kaca ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara. Kaca seperti ini terkadang rawan macet. Dan ketika macet, sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, kaca ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu sehingga tidak membuat rel mudah macet.

Panoramic Roof

sunroof dan panoramic roof

–> Mengenal Fitur Rear Cross Traffic Alert & Cara Kerjanya

Jenis atap terakhir adalah panoramic roof. Model ini menggunakan ukuran kaca yang cukup besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Lalu kaca tersebut tidak bisa bergerak, yang bergerak justru atap yang ada di bawahnya. Dengan begitu, penumpang dapat memilih suasana pemandangan yang disukai.

Selain itu panoramic roof umumnya tidak bisa digerakkan alias tertanam paten. Hanya panel pelindung di bawah panoramic roof yang bisa bergerak untuk menghalangi sinar matahari. Panoramic roof jamak terdapat di MPV dan SUV, meskipun beberapa sedan juga terdapat fitur mewah ini.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles