close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Navistar Kembangkan Teknologi Truk Autonomous

Produsen truk asal Amerika Serikat, Navistar siap mengembangkan teknologi truk tanpa awak atau yang dikenal autonomous. Dalam hal ini Navistar akan menggandeng TuSimple, perusahaan dikenal dalam pengembangan teknologi automonous.

Teknologi self driving pada kendaraan nampaknya akan segera terwujud. Saat ini, beberapa produsen berlomba-lomba mengembangkan teknologi pintar ini, tak hanya di mobil tapi kendaraan besar seperti truk juga bisa melaju tanpa pengemudi, seperti yang kini sedang dikembangkan oleh Navistar sebagai produsen truk asal Amerika Serikat (AS).

Self driving pada truk pengangkut memang telah banyak menarik perhatian investor. Karena mereka dituntut harus lebih mudah dan lebih murah ketika beroperasi daripada harus menggunakan pengemudi. Keseriusan Navistar dalam mengembangkan teknologi terbukti dengan membeli saham minoritas TuSimple.

Nantinya, truk akan berjalan ke tujuan dengan menggunakan rute point to point. Rute tersebut sudah diatur langsung melalui jalan bebas hambatan atau tol. Serta menghindari lokasi yang memiliki banyak persimpangan atau kawasan pejalan kaki.

–> Truk Konsep Hyundai Sabet Penghargaan Future Mobility of the Year 2020

–> Mitsubishi Fuso Hadirkan 2 Truk Konsep Multiguna

Teknologi ini sangat membantu untuk memangkas biaya operasional

Navistar Chief Executive, Persio Lisboa menjelaskan pihaknya memilih TuSimple karena perangkat lunaknya lebih berkembang dibanding pesaing. Selain itu, faktor kedekatan hubungan dengan pelanggan yang sangat erat.

Sementara itu, Presiden TuSimple, Cheng Lu, mengatakan teknologi truk Navistar akan dibuat seperti halnya jalur perlintasan kereta api yang titiknya sudah ditentukan. Dan mereka akan menggunakan otonom level 4 di mana kendaraan dapat beroperasi tanpa pengemudi. “Pengangkutan selalu berkaitan tentang pengangkutan barang dari satu titik ke titik lain di rute yang telah ditentukan dan di sinilah kita dapat menambah nilai dengan mengatasi titik di industri ini,” papar Cheng Lu.

Jika semuanya berjalan dengan lancar, rencananya kolaborasi keduanya berupa truk tanpa awak akan mulai diproduksi massal pada 2024 mendatang. Selain Navistar, teknologi truk tanpa awak TuSimple sendiri sudah dilirik banyak pihak terutama perusahaan logistik di AS. Yang terakhir, mereka baru saja berkolaborasi dengan United Parcel Inc. perusahaan angkutan truk ES Xpress Enterprises Inc, dan McLane.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram