Pahami Sistem Mobil RWD Serta Keunggulannya
mobil rwd

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil RWD (rear wheel drive) atau berpenggerak roda belakang disebut lebih tangguh serta tahan banting dibanding penggerak depan. Benarkah demikian?

Pada sebuah mobil, umumnya terdapat sistem penggerak yang membuat tenaga mesin dapat tersalurkan dengan baik ke bagian roda. Nah, dasarnya mobil memiliki dua sistem penggerak yang dikenal luas, yakni mobil RWD atau penggerak belakang dan front wheel drive (FWD) penggerak depan. Memang, ada juga yang memiliki sistem penggerak seluruh roda atau all wheel drive, biasanya ditemui pada mobil premium. Namun, dalam artikel ini Jualo akan membahas lebih jauh seputar mobil dengan penggerak belakang (RWD) yang disebut punya kelebihan tersendiri dibanding FWD. Benarkah demikian? Yuk simak ulasan berikut.

Apa itu RWD?

mobil rwd- 3

Rear wheel drive merupakan sistem penggerak mobil yang ada di bagian roda belakang. Sistem penggerak ini bekerja dengan menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin melalui gardan ke roda belakang. Pada umumnya, sistem ini masih digunakan sebagian besar oleh mobil komersial dengan body besar seperti bus, truk, atau jenis SUV.

Keunggulan mobil RWD

Sistem pemggerak belakang punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki mobil dengan penggerak depan. Diantaranya sebagai berikut

1. Distribusi bobot lebih baik

Sistem pemggerak belakang punya keunggulan pada distribusi berat kendaraan. Di mana mobil punya ruang penyimpanan mesin di bagian depan dan gearbox serta driveshaft di tengah. Penempatan inilah yang membuat pembagian beban jadi lebih ideal dan merata. Sehingga tidak heran saat menghadapi jalan ekstrim seperti tanjakan curam, faktor ini yang membuat mobil RWD punya keunggulan yang tak dimiliki mobil FWD.

–> LAMPU MOTOR SERING PUTUS SAAT MUSIM HUJAN? CEK PENYEBAB & SOLUSINYA

2. Durabilitas

mobil rwd- 2

Sistem penggerak ini punya durabilitas sangat baik mengingat pembagian beban yang seimbang. Di mana roda depan khusus kemudi dan roda belakang fokus sebagai penggerak. Tidak heran dengan pembagian bobot merata membuat bagian kaki-kaki atau suspensi mobil RWD dikenal lebih baik dan awet.

3. Mampu menahan beban berat

Sistem pemggerak ini punya perpindahan putaraan yang lebih jauh sebab pusat penggerak ada di bagian belakang. Dengan begitu, mobil memiliki arah sistem power train yang memusat sehingga mobil tetap stabil meski diisi penuh atau dalam membawa bobot yang sangat berat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles