Lampu Motor Sering Putus saat Musim Hujan? Cek Penyebab & Solusinya
lampu motor header

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Lampu motor merupakan salah satu komponen yang rawan bermasalah. Khususnya ketika memasuki musim hujan seperti sekarang di mana bohlam rentan putus

Lampu motor merupakan komponen penting yang wajib ada dan berfungsi dengan baik. Selain untuk menerangi jalan di malam hari, aturan pemerintah juga mewajibkan semua pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu di siang hari guna mengurangi kecelakaan lalu lintas.

lampu motor

Masalahnya, lampu yang sering menyala jadi masalah tersendiri. Banyak kasus ditemui yakni bohlam putus, apalagi di musim hujan. Masalah tersebut berpeluang lebih besar terjadi. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Untuk lebih jelas, yuk simak ulasan dari Jualo berikut ini.

Penyebab Bohlam Lampu Motor Putus

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan putusnya bohlam lampu motor. Namun, saat musim hujan, kerusakan lampu lebih sering terjadi karena berkaitan dengan kelistrikan motor. Misalnya kabel yang kendor atau terjadi korsleting akibat terkena air.

1. Lampu Motor Terkena Air

Penyebab pertama ini sering terjadi pada saat musim hujan. Rumah lampu motor yang sudah mulai longgar. Pada motor lama bagian karet rumah lampu mulai kehilangan kelenturannya atau menjadi keras dan mudah retak.

lampu motor-4

Longgarnya karet rumah bohlam atau lampu tersebut memudahkan air untuk masuk ke dalamnya. Lebih berbahaya lagi jika air masuk ke dalam reflektor. Akibatnya adalah lampu motor mudah putus.

Ciri lampu yang akan putus karena air ini adalah warna berubah menjadi kehijauan. Jika Anda menyadari tanda ini, sebaiknya segera bersihkan air yang terlanjur masuk dan perbaiki karet pada rumah lampu.

2. Korsleting pada Kabel

Kabel pada sistem kelistrikan motor cukup rumit dan sering menjadi penyebab lampu motor sering putus. Alasannya kabel yang dipasang mengalami korsleting, akibatnya Anda akan sering membeli lampu baru karena arus yang terlalu tinggi merusak lampu.

Bagian kabel lampu mungkin saja ada yang putus sehingga harus diperbaiki. Menelusuri bagian mana kabel yang rusak kemudian menggantinya adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki. Jika tidak diperbaiki, maka bohlam akan selalu putus bahkan berpotensi untuk meledak karena arus yang tidak terkontrol.

lampu motor-3

3. Kerusakan pada Dudukan Lampu

Fitting lampu atau dudukan lampu juga mudah rusak akibat pemakaian atau karena Anda menggunakan produk yang berkualitas rendah. Sebenarnya selama dudukan lampu yang digunakan masih bawaan pabrik akan jauh lebih awet daripada setelah Anda menggantinya.

Dudukan lampu yang sudah rusak seperti goyang akan membuat sambungan kabel jadi tidak bisa mengalirkan arus listrik yang sesuai. Setiap terkena getaran lampu akan mudah mati. Selama Anda tidak mengganti fitting lampu, maka masalah lampu sering mati ini tidak akan bisa terselesaikan.

4. Karat pada Bagian Saklar

Pada sistem lampu motor, saklar adalah komponen yang penting untuk menyalurkan daya dari aki ke bagian bohlam ketika ditekan. Saklar ini pengaruhnya sangat besar agar lampu dapat menyala.

Masalah pada saklar pun kerap terjadi seperti munculnya karat atau tersumbat kotoran karena jarang dibersihkan. Saat terdapat kotoran maka saklar akan membuat aliran listrik tidak stabil dan lampu mudah putus.

lampu motor-5

5. Kerusakan pada Soket Lampu

Penyebab lampu motor sering putus selanjutnya bisa berasal dari soket. Pada saat Anda menggunakan soket berkualitas rendah, biasanya dari produk aftermarket akan mempercepat lampu putus.

Oleh karena itu pastikan untuk selalu menggunakan soket lampu dari bengkel resmi sehingga Anda memperoleh produk dengan kualitas terbaik atau asli.

6. Rusaknya Spull

Komponen spull penerangan pada lampu motor berfungsi untuk meningkatkan arus listrik yang dihasilkan. Bentuknya berupa kumparan kawat, jika salah satu kumparan rusak maka arus listrik yang dialirkan ke kiprok pasti rendah.

Alhasil lampu yang tidak mendapatkan daya standar akan cepat putus kemudian mati. Cara mengatasinya sendiri sangat mudah yaitu, kumparan kawat tembaga harus digulung ulang. Jika tak ingin repot Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

7. Pengisian Daya ke Aki yang Berlebihan

Disebut juga overcharge, hal ini bisa jadi penyebab lampu motor sering putus. Pengisian aki otomatis adalah ketika motor digas, arus yang masuk tidak lebih dari 14,55 atau 15,5 volt. Jika jumlahnya berlebih maka lampu motor akan mudah putus.

Efek lainnya yang cukup merugikan adalah aki motor cepat panas bahkan membahayakan komponen seperti kiprok dan juga spul. Anda pun harus bersiap untuk membeli komponen yang baru.

8. Motor Menggunakan Sistem AHO

lampu motor-7

Automatic Headlight On (AHO) adalah sistem yang diterapkan pada motor-motor baru di mana lampu utama akan terus menyala, tidak ada saklar lampu yang terpasang. Sistem ini justru akan membuat kendaraan yang menyala terus membuat lampu cepat panas.

Usia pakai lampu pun otomatis cepat menurun sehingga Anda mau tidak mau harus membeli lampu yang baru.

–> SIMAK 6 CARA MEMILIH JAS HUJAN TERBAIK UNTUK BIKER

Cara Sederhana Mengatasi Lampu yang Sering Putus

lampu motor-2

Pengecekan secara teliti semua penyebab lampu motor sering putus harus dilakukan, sehingga Anda bisa mengambil langkah perbaikan dengan benar. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah putusnya bohlam.

  • Cobalah untuk memperbaiki spull yang rusak dan instalasi kabel yang mungkin terdapat bagian putus.
  • Jika perbaikan tidak bisa dilakukan, maka Anda harus mengganti komponen tersebut. Beberapa komponen yang bisa diganti adalah bohlam lampu, kiprok,  saklar yang berkarat sampai dengan dudukan lampu.
  • Membawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan penggantian dengan suku cadang yang asli demi keawetan komponen lampu motor.
  • Pengecekan sistem kelistrikan pada saat Anda servis motor rutin juga bisa jadi tindakan pencegahan untuk mengetahui penyebab lampu motor sering putus. Anda bisa mendatangi bengkel resmi atau mengecek saat melakukan servis rutin.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles