close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Komparasi Skutik Kompak: Honda BeAT vs Yamaha Mio

Yamaha Mio

Komparasi Honda BeAT vs Yamaha Mio  jadi pilihan menarik untuk Anda yang inginkan motor matic entry level dengan kapasitas 110cc.

Pasar motor matic entry level berkapasitas 110cc di Tanah Air memang sangat menggairahkan. Mobilitas tinggi masyarakat perkotaan, tentu membutuhkan moda transportasi yang nyaman, lincah, irit, dan bertenaga. Berbicara soal skutik entry level 110cc, tentu tak bisa dilepaskan dari Honda BeAT dan Yamaha Mio.

Kedua motor ini bersaing sangat ketat di pasaran, apalagi sama-sama menawarkan skutik dengan desain kompak nyaman, serta irit BBM. Tak salah jika keduanya kini bisa dikatakan jadi pemimpin di segmen motor matic entry level 110cc saat ini. Namun, manakah yang lebih baik? Berikut Jualo berikan komparasi lengkap antara Honda BeAT dan Yamaha Mio.

–> Komparasi Skutik Premium 150cc: Yamaha NMax vs Honda PCX

Desain

Yamaha Mio

Bicara desain, Honda BeAT dan Yamaha Mio sekilas tampak mirip. Keduanya memiliki bodi ringkas dan ramping, sehingga mudah ditunggangi oleh pemula sekalipun. Meski demikian, sesungguhnya

Meski demikian, sesungguhnya dimensi Mio sedikit lebih pendek dan rendah dibanding Beat. Di sisi lain, motor pabrikan garpu tala tersebut agak lebih gemuk. Pembeda paling jelas adalah bobot. Mio punya berat 94 Kg. Sementara BeAT cuma 90 Kg, ada gap hingga 4 Kg.

Bobot ringan BeAT bisa dicapai lewat pengunaan rangka eSAF atau Enhanced Smart Architecture Frame. Rangka tersebut lebih sederhana, serta komponen yang dipakai lebih sedikit. Maka tidak aneh kalau berat total motor jadi semakin ringan. Walau begitu, soal kekuatan tidak perlu diragukan.

–> Review Honda Vario 125: Skutik Terbaik di Kelas 125cc

Yamaha Mio

Di samping lebih ringan, keunggulan lain dari motor Honda BeAT adalah joknya rendah dengan spesifikasi 740 mm. Jok rendah pastinya membuat pengendara motor pemula yang punya postur pendek lebih percaya diri. Khusus Mio, tinggi joknya mencapai 750 mm.

BeAT juga memiliki ground clearance 147 mm. Alhasil potensi bodi bawahnya bersinggungan ke tanah tidak terlalu besar saat melewati jalan bergelombang. Beda dengan Mio yang ground clearance-nya cuma 135 mm. Terkait ukuran roda, keduanya pakai ukuran sama. Roda depan 80/90-14 inci dan belakang 90/90-14 inci. Masing-masing ban sudah dilengkapi teknologi tubeless. Dari bahasan Mio Vs Beat untuk desain di atas, kembali ke selera masing-masing tentunya.

Fitur Keduanya Bersaing Ketat

Varian tertinggi dari BeAT dilengkapi fitur idling stop system (ISS), berfungsi menghemat konsumsi bahan bakar. Cara kerja ISS dengan menonaktifkan mesin ketika motor berhenti lebih dari tiga detik. Kemudian mesin bakal aktif lagi saat selongsong gas diputar.

Yamaha Mio

Ada pula fitur sistem pencahayaan LED yang hemat daya, serta mampu memberi visibilitas berkendara lebih baik saat malam hari. BeAT juga punya power charger di kompartemen depan, berguna untuk mengisi daya baterai smartphone saat berkendara. Tidak ketinggalan combi brake system (CBS) supaya pengereman optimal. Lalu untuk bagasi, Honda BeAT punya kapasitas 12 liter atau lebih besar 1,9 liter dibanding Mio.

Sementara itu motor matik pabrikan garpu tala juga sudah dilengkapi dengan fitur yang mirip dengan ISS, bernama stop & start system (SSS) untuk varian tertinggi. Hanya saja untuk lampu LED, CBS, dan power charger, Mio belum punya.

Kelebihan Mio yang tidak dipunya BeAT adalah answer back system dan auto open key shutter. Dua fitur tersebut di motor Yamaha masuk ke dalam teknologi Advanced Key System (AKS). Guna answer back system, memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Sementara auto open key shutter, membuka lubang kunci secara otomatis dari pengaman bermagnet, sehingga pengendara dengan mudah memasukkan anak kunci.

Yamaha Mio

Ditambah lagi kini seluruh motor Yamaha yang diproduksi di Indonesia terkoneksi dengan fitur Yamaha Apps. Fungsi fitur baru tersebut salah satunya mengingatkan pemilik motor dalam melakukan servis kendaraan, mencari lokasi bengkel terdekat, serta merekam aktivitas servis secara lengkap.

Mesin

Kalau melihat dari kapasitas mesin, sudah pasti Yamaha Mio lebih unggul. Hal ini dikarenakan kubikasi jantung mekanisnya lebih besar pakai 125 cc.

Yamaha Mio

Di atas kertas, mesin Mio yang memiliki teknologi SOHC, satu silinder, dan teknologi Blue Core mampu melontarkan torsi hingga 9,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,38 hp pada 8.000 rpm. Performa ini bakal terasa saat kamu putar selongsong gas motor.

Sementara BeAT dengan kubikasi 110 cc tentu performanya lebih rendah. Hanya saja gapnya tidak terlalu jauh. Motor ini menggunakan jantung mekanis berteknologi SOHC, satu silinder, dan enhanced smart power (eSP). Mesin Beat mampu mengeluarkan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm serta tenaga 8,8 hp pada 7.500 rpm.

–> Helm NJS Hadirkan ZX-1, Helm Full Face yang Ramping & Aerodinamis

Yamaha Mio

Terkait kapasitas tangki bahan bakar, keduanya sama-sama memiliki 4,2 liter. Hanya saja soal konsumsi BBM, sudah pasti BeAT lebih baik. Penyebabnya adalah kapasitas mesin yang lebih kecil dibanding Mio.

Harga

Buat Anda yang sedang mencari kedua motor tersebut, sekarang bisa mendapatkannya dengan mudah lho di Jualo. Saat ini harga Yamaha Mio Rp 16,35 juta (OTR Jakarta) untuk varian terendah. Lalu Mio M3 AKS SSS atau varian tertinggi yang sudah dilengkapi fitur SSS dan AKS dipasarkan Rp 17,27 juta (OTR Jakarta).

Sementara harga Honda BeAT varian terendah adalah Rp 16,45 juta (OTR Jakarta). Jika kamu ingin membeli varian lebih tinggi yang punya fitur ISS dan power charger, maka pilih BeAT CBS ISS yang dijual Rp 17,15 juta (OTR Jakarta) atau BeAT Duluxe dengan pilihan warna matte Rp 17,25 juta (OTR Jakarta).

Spesifikasi

Dimensi (mm)             Honda BeAT                                       Yamaha Mio
Panjang                                1.877                                                       1.870
Lebar                                     669                                                         685
Tinggi                                    1.074                                                     1.035
Sumbu Roda                      1.256                                                       1.260

Mesin
Tipe                                       4 Langkah SOHC, ESP                      SOHC 4 Stroke
Kapasitas                             109,5cc                                                 125cc
Daya Maksimal                  9,0 PS/ 7500rpm                               7 Kw/8000rpm
Torsi Maksimal                  9,3 Nm/5500rpm                               9,6 Nm/5500rpm

Suspensi
Depan                                   Teleskopik                                          Teleskopik
Belakang                              Lengan Ayun                                      Unit Swing

Rem
Depan                                   Cakram Hidraulik                              Cakram
Belakang                              Tromol                                                  Tromol

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram