close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Clubhouse, Sosial Media Viral yang Bisa Bermanfaat untuk Kariermu

clubhouse

Clubhouse, sosial media yang kian viral setelah digunakan oleh Elon Musk salah satu pengusaha paling kaya di dunia. Lalu apa sajakah kelebihan sosial media yang satu ini? Berikut ulasannya.

Clubhouse adalah aplikasi media sosial ciptaan Rohan Seth yang dirilis pada 2020 lalu. Berbeda dengan Line atau WhatsApp yang berbasis teks, Clubhouse lebih difokuskan pada konten audio untuk berinteraksi. Cukup mengejutkan, meski belum setahun dirilis, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 2 juta dari seluruh dunia.

Pada awal peluncurannya Clubhouse hanya eksklusif untuk para pengguna iPhone yang kemudian bisa juga digunakan oleh pengguna handphone dengan sistem Android. Uniknya, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mendengarkan obrolan, wawancara, atau diskusi mengenai berbagai topik secara live. Jadi Anda bisa secara langsung mendengarkan siaran yang tengah dilakukan oleh penyelenggara.

–> Cari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi? Ternyata Bukan Hal Mustahil Lho

Keunggulan

clubhouse

Setiap aplikasi online pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, dimana jika penggunaannya dilakukan secara baik dan bijak maka keuntungan yang bisa didapat bisa maksimal dan jika sebaliknya, kerugian yang akan ditimbulkan pun bisa mempengaruhi hidup, kebiasaan bahkan karier kita.

Kelebihan Clubhouse:

  • Bisa berdiskusi secara live dan didengarkan oleh pengguna lainnya dalam bentuk audio chat atau podcast.
  • Bisa menyertakan media sosial Instagram dan Twitter untuk dijangkau orang lain.
  • Memiliki manfaat yang sama seperti LinkedIn dan Quora dimana tersedia virtual room yang bisa dimasuki secara bebas untuk mendengarkan para profesional berbicara tentang sebuah topik tertentu.
  • Tidak hanya mendengarkan, kamu juga bisa ikut berdiskusi di virtual room tersebut. Jadi, kamu bisa ikut membagikan pengalaman dan ilmu yang kamu miliki atau bertanya langsung ke para pembicara profesional mengenai hal yang ingin kamu ketahui atau solusi untuk masalah mu.
  • Kebanyakan virtual room clubhouse masih dibuat oleh para ahli, artis, public figure dan orang-orang ternama di bidangnya. Jadi, jika kamu memiliki minat baru atau ingin meningkatkan skill bisa menjadi pendengar di virtual room mereka.
  • Bisa follow banyak CEO Perusahaan, Artis, Peneliti dan para ahli yang tergabung didalamnya dari berbagai negara.
  • Bisa mengeksplor topik-topik yang kamu sukai. Rentangnya pun luas dan beragam. Mulai dari kesenian, world affair, bahasa, olahraga, teknologi, sains, agama, pengetahuan umum, wellness, hingga entertainment. Di dalam topik tersebut, ada banyak club yang bisa kamu follow. Dengan melakukan ini, kamu akan mendapatkan room yang lebih relevan dengan minatmu.
  • Kamu bisa mendengarkan diskusi dalam topik yang sangat beragam secara live, terbuka, dan gratis seperti layakanya mengikuti webinar berbayar.
  • Meningkatkan kesehatan mental dan EQ, karena kamu tidak hanya bisa mengikuti liveroomi bertema kesehatan mental. Tapi juga dengan kamu bisa mengikuti room yang sesuai dengan passion dan hobi mu.
  • Merupakan tempat baru untuk membangun relasi dengan orang lain, terutama dalam konteks profesional;

Cara Gabung Clubhouse

Ada banyak tokoh ternama yang bergabung di dalam Clubhouse. Jadi kamu bisa memperluas wawasan dan koneksimu bukan hanya dalam melainkan juga luar negeri. Nah, untuk menggunakan Clubhouse, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan sebagai berikut.

–> 9 Rekomendasi Kerja Online yang Bisa Hasilkan Cuan Maksimal

  • Download aplikasi nya di AppStore
  • Ketuk logo amplop di bagian atas. Setelah terbuka, kamu akan melihat daftar orang yang bisa diundang masuk ke dalam Clubhouse. Orang yang ada di daftar itu adalah orang-orang yang ada di dalam kontak kamu.
  • Ketuk ‘Invite’, kamu akan dibawa ke fitur SMS yang berisi teks ajakan untuk orang yang diundang bergabung ke dalam Clubhouse. Terdapat tuatan seperti ketika kamumendapat undangan untuk bergabung dengan Clubhouse.
  • Pengguna yang baru ikutan, hanya bisa mengirim undangan ke dua orang baru.
  • Ketika sudah bisa bergabung ke dalam Clubhouse, kamu akan dihadapkan pada beragam topik oborolan, mulai dari teknologi hingga politik.
  • Pilih satu atau lebih topik tersebut.
  • Dalam setiap topik, kamu akan menemukan orang-orang yang tertarik dengan topik yang dipilih dan bisa langsung mengikuti mereka.
  • Berikutnya kamu akan dibawa ke tampilan berisi berbagai obrolan yang sedang berlangsung, yang berkaitan dengan topik yang dipilih di awal.
  • Ketuk salah satunya, kamu pun sudah bisa masuk ke dalam ruang obrolan.
  • Kamu bisa mengangkat tangan jika ingin ikut berbicara. Namun, kesempatan itu tergantung dari izin moderator, pembicara, atau pendengar lain di dalam ruang obroan itu.
  • Kamu juga bisa keluar dari ruang obroal dengan mengetuk ‘Leave quietly’ yang ada di kiri bawah layar ponsel.
  • Di atas daftar ruang obrolan, kamu juga dapat melihat sejumlah jadwal obrolan yang dibuat oleh pengguna lain yang terkait dengan topik yang dipilih.
  • Kamu bisa membuat ruang sendiri yang bisa diikuti oleh semua pengguna, orang yang diikuti, atau orang tertentu yang dipilih.

Tingkatkan Karier dengan Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Dalam berkarier, koneksi tidak hanya didapat di lingkungan bekerja atau profesional saja. Kamu juga bisa memperluas koneksi dan wawasan guna meningkatkan karier dengan memaksimalkan media sosial. Tidak hanya Clubhouse, maksimalkan juga penggunaan media sosial yang lain seperti Instagram, Twitter, Facebook dan LinkedIn. Isi media sosial dengan konten dan orang-orang yang bisa kasih manfaat lebih untuk mu secara pribadi dan social circle.

–> 4 Tips Membuat Contoh CV Menarik dan Disukai HRD di Tahun 2021

Atau, jika kamu sedang mencari lowongan pekerjaan, sosial media bisa berperan sangat penting lho. Pasalnya, di dunia serba digital seperti sekarang, banyak perusahaan yang memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui sosial media. Untuk itu, kamu harus selalu update agar tidak ketinggalan informasi tersebut.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram