BMW Motorrad Resmi Luncurkan BMW M 1000 RR

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

BMW Motorrad resmi meluncurkan BMW M 1000 RR, dan jadi model M pertama sebagai produk berperforma tinggi di jajaran BMW Global.

BMW M 1000 RR merupakan model M perdana dari BMW Motorrad yang berbasis dari S 1000 RR lansiran 2020. Pengembangan Model M 1000 RR sendiri sebenarnya mengikuti M Series yang sudah dimulai BMW sejak akhir 2018 silam.

“Ini adalah mahakarya terbaik para insinyur BMW ini menonjolkan sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR,” tulis pernyataan resmi BMW Motorrad.

Selain itu, motor yang hadir dengan menggandeng seri tertinggi dari produk BMW Global ini dilengkapi dengan material karbon yang disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR.

–> The Ghost, Karya Anak Bangsa yang Diakui Dunia

Mesin Spesial

BMW M 1000 RR dibekali mesin berbasiskan versi RR yakni 1000cc 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor pun hanya 192 kg.

Konfigurasi tersebut untuk memvariasikan waktu buka dan tutup katup yang telah dimodifikasi sedemikian rupa secara komprehensif ke arah mesin sport balap. Hasilnya, output yang mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak di angka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston baru 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

–> Kebun Raya Challenge: 75 K, Melepas Rindu Fun Bike di Tengah Pandemi

Sasis Baru

BMW Motorad juga menghadirkan rocker arm yang lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

–> Velozity Kapur Gelar Kopdar Bermanfaat dengan Donor Darah

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm – 15.100 rpm. Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan tanpa kehilangan sisi sporty-nya.

BMW M 1000 RR akan melengkapi model sport BMW Motorrad. Namun belum diketahui apakah model M 1000 RR akan masuk ke Indonesia atau tidak. Saat ini, BMW Motorrad Indonesia diketahui hanya memasarkan dua model sport, yakni S 1000 RR dan HP4 Race.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles