close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Perjalanan 50 Tahun KTB di Indonesia, dari Truk Kepala Kuning Hingga eCanter

Siapa yang tidak kenal truk “kepala kuning” yang kini memasuki usia 50 tahun dalam perjalanannya di industri otomotif Tanah Air. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi truk Fuso di Indonesia sangat sukses karena tercatat sebagai penjual truk paling banyak memasuki usia setengah abad.

Bahkan pada Januari 2017 lalu, KTB berhasil mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai perusahaan dengan “Pencapaian Penjualan Truk Terbanyak” di Tanah Air. Tentu saja hal tersebut merupakan hasil kesuksesan dari perjalanan panjang KTB berkiprah di Indonesia.

“Atas pencapaian tersebut, kami tentunya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Sales & Marketing KTB, Duljatmono.

–> Sewa Ruko untuk Usaha? Perhatikan Hal Berikut Agar Tak Salah Pilih

Dimulai Sejak 1970

Berawal dari tahun 1970, saat PT New Marwa menjadi distributor resmi Mitsubishi Colt Diesel T100, sambutan positif dari model truk pertama tersebut menjadikan tombak kesuksesan KTB. Besarnya respon masyarakat pun mendorong New Marwa menghadirkan generasi penerusnya yakni T120

Tepat pada tahun 1973, PT New Marwa berubah nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang kemudian menghadirkan generasi ketiga dari Mitsubishi Fuso, yakni Canter T200.

Lalu pada tahun 1979, barulah Tipe FE101 dan FE111 yang berwarna kuning muncul, diikuti kehadiran 104 di tahun 1984 sebagai Colt Diesel 4 ban.  Kedua truk inilah yang menjadi awal dari julukan truk “kepala kuning” yang sangat sukses di pasaran kala itu. Awal dari julukan itu bermula saat KTB menggunakan warna khas kuning pada kedua unit terbarunya, yang hingga kini menjadi ciri khas dari produk KTB.

Setahun berselang, KTB kembali menghadirkan inovasi dengan meluncurkan FE114 dengan 6 ban. Posisi KTB sebagai penyedia kendaraan angkut segala medan semakin kuat di era 1990-an dengan menghadirkan segudang tipe, seperti FE 119, FE 449, FE 304, FE 334, FE 347, dan FE 349 di tahun 1997.

–> Astra Honda Motor (AHM) Raih Penghargaan IBCSI 2020

Lima tahun kemudian tepatnya pada tahun 2002, KTB berinovasi dengan menyempurnakan model FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349. Penyempurnaan tersebut meliputi pengubahan transmisi dan perseneling stir menjadi perseneling lantai, serta perubahan design headlamp dari bulat menjadi kotak.

Kemudian, tahun 2007 menjadi era baru bagi Mitsubishi Colt Diesel dengan tampilan yang berubah total sesuai regulasi Euro 2. Tak hanya tampilan, teknologi yang diusungnya ikut berubah dengan menyematkan Mitsubishi Fuso In Dash Gear Shift. Sebuah inovasi merupakan inovasi pertama kendaran niaga yang merubah posisi tuas transmisi menyatu dengan dashboard.

Era 2009 hingga 2016 KTB memiliki lini lengkap dengan menghadirkan FE304, FE334, FE 347, FE349, FE119, FE447, dan FE449. Colt Diesel FE 7 dan FE 8 series total memiliki 13 varian dengan tipe FE71, FE73, FE74, FE83, FE84, FE8HD, serta FE8HDX. Di periode ini pula mesin Colt Diesel mulai dilengkapi Turbo Intercooler.

Era Truk Listrik

Sampai pada akhirnya memasuki era serba modern, Mitsubishi Fuso memiliki truk listrik yang dinamai e-Canter.  Mitsubishi mengklaim e-Canter mempu menempuh jarak 100 km dalam kondisi penuh dan sangat cocok untuk keperluan niaga di dalam kota.

–> Tertarik Membeli Truk Bekas? Periksa 5 Poin Penting Berikut Ini

E-Canter dibekali dengan enam baterai ion-lithium berkapasitas 13,8 kWh yang dapat menyalurkan tenaga ke motor listrik. Untuk daya angkut, truk ini bisa menampung hingga tiga ton, sedangkan untuk fitur hiburan, truk sudah dilengkapi dengan panel modern dan layar 12 inci serta beberapa fitur lain, seperti keyless push start button.

Tidak hanya Canter dengan tenaga listrik, baru-baru ini Mitsubishi Fuso meluncurkan perdana truk All New Canter yang hadir dengan kabin didesain ulang dan akan tersedia melalui lokasi ritel Mitsubishi Fuso di seluruh Jepang mulai November 2020.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram