Tips Memilih Sepeda Lipat yang Tepat untuk Pemula
Sepeda Lipat

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagi Anda yang ingin bersepeda di perkotaan, sepeda lipat mungkin menjadi pilihan yang tepat. Selain menawarkan kepraktisan, sepeda lipat juga memiliki bentuk yang unik yang berbeda dibanding sepeda jenis lain.

Bersepeda saat ini memang tak hanya sekadar alat transportasi, melainkan bertranformasi menjadi gaya hidup bagi sejumlah orang, salah satunya sepeda lipat.  Bentuknya yang kecil dan praktis membuat banyak orang memilih jenis sepeda ini untuk digunakan di kota besar.

Jika merasa lelah, Anda hanya perlu memasukkan sepeda  ke mobil atau alat transportasi umum.  Atau jika Anda menggunakan ke kantor, maka tak perlu repot mencari tempat menyimpannya karena sepeda lipat tidak membutuhkan banyak tempat.

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, yuk simak tips dari Jualo berikut ini dalam memilih sepeda lipat yang tepat untuk pemula.

–> Sepeda Listrik: Simak Keuntungan dan Tips Memiliki Sepeda ini

Tentukan Budget

Sepeda bukanlah hobi yang mahal atau pun murah, semua tergantung dari bujet yang Anda miliki. Dengan menentukan budget di awal, Anda bisa membatasi pilihan sepeda lipat yang Anda incar.

Pilih Diameter Roda

Sepeda Lipat

Diameter Roda Berpengaruh Terhadap Kecepatan Sepeda

Diameter roda yang cukup umum pada sepeda lipat adalah 16 inci dan 20 inci. Semakin kecil diameter roda, maka hasil lipatan sepeda Anda akan semakin ringkas. Namun, semakin besarnya diameter roda bisa berpengaruh terhadap feel saat riding. Ibarat rasio gear, diameter roda merupakan rasio gear terakhir. Semakin besar diameter roda, semakin kencang Anda melaju.

Bahan Rangka

Sepeda Lipat

Pilih Rangka Alumunium karena Bobotnya yang Tak Terlalu Berat dan Harganya Cukup Terjangkau

Bahan rangka sepeda akan berpengaruh terhadap bobot, rasa ketika berkendara, dan juga harga. Biasanya rangka besi akan lebih murah dibanding rangka aluminium, tetapi tentu besi juga lebih berat. Sepeda lipat berbahan serat karbon memiliki bobot lebih ringan dibanding alloy, namun harganya juga lebih mahal.

–> Intip Sepeda Louis Vuitton yang Dibanderol Ratusan Juta

Single Speed, Internal Gear, atau Eksternal Gear

Di dunia persepedaan terdapat istilah drivetrain. Drivetrain ini merupakan komponen penggerak sepeda Anda yang terdiri dari pedal, crank, chainring, dan lain sebagainya. Namun untuk mempermudah Anda, spesifikasi sepeda bisa dilihat dari jumlah speed yang ditawarkan.

Misalkan single speed, artinya sepeda ini hanya memiliki satu percepatan saja. Pilihan ini biasanya lebih murah, namun kendalanya Anda akan merasa lelah saat melahap tanjakan atau tak bisa kencang di jalur lurus. Ibaratnya seperti Anda mengemudikan sepeda motor, tapi hanya menggunakan gigi dua saja.

Sepeda Lipat

Untuk Pemula Baiknya Pilih Jenis Eksternal Gear

Internal gear memiliki beberapa rasio kecepatan yang bisa dipilih tergantung spesifikasinya. Keuntungannya adalah bentuknya yang ringkas karena gear tersebut berada di dalam hub roda belakang, sehingga sepeda terlihat rapi dan simple. Namun, harganya relatif lebih mahal dibanding eksternal gear.

Eksternal gear memiliki beragam pilihan percepatan. Mudah untuk melihat sepeda dengan eksternal gear. Pada bagian roda belakang terdapat gear yang menumpuk atau biasa disebut cassette. Sebagai pemula, ada baiknya memilih eksternal gear saja karena selain harganya lebih murah, perawatannya juga terjangkau.

Beli Jadi atau Rakit Sendiri?

Jika Anda benar-benar baru terjun ke dunia sepeda, pilihan terbaik adalah membeli jadi dibanding merakit sendiri. Anda bisa browsing merek sepeda lokal, dan Anda dapat dengan mudah melihat sepeda lipat yang mereka sediakan. Biasanya sepeda lipat juga memiliki garansi, sehingga mempermudah Anda jika menemui masalah. Selain itu, membeli jadi biasanya lebih murah dibanding merakit sendiri.

–> Modifikasi Sepeda Lipat Agar Lebih Ngacir dan Ringan di Tanjakan

Bergabung dengan Komunitas

Sepeda Lipat

Komunitas Sepeda Kian Menjamur di Indonesia

Dunia maya sudah semakin canggih, sehingga untuk bergabung dengan komunitas pun bisa melalui sosial media. Terdapat beragam macam komunitas sepeda lipat, mulai dari komunitas yang merangkul berbagai merek sampai komunitas untuk jenis sepeda tertentu. Bahkan di komunitas ini Anda bisa bertanya seputar sepeda lipat tanpa perlu memilikinya. Dan Anda juga bisa berburu sepeda lipat bekas di komunitas lho.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles