close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Jitu Cegah Rantai Motor Berkarat Ketika Musim Hujan

rantai ,motor

Merawat rantai motor pada sepeda motor manual tentu penting dilakukan karena fungsinya yang vital sebagai penggerak roda. Jika kompinen ini bermasalah tentu saja perjalanan pun jadi terganggu bukan?

Masalah pada rantai motor yang umum terjadi adalah karat yang muncul jika jarang memperhatikan kebersihan rantai. Khususnya di musim hujan jika terkena kotoran serta air hujan.

Perlu dipahami karat yang timbul di rantai menyebabkan suara tidak enak didengar serta mempengaruhi performa motor, selain tidak sedap dipandang. Karena itu, rantai motor perlu mendapat perhatian dan dirawat dengan baik. Caranya pun sangat mudah sebenarnya, seperti ulasan dari Jualo berikut ini.

–> Begini Cara Mudah Merawat Rantai Motor Supaya Awet dan Tahan Lama

Bersihkan Secara Maksimal

rantai motor

Pertama, sebaiknya bersihkan rantai setelah motor digunakan, terutama setelah terkena hujan. Siram rantai menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel.  Karena biasanya, setelah digunakan rantai menjadi lebih lentur sehingga memudahkan pembersihan. Dan Agar lebih maksimal, dianjurkan sepeda motor berdiri menggunakan standar tengah saat rantai dibersihkan.

–> Bikers! Berikut Tips Riding Aman di Tengah Kepungan Banjir

Rutin Cek & Lumasi Rantai

Untuk mencegah karat setelah dibersihkan. Lumasi rantai motor menggunakan pelumas khusus rantai. Patut diingat, sangat tidak disarankan melumasi rantai menggunakan oli bekas atau gemuk karena bisa menambah kotor permukaan komponen tersebut.

rantai motor

–> Penggunaan Masker Picu Jerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rutin Kencangkan Rantai

Setelah itu rutin dibersihkan, hal terakhir yang wajib dilakukan adalah mengencangkan rantai motor secara rutin. Pasalnya, jika motor digunakan setiap hari, tentu rantai mudah kendor. Untuk itu, kencangkan rantai jika sudah kendur agar terhindar dari masalah rantai copot saat perjalanan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram