close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Bikers! Berikut Tips Riding Aman di Tengah Kepungan Banjir

Banjir

Banjir merupakan momok menakutkan untuk seluruh masyarakat, tidak terkecuali para bikers. Selain waspada, sepeda motor perlu mendapat perhatian ekstra agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Banjir yang melanda berbagai wilayah di Indonesia tentunya mempersempit ruang gerak masyarakat. Begitu juga aktivitas para bikers jadi terkendala. Pasalnya, kondisi tersebut dibutuhkan persiapan ekstra, khususnya untuk motor sebagai moda transportasi andalan. karena jika tidak maka tak jarang banyak ditemui motor mogok usai melintasi genangan atau banjir.

–> Buat Bikers! Simak Tips Aman Riding di Musim Hujan Berikut Ini

”Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini sehingga menyebabkan banjir di berbagai wilayah di Indonesia, membuat pengendara motor perlu berhati-hati saat berkendara dalam kondisi banjir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” papar M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM).

Kondisi seperti ini memang tidak bisa dihindari, namun para bikers dapat menerapkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menjaga sepeda motor dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan karena menerobos jalanan yang banjir. Seperti beberapa tips yang diberikan oleh Yamaha berikut ini.

Lihat Kondisi Genangan Air

Mengetahui medan dan kondisi jalan. Jika air banjir sudah melebihi knalpot atau saringan udara, maka sebaiknya tidak melewati jalan tersebut. Apalagi di jalan yang akan dilewati terdapat selokan atau jalan berlubang, air banjir bisa masuk knalpot atau saringan udara. Karenanya kenali medan jalan agar bisa menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jaga Putaran Gas Secara Konstan

Jika terpaksa harus melewati jalanan yang kebanjiran, pastikan ketinggian air masih di bawah knalpot atau saringan udara, lakukan gas motor yang konstan. Jangan tutup gas karena bisa menyebabkan air menutup atau masuk knalpot sehingga mesin motor bisa mati.

–> Penggunaan Masker Picu Jerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika Mati, Jangan Langsung Starter Motor

Jika ketinggian air berlebih dan mesin motor mati karena melewati jalanan yang banjir, jangan langsung starter atau menghidupkan motor karena ada kemungkinan air bisa masuk ke dalam mesin. Lepas busi terlebih dahulu dan cek juga kondisi saringan udara untuk memastikan tidak terdapat air, kemudian starter untuk mengeluarkan air di ruang bakar. Bersihkan juga busi dan tutup busi dan pasang kembali busi. Jika langsung starter atau menyalakan motor tanpa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, bisa menyebabkan “water hammer” akibatnya connecting rod bisa bengkok.

Cek Oli Mesin dan Transmisi

Lakukan pengecekan oli mesin dan oli transmisi. Jika oli tercampur air, oli akan berwarna putih susu, jika itu terjadi wajib dilakukan pengurasan oli. Jika oli tercampur air, pelumasan tidak sempurna karena adanya kandungan air.

Banjir

Periksa Komponen Kelistrikan

Perhatikan juga komponen kelistrikan. Jika komponen kelistrikan basah segera keringkan, sebelum menyalakan mesin.

–> Rekomendasi Makanan Hangat yang Cocok Disantap di Musim Hujan

Bersihkan Sepeda Motor

Setelah melewati banjir, bersihkan / cuci sepeda motor untuk menghindari lumpur atau kotoran yang menempel pada motor untuk hindari karat.

Cek ke Bengkel

Segera ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, cek lokasinya di aplikasi My Yamaha Motor.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram