close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor, Jangan Sampai Overload!

sepeda motor

Tentu kita sering melihat banyak orang kerap membawa muatan berlebihan dengan sepeda motor, padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan

Di kota padat penduduk seperti Jakarta, tidak bisa dipungkiri kalau sepeda motor merupakan alat transportasi favorit masyarakat Indonesia. Dengan harga terjangkau dan irit, roda dua seakan jadi solusi jitu untuk menemani segala aktifitas harian.

sepeda motor-2

Sayangnya, hal tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan mengenai safety riding yang layak. Bisa dilihat dari banyaknya orang yang membawa muatan melebihi dimensi dan kapasitas. Padahal hal tersebut jelas melanggar aturan dan juga berbahaya.

Ganggu Pengendara Lain

Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga berbahaya bagi pengendara lain. Bisa dibayangkan jika Anda membawa barang melebihi kapasitas, Anda tidak bisa melihat pengguna jalan lain yang akibatnya tentu saja fatal karena banyak blind spot yang dihasilkan. Belum lagi, jika barang yang Anda bawa berukuran lebar sangat tidak dianjurkan karena bisa mengganggu kestabilan berkendara.

sepeda motor-3

–> Cara Mudah Menguras dan Bersihkan Radiator Motor di Rumah

Ditambah fakta sepeda motor yang dijual tidak memiliki fungsi untuk mengangkut barang. Kalaupun bisa, kapasitasnya sangat terbatas. Nah, untuk lebih jelas, simak nih tips dari Jualo berikut ketika kalian terpaksa membawa muatan di motor kesayangan.

  1. Bila barang memiliki dimensi yang cukup besar pastikan terikat kencang di jok belakang. Disarankan barang yang dibawa tidak terlalu besar agar tidak membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lainnya.
  2. Pastikan juga mengisi tangki bahan bakar full agar tidak kehabisan bahan bakar saat mengangkut barang supaya tidak direpotkan dengan bongkar pasang barang di SPBU.
  3. Barang yang dibawa tidak boleh menutupi lampu sein, agar saat berbelok pengendara lain dapat melihat lampu sein dengan jelas.
  4. Ukuran barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara dan tidak lebih lebar dari setang kemudi agar tidak menghalangi kaca spion.
  5. Pastikan barang bawaan terikat kencang dan tidak mengganggu keseimbangan sepeda motor.
  6. Untuk motor tipe matik, jika ukuran barang bawaan kecil sebaiknya ditaruh di bawah jok atau di sisi kaki depan pengendara. Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol oleh pengendara ketika sedang berkendara.
  7. Hindari mengangkut barang yang over dimensi over load (ODOL) karena akan membahayakan pengendara dan juga pengguna lalu lintas lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan, yang patut diingat, sepeda motor tidak diperuntukan membawa muatan. Jadi, jika terpaksa melakukannya, pastikan semuanya aman dan sesuai aturan yaa.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram