close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Syarat yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menjual Mobil

Dokumen Jual Mobil

Sebelum menjual mobil, dokumen jadi syarat yang wajib  Anda perhatikan. Karena jika tidak, jangan kaget bila harga mobil menjadi turun. Atau yang lebih buruk, mobil menjadi sulit laku.

Dalam setiap proses jual mobil bekas atau beli mobil bekas, dibutuhkan persiapan yang cukup matang. Hal yang terpenting dalam menjual mobil adalah kelengkapan surat-surat atau dokumen penunjang. Berikut ini merupakan kelengkapan surat-surat atau dokumen yang jadi syarat sebelum menjual mobil.

Periksa BPKB

syarat menjual mobil

BPKB Wajib Diperhatikan Saat Jual Mobil Bekas

BPKB jadi hal yang wajib diperhatikan karena jadi bukti sah kepemilikan kendaraan di mata hukum. Untuk itu, pastikan BPKB Anda aman karena ini jadi dokumen krusial sebuah kendaraan. Setiap halaman di BPKB memuat segala sesuatu tentang identitas mobil tersebut. Setelah itu, perhatikan juga No. BPKB dan No. registrasi Polda.

–> Selain Over Kredit, Begini Cara Ampuh Menjual Mobil yang Masih Nyicil

Periksa STNK dan Lembar Pajak

syarat menjual mobil

STNK 

Berikutnya adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). STNK sangat penting karena mencamtumkan kendaraan yang terdaftar di Indonesia, mulai dari jenis kendaraan, nomor mesin, rangka, nomor polisi, hingga pajak kendaraan tersebut. Jika STNK tidak ada, maka bisa dipastikan Anda akan kesulitan mencari pembeli karena mobil dianggap ilegal.

Periksa Faktur, VIN/NIK

syarat menjual mobil

Faktur Didapat Saat Membeli Kendaraan Baru

Faktur merupakan surat lahir kendaraan. Faktur wajib dimiliki oleh pemilik kendaraan yang baru. Faktur dibuat empat rangkap oleh ATPM. Satu lembar faktur dipegang oleh diler sebagai bukti penerimaan kendaraan dari produsen (pabrikan). Dan satu lembar lagi dipegang oleh pemilik kendaraan kendaraan baru.

Masing-masing faktur tak bisa dipindahkan kepemilikan. Di situ tertulis jelas tujuan faktur. Dokumen satu ini tak kalah penting, karena jika tidak ada bisa-bisa menurunkan harga jual.

–> Jual Mobil Bekas Pakai Pasti Laku Asal Ikut 5 Cara Jitu Ini

Form A

syarat menjual mobil

Form A Wajib Dimiliki oleh Kendaraan CBU

Surat ini berlaku untuk mobil yang berstatus mobil import. Form A ini digunakan untuk mengurus STNK dan BPKB. Form A adalah bukti legal bahwa bea masuk dan pajak mobil tersebut telah dibayar dan dilunasi.

Bagi kamu pemilik mobil import, pastikan bahwa Form A ini selalu anda jaga. Tanpa Form A ini maka mobil anda tidak akan laku atau bahkan tidak bisa dijual. Tidak sedikit proses transaksi jual- beli mobil import gagal karena tidak adanya Form A ini.

Kwitansi Kosong & Fotocopy KTP Pemilik

Kwitansi kosong biasanya diminta oleh pembeli untuk mempermudah proses balik nama. Kwitansi ini wajib apabila pembeli berencana untuk menjual lagi kendaraan kepada pihak lain, contohnya ketika kamu jual mobil bekas ke showroom mobil bekas.

Fotocopy KTP pemilik yang tercantum di BPKB juga biasanya diperlukan untuk kelengkapan biodata pemilik terakhir kendaraan. Dokumen ini berguna untuk mencocokkan berbagai informasi seperti alamat, nomor KTP, dan tanda tangan pemilik pada kwitansi.

–> 12 Desain Rumah Minimalis yang Bakal Tren di Tahun 2021

Surat Jual-Beli

Dokumen Jual Mobil

Surat Jual Beli Wajib Disertakan Saat Transaksi 

Dalam kegiatan jual mobil bekas atau beli mobil bekas tentunya sudah hal yang umum untuk pengadaan surat perjanjian antara kedua belah pihak. Terutama jual mobil bekas atau beli mobil bekas antar individu (perorangan).

Surat perjanjian ini tidak jauh berbeda dengan perjanjian transaksi jual beli barang yang lain. Yang memiliki fungsi pindah tangan kepemilikan kendaraan setelah adanya pembayaran serta menghindari komplain atau gugatan dari pembeli di luar perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

Demikian ulasan mengenai dokumen – dokumen yang hendak Sahabat siapkan sebelum jual mobil bekas kesayangan. Sangat disarankan sebelum jual mobil bekas, persiapkan dokumen selengkap mungkin agar proses jual mobil bekas atau beli mobil berjalan lancar.

Jual Mobil Mudah dan Cepat Lewat Jualo

Bingung jual mobil dengan cepat dan mudah? Usah kuatir Jualo siap membantu Anda menjual mobil dengan cepat dan mudah. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke website Jualo, lalu masuk ke layanan pasang iklan, kemudian ikuti petunjuk yang terrtera.

Sebagai platform jual beli terbesar di Asia, Jualo menawarkan beberapa keuntungan untuk Anda. Diantaranya, layanan bebas biaya, GEO Search yang bisa menjangkau pembeli secara luas. Lalu, fitur premium untuk membantu agar mobil yang diiklankan terjual lebih mudah. Jadi tunggu apalagi, segera jual mobil kesayanganmu di Jualo.com.

–> Jual Mobil di Jualo secara cepat dan mudah sekarang

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram