close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Review BMW 118i Sport Line F40: ‘Si Manis’ dari Negeri Bavaria

bmw 118i sport line f40

Mengisi lini hatchback, BMW 118i Sport Line F40 mungkin tidak sepopuler varian sedan. Padahal, hatchback satu ini memiliki beragam fitur menarik serta menawarkan sensasi berkendara berbeda

Sosok BMW 118i Sport Line F40 sebenarnya dipersiapkan sebagai penerus dari BMW Seri 1 F20, sekaligus penjegal sang kompetitor, Mercedes-Benz A-Class W177 dan Volkswagen Golf Mk.8. Desain sporty dan lebih fresh plus performa yang lebih tajam menjadi senjata andalan BMW 118i Sport Line F40. Berbeda dengan generasi sebelumnya, kini seluruh varian BMW Seri 1 F40 hanya ditawarkan dengan model hatchback 5 pintu.

Poin menarik lainnya dari BMW 118i Sport Line F40 menjadi hatcback BMW pertama kalinya menggunakan lay-out penggerak roda depan atau yang dikenal dengan istilah Frontantriebsarchitektur atau FAAR. Meski sempat mendapatkan kritik tajam dari para BMW enthusiast, namun BMW mengklaim bahwa Seri 1 generasi terbarunya ini tetap mengedepankan handling yang tajam serta aspek fun to drive yang tak kalah menyenangkan dari model BMW lainnya yang menganut konstruksi penggerak roda belakang.

Eksterior: Lebih Manis serta Dinamis

Jika dilihat dari dimensi, BMW 118i Sport Line F40 lebih pendek sekitar 5 mm dari generasi sebelumnya, yakni menjadi 4,319 mm. Namun untuk tinggi dan panjang, BMW 118i Sport Line F40 melar hingga 34 mm menjadi 1,799 mm (tinggi) dan tambah panjang sekitar 13 mm menjadi 1,434 dari generasi BMW Seri 1 F20. Sementara wheelbase juga turut terkoreksi menjadi lebih pendek 20 mm menjadi 2,670 mm dari pendahulunya.

bmw 118i sport line f40- 2

Meski lebih tinggi dan panjang, BMW 118i Sport Line F40 memiliki bobot lebih ringan sekitar 30 kg dari pendahulunya lantaran penggunaan material alumunium pada kap mesin dan bagasi. Selain itu, pada bagian sasis juga mendapatkan penguatan demi membuatnya lebih rigid, sehingga karakter handling menjadi lebih optimal sekaligus tetap nyaman dikendarai.

Tampilan wajah BMW 118i Sport Line F40 Menyiratkan sosok desain yang lebih tajam dan agresif. Desain kidney grille khas BMW dengan balutan warna krom yang kini menyatu pada bagian tengahnya turut diaplikasi pada BMW Seri 1 generasi terbaru ini. Sementara pada bagian air dam terlihat lebih tebal dengan penambahan air scoop yang kini memiliki desain memanjang hingga ke bagian side air splitter yang tetap mengedepankan desain C-shape seperti pada BMW Seri 1 generasi sebelumnya.

bmw 118i sport line f40-3

Sementara pada bagian buritan, BMW 118i Sport Line F40 mencerminkan desain lebih sleek dengan desain garis vertikal pada bagian lampu dan bumper belakang. Lampu belakang dengan irisan tipis LED menjadi opsi, sementara untuk entry level tetap menggunakan bohlam konvensional. Desain rear side air splitter dengan desain C-shape seakan menyatu dengan lower spoiler yang terlihat lebih sporty dengan warna gelap.

Interior: Lebih Lapang & Nyaman

Desain interior premium yang ergonomis dan sekaligus sporty terpancarkan ketika masuk ke dalam All New BMW 118i Sport Line F40 2020. Penggunaan kulit perforated Vernasca terasa sangat nyaman untuk disentuh. Aura desain yang sleek dan tajam juga terpancarkan pada interior dengan desain panel instrumen, kisi-kisi AC dan layar infotainment.

bmw 118i sport line f40-6

Aspek pengendaraan yang mengdepankan fun to drive lebih mendominasi ketika duduk di jok BMW 118i Sport Line F40. Terlebih dengan kehadiran thigh support yang dapat diatur secara elektrik, membuat pengemudi dengan postur tubuh tinggi menjadi lebih nyaman. Dengan postur tubuh penulis yang bongsor sekalipun, tetap nyaman dalam dekapan jok. Dimensi lumbar support juga terasa pas, sehingga tetap mampu menyangga tubuh ketika sekaligus tetap nyaman ketika digunakan dalam perjalanan jauh.

Material jok dengan kombinasi kulit dan fabric membuatnya terlihat berbeda, terlebih dengan hadirnya motif jahitan dual striping warna orange, seolah ingin menyiratkan handling dan performa terdepan khas BMW. Meski hatchback, namun pada jok belakang juga mampu memberikan kenyamanan optimal dengan posisi duduk yang cukup lega. Ketersediaan leg dan head room juga melimpah, bahkan untuk penumpang dengan postur tinggi di atas 170 cm sekalipun. BMW 118i Sport Line F40 memiliki kneeroom lebih lega 33 mm untuk penumpang depan dan pengemudi dan 19 mm lebih lapang untuk headroom penumpang belakang. sementara  untuk penumpang belakang. Kombinasi lapisan kulit dan fabric tetap membuatnya nyaman untuk disentuh.

bmw 118i sport line f40-5

Pada bagian dasbor, memang kental dengan nuansa digitalisasi dan menjadi salah satu bagian dari BMW Live Cockpit Professional. Namun aspek fungsionalitas pada panel instrument tetap optimal dan mudah dijangkau baik dari sisi pengemudi atau penumpang depan. Dasbor juga dilapisi dengan soft leather sehingga nyaman ketika disentuh. Desain dasbor memang begitu sporty dengan lay-out kolom panel serta grille AC yang lebih pipih dan tajam.

bmw 118i sport line f40-8

Sementara pada setir tetap terasa sporty dengan material sport leather yang lebih tebal namun tetap nyaman untuk digenggam. Desain three spoke pada setir memang sangat populer di setiap model BMW, namun pada BMW 118i Sport Line F40 terlihat lebih minimalis dan elegan. Penempatan steering audio control juga semakin mudah dan nyaman untuk dioperasikan dengan menggunakan jari tangan.

Fitur: Lengkap di Kelasnya

Menurut situs Paultan.org, BMW 118i Sport Line F40  juga dilengkapi dengan fitur terkini. Namun tampaknya fitur seperti Dynamic Stability Control (DSC) dengan traction mode (DTC), rem Anti-lock Braking System (ABS) plus Cornering Brake Control (CBC) dan Lane Departure Warning system menjadi fitur standar.

bmw 118i sport line f40-4

Pada sektor infotainment, fitur iDrive 7.0 yang kini lebih intuitif karena bisa dioperasikan melalui layar monitor sentuh 5.1-inch, dengan 4:3 portrait-format display 4:3, bersama dengan fitur seperti voice command dengan aspek hiburan yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Mesin: 3 Silinder yang Bertenaga

bmw 118i sport line f40-7

BMW 118i Sport Line F40 menggunakan mesin tiga silinder berkapasitas 1.500 cc dari keluarga mesin BMW B38A15M0 yang juga digunakan pada MINI Cooper F56 dan BMW X1 & X2 sDrive18i. Mesin yang dipersenjatai single-scroll turbocharger ini mampu menghasilkan tenaga 140 hp dan torsi 220 Nm. Sementara pilihan transmisinya, BMW menyiapkan transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis dengan steptronic dengan 8 percepatan. Transmisi ini juga ditawarkan pada BMW 118d Sport Line F40. Akselerasi 0-100 km/jam mampu ditempuh dengan hanya 8,5 detik saja.

Spesifikasi

DIMENSI (mm)
Panjang                : 4.319 mm
Lebar                     : 1.799 mm
Tinggi                    : 1.434 mm
Sumbu Roda      : 2.670 mm

MESIN
Tipe                       : 3 silinder single scroll turbocharger double VANOS
Kapasitas             : 1.500cc
Daya Maksimal : 140 dk
Torsi Maksimal : 220 Nm

SUSPENSI
Depan                   : Single joint spring strut axle
Belakang              : Multi link rear axle

REM
Depan                   : Ventilated disc brake
Belakang              : Ventilated disc brake

–> Review Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line: Sosok Fashionista yang Eksotik

Kesimpulan

BMW Indonesia memang pernah menjual BMW Seri 1 hatchback meski dengan penjualan yang kurang memuaskan. Namun pada generasi terbarunya kini, tak sulit rasanya bagi All New BMW 118i Sport Line F40 untuk merebut hati calon konsumen Indonesia, khususnya bagi penggemar hatchback. Pada pasar global, All New BMW 118i Sport Line F40 akan kembali menjadi lawan serius bagi Mercedes-Benz A-Class W117 dan Volkswagen golf Mk.8 yang memang merupakan penguasa segment hatchback di pasar Eropa. Namun, sampai saat ini untuk pasar Indonesia hanya tersedia varian tertingginya, yakni BMW M135i yang dibanderol Rp 1,169 miliar.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram