Cara Ampuh Menjawab Jebakan Pertanyaan Interview Kerja
Interview Kerja

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat baru pertama kali melamar kerja tentu merupakan saat-saat yang mendebarkan, khususnya saat memasuki sesi interview kerja. Usah kuatir, berikut Jualo berikan cara ampuh menjawab beberapa pertanyaan yang terkadang menjadi jebakan saat interview kerja.

Dalam melamar sebuah pekerjaan di perusahaan, selain CV kamu tentu saja harus melewatkan tahapan interview kerja dengan pihak HRD atau user. Jika sudah memasuki tahap ini, beberapa faktor sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, setiap cerita dan gerak-gerik yang ditampilkan olehmu bisa dinilai dalam hati oleh HRD perusahaan yang kamu lamar. Khususnya dengan jawaban yang kamu berikan saat diberikan pertanyaan.

Tak jarang banyak orang terkecoh dengan beberapa pertanyaan yang menjebak. Sebenarnya jebakan merupakan salah satu trik dari tim HRD untuk mengorek informasi kamu lebih dalam lagi. Untuk itu, perhatikan beberapa pertanyaan jebakan yang biasanya muncul agar kamu bisa melewatinya dengan baik.

–> 4 Tips Membuat Contoh CV Menarik dan Disukai HRD di Tahun 2021

Gambarkan Diri Anda

Interview Kerja

Deskripsikan Dirimu Secara Tepat di Hadapan HRD

Apa yang ada di benak kamu saat tim HRD bertanya tentang diri sendiri? Gambaran positif atau negatif? Hati-hati, pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar yang kamu miliki. Karakter seorang pekerja merupakan aspek penting bagi perusahaan. Calon pekerja yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. Terutama jika karakter  sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Oleh sebab itu pilihlah 3 kata yang dapat mendeskripsikan diri. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Berikan gambaran karakter  yang sesuai dan pilih kata-kata positif. Misalnya jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan lain sebagainya. Pastikan karakter yang disebut memang sesuai dengan karakter kamu sesungguhnya.

Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan Ini

Pertanyaan ini cukup penting, karena seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang dia tuju. Sehingga biasanya pertanyaan ini muncul kala interview kerja, untuk mengetahui tingkat pengenalan calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan.

Tips dalam menjawab pertanyaan ini, pastikan  fokus pada sisi positif perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat kamu tertarik untuk bergabung.

Alasan Tertarik Bergabung ke Perusahaan Ini

Inrterview Kerja

Beri Alasan Tepat & Logis Saat Ditanya Alasan Ingin Bergabung

Kebanyakan orang tentunya akan menjawab suasana kerja yang lebih nyaman dan gaji yang tinggi. Jangan terkecoh! Pertanyaan ini merupakan usaha untuk mencari motivasi  yang sesungguhnya. Setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Oleh sebab itu pastikan jawaban yang diberikan bukan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Apalagi jika sampai mengutarakan ketidaknyamanan  di perusahaan sebelumnya. Perusahaan yang baru tentu akan menilai dirimu sebagai orang yang tidak mau bekerja keras.

Sebaiknya jawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan positif. Misalnya karena ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat. Atau karena posisi yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan. Pastikan bahwa alasan bergabung lebih karena motivasi yang membangun.

–> 6 Tips Memikat HRD Saat Hadapi Wawancara Kerja

Prestasi yang Sudah Diraih Dalam Karier

Cukup wajar bahwa setiap perusahaan menginginkan calon karyawan yang terbaik. Oleh sebab itu perusahaan biasanya ingin mengetahui pencapaian di masa-masa sebelumnya. Sehingga perusahaan dapat mengukur tingkat keberhasilan jika memutuskan untuk merekrutmu.

Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan dengan baik setiap pekerjaan yang telah diselesaikan di perusahaan sebelumnya. Berikan contoh keberhasilan yang telah diraih sebelumnya. Buktikan bahwa kamu layak diterima di perusahaan idaman .

Jelaskan Rencana ke Depan

Interview Kerja

Beberkan Rencanamu di Masa Depan Secara Detail

Maksud dari pertanyaan ini yaitu untuk mengetahui berapa lama ingin bergabung dengan perusahaan yang dilamar. Jangan sampai ternyata perusahaan salah mempekerjakan seorang ‘kutu loncat’ atau pegawai yang senang berpindah-pindah perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, uraikan untuk tujuan jangka panjang. Pastikan kamu melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana. Jawablah dengan bijak dan pikirkan dengan matang. Jangan sampai menjawab seadanya.

–> Update informasi terbaru seputar Jualo di social media Instagram @jualocom

Berikan Gambaran Tentang Pekerjaan yang Dilamar

Sangat penting untuk mengetahui posisi yang dilamar. Karena hal tersebut berkaitan dengan tugas  di perusahaan tersebut di kemudian hari. Perusahaan pasti enggan mempekerjakan orang yang tidak mengerti apapun tentang tugas-tugasnya. Karena hal tersebut berarti butuh waktu lebih lama untuk membuat pekerja baru beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Oleh sebab itu, pastikan telah mencari informasi terlebih dahulu apa yang kira-kira akan menjadi tanggung jawab. Dengan jawaban yang tepat, maka perusahaan akan merasa bahwa kamu orang yang tepat untuk posisi ini.

Alasan Berhenti di Perusahaan Sebelumnya

Interview Kerja

Berikan Jawaban Terbaik dan Profesional Mengingat Pertanyaan Ini Sangat Penting

Ini adalah salah satu pertanyaan penting. Karena dari jawaban perusahaan dapat menilai karakter dan orientasi seseorang. Biasanya motivasi seseorang berhenti bekerja sangat erat dengan karakter dan orientasinya.

Oleh sebab itu hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan alasan karena sesuatu hal yang profesional. Pastikan juga bukan oleh karena konflik. Fokuslah pada jawaban bahwa ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan bakat.

Hobi yang Disukai

Jangan salah, pertanyaan ini bukan sekedar pertanyaan basi atau random untuk mencairkan suasana. Pertanyaan interview kerja ini muncul untuk menilai apakah secara kepribadian dinilai cocok atau tidak dengan budaya dikantor ini. Jawab dengan sungguh-sungguh, detail dan disertai dengan alasan yang masuk akal.

Gaji yang Diharapkan

Interview Kerja

Berikan Harga yang Pantas dan Sesuai dengan Kemampuan dan Beban Kerja

Berikan patokan gaji yang pantas dan sesuai dengan kemampuan dan beban kerja yang kira-kira akan kamu dapatkan jika diterima bekerja. Serta alasan kenapa harga tersebut pantas kamu ajukan. Biasanya akan ada negosiasi mengenai gaji setelah mengajukan jumlah gaji yang diinginkan, jadi tak masalah jika mengajukan harga paling tinggi di awal.

–> Tips Mencari Lowongan Kerja Secara Online dengan Mudah dan Cepat

Ada Pertanyaan untuk Kami

Jangan jawab ‘tidak’! Karena itu akan membuat pihak perusahaan merasa kamu tidak tertarik bekerja disana. Sebaiknya kamu bertanya seputar budaya, peraturan dan sistem perusahaan. Misal, “benefit apa yang didapat jika bekerja di sini?”, ‘apakah ada uang tambahan untuk lembur?”. Beri pertanyaan yang memang benar-benar ingin kamu ketahui.

Itulah beberapa tips menjawab pertanyaan yang menjebak saat sesi interview kerja dari Jualo. Terus pelajari setiap interview yang dilewati. Tentunya dengan memahami semua pertanyaan yang diberikan tim HRD, pastinya kamu bisa melewatinya dengan sukses.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles