close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

6 Penyebab dan Cara Memperbaiki Klakson Mobil yang Mati

klakson mobil

Klakson mobil merupakan elemen penting yang menyangkut keselamatan saat berkendara. Klakson tidak berfungsi, tentunya membuat perjalanan Anda menjadi terganggu bukan?

Klakson merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh kendaraan bermotor. Namun apa jadinya jika klakson mobil Anda mati saat berkendara? Tentu sangat berbahaya bukan karena tak ada alat untuk komunikasi dengan pengendara lain.

Fungsi Klakson

Seperti dijelaskan sebelumnya, klakson memiliki fungsi sangat penting sebagai alat komunikasi antar kendaraan atau pengendara, sebagai fitur keselamatan yang berguna untuk meminimalkan risiko kecelakaan saat berkendara di jalan raya. Pasalnya, ada beberapa titik blind spot ketika berkendara dan klakson berfungsi sebagai alat pengingat.

Namun, seperti equipment lain dalam kendaraan, klakson bisa saja rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Entah karena dipengaruhi faktor eksternal atau memang ada yang salah dengan kendaraan Anda. Berikut ini kami berikan beberapa hal yang menyebabkan klakson mobil mati dan cara memperbaikinya untuk Anda.

–> Cara Jual dan Beli Barang Preloved Mudah dan Cepat

1. Periksa Sekring

sekring klakson mobil

Seperti diketahui bahwa klakson bekerja dengan memanfaatkan tenaga listrik. Dan sebagai penyalur aliran listrik tersebut diperlukan sekring. Jika sekring bermasalah, maka bisa dipastikan klakson tidak akan berfungsi. Untuk itu langkah pertama yang dilakukan saat klakson mati periksa sekring klakson. Jika putus, maka segera ganti dengan yang baru.

2. Relay

relay klakson mobil

Hal kedua yang jadi penyebab klakson mati adalah relay. Relay merupakan komponen elektrimekanikal yang berfungsi sebagai saklar untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik. Jika Anda sudah mengecek sekring dan tidak menemui masalah, cek relay klakson. Jika sudah rusak, maka segera ganti dengan yang baru agar klakson kembali normal.

–> 10 Hewan Peliharaan Jinak yang Cocok Dipelihara di Rumah

3. Konektor Kabel

konektor kabel klakson

Cukup simpel namun kadang dilupakan banyak orang. Klakson mati bisa juga disebabkan oleh konektor kabel yang kotor lho. Untuk itu, Anda perlu rajin membersihkan komponen yang satu ini dengan cara melepas dan memasangnya kembali.

4. Klakson

jenis klakson mobil

Penyebab klakson mati berikutnya bisa jadi dari klakson itu sendiri yang mungkin saja kemasukan air saat Anda mencuci mobil. Cara memeriksanya, periksa klakson menggunakan kabel yang dihubungkan dengan aki. Jika klakson tidak berfungsi, segera ganti klakson mobil kesayangan dengan yang baru.

5. Cek Saklar Klakson

klakson mobil livina

Jika sudah mengecek keempat hal diatas namun masih belum berfungsi. Anda bisa memeriksa saklar klakson yang ada di kemudi. Untuk hal satu ini, ada baiknya Anda mengunjungi bengkel jika tidak mengetahui cara membuka stir ya. Pasalnya, terdapat banyak komponen vital, seperti airbag yang sangat sensitif dan berbahaya jika Anda tidak mengerti betul komponen satu ini.

–> Cara Memilih dan Rekomendasi Plafon PVC Terbaik untuk Hunian

6. Airbag

masalah airbag klakson mobil

Ini memang jarang ditemui namun tetap saja jika terjadi menyebabkan klakson tidak berfungsi. Airbag yang mengembang tentu membuat klakson mati karena saklar terganggu. Jika mobil Anda mengalami gejala klakson mati dan indikator airbag pada instrumen menyala, lebih baik segera kunjungi bengkel terdekat untuk mengatasi masalah satu ini.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram