close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

10 Hewan Peliharaan Jinak yang Cocok Dipelihara di Rumah

hewan peliharaan

Berikut kami sajikan beberapa rekomendasi hewan peliharaan jinak yang sangat cocok menjadi teman dan menemani Anda di Rumah.

Memiliki hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan tentunya menyenangkan. Selain bisa menjadi teman, keberadaan hewan peliharaan ini bisa juga menjadi sarana melepas penat setelah lelah beraktifitas di luar rumah.

Tapi keputusan untuk memiliki hewan peliharaan bukan merupakan hal yang mudah. Karena memelihara hewan berkaitan dengan komitmen dan tanggung jawab. Oleh karena itu, jika kamu ingin memelihara hewan untuk pertama kalinya pilihlah hewan yang mudah untuk dipelihara dan jinak pastinya. Nah, untuk membantu kamu memilih hewan yang mudah untuk dipelihara, berikut Jualo berikan beberapa rekomendasinya.

1. Kura-kura

hewan peliharaan kura-kura

Reptil yang satu ini termasuk dalam hewan peliharaan yang paling mudah perawatannya. Selain mudah dirawat, harga kura-kura air tawar juga terbilang murah. Nilai lebih lainnya dari kura-kura adalah umurnya yang panjang. Hewan yang dikenal karena tempurungnya ini bisa mencapai usia 30–40 tahun. Selain usianya yang panjang, untuk merawat kura-kura relatif mudah dan murah lho, sekitar Rp 250 hingga 500 ribuan saja setiap bulan.

2. Ikan Hias

hewan peliharaan ikan

Hewan yang satu ini bisa jadi pilihan tepat jika kamu adalah orang yang tergolong sibuk. Memelihara ikan cenderung lebih mudah dibanding hewan lainnya. Tinggal membeli akuarium kemudian isi dengan ikan yang berwarna-warni. Mulailah dengan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Ikan-ikan seperti Ikan Guppy, Ikan Tetra, Ikan Manfis, Ikan Mas Koki,Ikan Koi, hingga Ikan Cupang. Untuk pemeliharaannya, akuarium yang berisi ikan-ikan tersebut cukup dibersihkan satu kali seminggu saja. Oh iya, sebagai pemula, urungkan dulu niat untuk memelihara ikan air laut. Hal ini karena akuarium air laut memerlukan perawatan yang lebih rumit. Dan untuk biaya merawatnya sangat murah, karena hanya memerlukan biaya kurang dari Rp 100 ribuan per bulan.

3. Hamster

hewan peliharaan hamster

Binatang pengerat yang satu ini termasuk salah satu peliharaan yang mudah perawatannya. Tak hanya itu, hamster lucu dan imut. Binatang yang satu ini juga tergolong jinak. Namun jika dibandingkan dengan ikan dan kura-kura, hamster membutuhkan perhatian lebih dalam perawatannya. Salah satunya adalah dengan membersihkan kandangnya ketika mulai kotor. Hewan pengerat cenderung sensitif terhadap kotoran, sehingga mereka mudah stres jika kandangnya kotor. Untuk itu, setidaknya kamu perlu mengganti alas kandangnya sebanyak dua kali sehari. Dan yang menarik untuk perawatan, karena Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 50- 100 ribuan saja per bulan lho.

4. Kucing

hewan peliharaan kucing

Hewan berkaki empat yang satu ini merupakan salah satu yang cukup sering dipelihara. Dibanding dengan mamalia yang lainnya, kucing mungkin salah satu yang paling mudah perawatannya. Apalagi jika kamu memilih untuk memelihara kucing kampung. Syarat utama yang kamu harus lakukan adalah memberinya vaksin. Namun, berdasarkan tingkat kelucuannya, kucing impor merupakan jenis kucing peliharaan favorit.

Kucing jenis Persia, Anggora, Exotic Shorthair, hingga Munchkin, adalah kucing-kucing yang banyak dicari. Tapi kucing-kucing ini perawatannya jelas beda dengan kucing kampung. Hewan-hewan ini perlu dibawa grooming serta diberi makanan kucing khusus supaya sehat. Untuk jenis kucing dengan ras biasa, tentu perawatan serta biayanya juga lebih murah tidak sampai Rp 1 juta per bulan dibanding ras spesial seperti, Persia, Anggora, atau lainnya.

5. Anjing

hewan peliharaan anjing

Kalau hewan yang ini memang sudah dikenal sebagai sahabat manusia. Beberapa jenis anjing yang sering menjadi idaman untuk dipelihara adalah jenis anjing Golden Retriever, Siberian Husky, hingga Corgi. Untuk memelihara anjing pertama kali ada beberapa catatan yang perlu diingat. Pertama, anjing merupakan hewan yang butuh perhatian dan aktivitas. Mereka tidak bisa hanya ditinggal saja di rumah.

Hewan peliharaan ini cocok untuk orang-orang yang senang melakukan aktivitas di luar ruangan seperti berolah raga lari atau jogging. Kedua, jangan sembarangan memberi makan anjing. Uniknya perlakuan dan makanan setiap jenis anjing berbeda-beda. Jadi, memang dibutuhkan komitmen yang kuat untuk memelihara hewan yang satu ini. Sedangkan untuk biaya, diperlukan sekitar Rp 1,5 hingga 2 jutaan per bulan untuk merawat seekor anjing.

6. Kucing Anggora

hewan peliharaan anggora

Hewan peliharaan selanjutnya yang layak Anda pertimbangkan untuk dipelihara adalah anggora. Jenis kucing yang satu ini cukup cantik dan bersih. Namun jika Anda berhasrat untuk memelihara kucing yang satu ini, siapkan budget lebih sebab tak sembarang makanan bisa dikonsumsi oleh kucing jenis ini. Perawatan bulunya yang panjang pun juga perlu diperhatikan. Meski tergolong mudah dipelihara, namun treatment perawatan antara kucing kampung dan anggora jelas berbeda.

Untuk perawatannya, Anda bisa memberinya makanan kucing berkualitas yang mengandung gizi dan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Perhatikan pula tempat tinggal atau kandangnya, jangan sampai justru hal ini membuat kucing Anda sakit-sakitan dan mati. Salah satu ciri kucing anggora yang tidak sehat adalah bulunya yang mulai rontok. Jika Anda sebagai si pemilik mendapati bulunya rontok, konsultasikan segera ke dokter hewan. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya, jika perlu semprot dengan cairan anti septik agar selalu bersih dan higienis. Serta untuk estimasi biaya perawatan, seekor kucing Persia membutuhkan biaya sebesar Rp 800-1 juta per bulan untuk keperluan pakan dan lainnya.

7. Kucing Persia

hewan peliharaan persia

Satu lagi jenis hewan peliharaan yang terkenal lucu namun mudah dalam perawatannya. Yakni kucing persia. Kucing jenis ini memiliki bulu yang indah layaknya anggora, namun dengan bentuk moncong yang lebih unik jika dibandingkan dengan anggora. Persia juga memiliki bulu yang lebih lebat dan tebal, bahkan ukurannya bisa mencapai 2-3 cm.

Kucing jenis ini merupakan kucing yang paling mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Perawatannya pun tak kalah gampang dengan kucing anggora, cukup sediakan makanan kemasan dan air maka kucing persia bisa makan dengan lahapnya. Sesekali Anda juga bisa memandikannya dengan air hangat. Cara ini dilakukan agar bulu-bulu halus yang ada pada kucing persia tersebut tidak rontok dan tetap kuat. Serta untuk estimasi biaya perawatan, Anda harus mengeluarkan uang di kisaran RP 750- 1 juta per bulan untuk merawat kucing Persia.

8. Kelinci

hewan peliharaan kelinci

Siapa yang tidak mengenal hewan satu ini. Bentuknya yang lucu dan imut membuatnya jadi salah satu pilihan hewan peliharaan. Yang paling menyenangkan tentu saja perawatan yang relatif mudah. Untuk biaya bulanan pun tidak mahal lho. Anda hanya perlu mengeluarkan tidak sampai Rp 500 ribu per bulan.

9. Burung

hewan peliharaan burungHewan lainnya yang bisa kamu pelihara adalah burung. Ya, burung jadi salah satu pilihan karena merawatnya mudah serta jinak. Untuk jenisnya, bisa memilih burung Love Bird. Selain suaranya yang bagus saat berkicau, burung ini juga memiliki warna yang beragam, mulai dari hijau muda, kombinasi dengan hijau tua, merah, dan kuning yang menyatu menjadi satu. Lucu bukan?

Selain itu, memelihara burung juga terhitung murah secara biaya. Dalam sebulan, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 300-500 ribuan untuk keperluan pakan dan lainnya.

10. Kucing Himalaya

hewan peliharaan himalaya

Apa jadinya jika sifat anggun dan manja dari kucing Persia digabungkan dengan sifat lincah nan cerdas dari ras Siam? Jawabannya ada pada sosok kucing ras Himalaya. Berbeda dengan kucing yang lain, Himalaya bukanlah keturunan murni, melainkan hasil kawin silang antara Persia dan Siam.

Memiliki bulu tebal dan lembut seperti Persia, Himalaya juga memiliki warna yang serupa dengan kucing siam. Tak hanya penampilan, sifat yang dimilikinya juga merupakan gabungan dari karakter Persia dan Siam. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Sebagai kucing berukuran sedang, Himalaya dewasa memiliki berat badan yang berkisar antara 3kg-6kg. Perawatannya pun gampang-gampang susah. Diperlukan ketelatenan tinggi agar hewan lucu ini tumbuh sebagai peliharaan yang sehat dan juga ceria. Estimasi biaya yang dikeluarkan per tahun untuk merawat kucing jenis satu ini berkisar Rp 1,5 – 2 jutaan per bulan, untuk makanan serta perawatan darurat ke dokter.

Itulah 10 rekomendasi hewan peliharaan jinak yang cocok untuk Anda pelihara di rumah. Tertarik untuk memelihara salah satu diantaranya?

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram