Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Mudik Lebaran
mudik lebaran

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Libur mudik Lebaran telah usai dan kini saatnya kembali beraktivitas seperti semula. Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan pada mobil kesayangan

Setelah menyelesaikan perjalanan mudik Lebaran 2022, sebagai pemilik mobil Anda disarankan melakukan pengecekan terhadap beberapa komponen penting kendaraan. Pasalnya, usai melewati perjalanan panjang, mobil bisa kembali fit saat digunakan untuk menemani kegiatan harian Anda. Apa saja yang perlu dicek? Yuk simak beberapa panduan dari Jualo berikut ini.

1. Ban Mobil

mudik lebaran- 6

Perjalanan panjang mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui, juga muatan mobil yang maksimal, membuat ban bekerja lebih ekstra. Baiknya lakukan pengecekan, dan pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban. Bersihkan kerikil yang menempel. Kemudian lihat tanda keausan ban dan segera ganti jika sudah tidak layak. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

2. Bersihkan Kolong Mobil dan Cek Komponennya

mudik lebaran - 6

Jangan lewatkan bagian kolong mobil untuk dibersihkan dari kotoran dan supaya mudah diperiksa. Cek shock absorber bila ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem. Kondisi kampas rem cakram bisa dilihat langsung, sedangkan rem tromol dapat memperhatikan dinding tromol rem.

3. Periksa Oli Mesin

mudik lebaran- 3

Pelumas punya peran vital untuk melindungi mesin. Volume oli mesin tidak boleh kurang, caranya dengan cek via tongkat pengukur atau dipstick. Pastikan tidak ada perubahan warna oli mesin yang menandakan ada masalah. Apalagi kalau sampai warnanya berubah menjadi coklat susu sebagai indikator pelumas tercampur air.

4. Cek Kondisi Minyak Rem

Rem dapat berfungsi optimal bila minyak rem dalam kondisi prima. Pastikan volume minyak rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya. Minyak rem kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem. Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor.

5. Air Radiator

servis sebelum mudik - 2

Dengan tugas utama sebagai pendingin mesin mobil, pastikan air radiator tidak habis dengan mengecek tabung cadangannya. Periksa pula adanya kebocoran pada selang dan rumah radiator. Apalagi ada lemungkinan radiator terkena lontaran kerikil dalam perjalanan mudik Lebaran.

6. Periksa Cairan Kendaraan Lainnya

Terdapat beberapa item dalam bentuk cairan, seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki, dan air pembersih kaca. Lalu ada juga oli transmisi, baik untuk manual maupun otomatis, ditambah minyak untuk power steering hidrolis. Pastikan volumenya tidak berkurang dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

–> PENTINGNYA SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL SEBELUM BERTRANSAKSI

7. Cek Indikator di Panel Instrumen

Pengecekan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melihat indikator pada panel instrument mobil. Cukup memutar kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen. Jika tidak ada masalah, lanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdengar. Kalau ada, peluang terbaik untuk memperbaiki adalah dengan membawanya ke bengkel terdekat

8. Bersihkan Kabin Mobil

mudik lebaran- 7

Ini juga jadi bagian penting yang tak boleh luput dari perhatian setelah mudik Lebaran. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles