close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Awas Cedera, Begini Cara Mendirikan Moge yang Benar Saat Jatuh

Banyak bikers pengguna motor gede (moge) yang belum mengetahui antisipasi jika sepeda motor sudah terjatuh atau tergeletak saat di jalan raya. Salah satu penyebab utama tak lain karena bobot motor dengan kapasitas mesin di atas 400cc jauh lebih berat dibanding motor cc kecil.

Jika bikers pemilik moge di atas 400cc tidak mengetahui cara mendirikan motor saat terjatuh, tentu bisa membahayakan diri sendiri. Butuh teknik khusus untuk mendirikan motor gede karena jika salah, bisa saja Anda mengalami cedera otot punggung. Untuk itu, bikers pemilik moge wajib mengetahui cara khusus saat mendirikan motor kesayangan saat terjatuh.

Tetap Tenang dan Matikan Motor

Langsung matikan mesin motor usai terjatuh

Yang pertama dilakukan oleh bikers adalah bersikap tenang. Jangan panik dan segera pastikan kunci kontak dalam keadaan mati. Jika motor terjatuh di tengah jalan raya, pastikan kondisi sekitar benar-benar aman dari lalu lalang pengendara lain.

–> Transaksi Lebih Mudah & Aman di Toyota Virtual Expo

–> Lebih Nyaman Dengan Standar Layanan Baru BMW Astra

Gunakan Otot Paha

Biasanya banyak bikers berpikir teknik ampuh untuk mendirikan motor ketika terjatuh dengan mengandalkan kedua otot tangan dan punggung. Namun, hal tersebut sama sekali tidak berlaku untuk moge. Beratnya bobot motor tentu sangat berbahaya jika mengandalkan otot tangan dan punggung. Untuk itu, sebaiknya Anda bertumpu pada kedua otot paha saat coba mendirikan motor.

“Sangat berbahaya apabila kita lebih besar menggunakan otot punggung, ini bisa menyebabkan cedera pada bagian punggung. Sedangkan seharusnya otot tangan hanya untuk membantu saja,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

–> Daftar mobil BMW dijual saat ini bisa dicek di Jualo.com

–> MINI COOPER KHUSUS INDONESIA RESMI DILUNCURKAN

 

Jika motor terjatuh ke sebelah kanan, turunkan standar samping dahulu yang ada di sebelah kiri sebagai tumpuan saat motor sudah berdiri dalam kondisi 90 derajat. Selanjutnya masukan gigi satu agar motor tidak bergerak. Untuk motor sport atau berfairing, posisi stang ditekuk ke arah kanan, di mana handle bar melekat ke tangki.

Saat ingin mendirikan motor, bagian punggung bawah menempel di jok dalam posisi jongkok. Ingat, punggung bagian bawah ini hanya berfungsi menyandar jok bukan untuk mendorong. Lalu posisikan tubuh kita dalam setengah jongkok dan mata harus sejajar eyes level.

Pastikan tangan kiri memegang handle bar dan tangan kanan menggenggam sisi jok belakang yang kuat, serta kedua siku tangan ditekuk kurang lebih sekitar 160 derajat. Selanjutnya, dirikan motor secara perlahan, kekuatan saat mendorong motor berasal dari kedua otot paha.

Safety riding sangat dianjurkan sebelum mengendarai moge

Berikutnya, jika motor sudah berdiri di titik 90 derakat, rebahkan ke sisi kiri di mana standar sudah siap menopang dan lepaskan motor secara perlahan.

Begitu pula sebaliknya, saat motor terjatuh ke sebelah kiri. Hampir sama dengan langkah sebelumnya. Hanya saja menjelang 90 derajat, posisi tubuh kita berputar balik dan bobot motor ditahan paha kanan, dan putar kaki ke kiri untuk menurunkan standar samping.

Mengendarai moge memang membutuhkan teknik tersendiri karena itu diperlukan persiapan khusus. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan safety riding yang sudah marak digalakan oleh berbagai komunitas motor atau pihak Kepolisian.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram