7 Cara Menghemat Listrik di Rumah Supaya Tagihan Tidak Jebol
cara menghemat listrik

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Hemat listrik adalah perilaku bijak paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi, selain menjaga kantong agar tak jebol. Oleh karena itu, simak ulasan cara menghemat listrik berikut ini

Selain sebagai representasi sikap kita untuk lebih menyayangi bumi, hemat listrik juga sangat membantu mengerem pengeluaran supaya kantong tidak jebol setiap bulannya. Karena tanpa disadari, penggunaan listrik yang tidak terkontrol, membuat tagihan bulanan jebol. Padahal, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk pengeluaran lain bukan? Karenanya, berikut Jualo rangkumkan untuk Anda 7  cara menghemat listrik di rumah.

1. Matikan Lampu saat Tidak Dibutuhkan

Ada waktu-waktu yang memang kita sangat membutuhkan penerangan supaya bisa lebih mudah dalam melakukan segala hal. Dan sebaliknya, ada waktu yang memang kita tidak membutuhkan penerangan sama sekali karena sudah terbantu sinar matahari.

cara menghemat listrik-4

Nah, di waktu tersebut, kita bisa memaksimalkan untuk menghemat listrik nih dengan cara mematikan lampu di setiap sudut rumah. Jika Anda sedang bekerja dari rumah, bisa saja memindahkan ruang atau meja kerja ke tempat yang dilimpahi banyak sinar matahari ketika siang supaya tidak perlu memerlukan lampu.

2. Matikan Peralatan Elektronik ketika Tidak Digunakan

cara menghemat listrik-6

Pendingin ruangan, televisi, laptop, komputer, pemutar musik, hingga dispenser tentu saja tidak digunakan setiap waktu. Ketika peralatan elektronik tersebut sudah tidak digunakan, sebaiknya matikan untuk lebih menghemat aliran listrik.

3. Cabut Kabel yang Tidak Digunakan dari Stop Kontak

Cabut colokan kipas angin, colokan ponsel, colokan laptop, diffuser elektronik, hingga colokan televisi jika memang sudah tidak digunakan. Hal tersebut dikarenakan, meskipun colokan tidak digunakan, tetapi aliran listriknya tetap berjalan.

Anda bisa mencabut seluruh kabel atau saklar yang tidak digunakan. Dan tinggal mencolokan kembali jika ingin digunakan. Mudah kan?

4. Gunakan Lampu LED dibanding Lampu Biasa

Tahukah Anda bahwa lampu LED lebih menghemat listrik sekitar 80 hingga 90%. Bahkan, lampu LED juga bisa bertahan hingga 20.000 jam sehingga sangat hemat untuk digunakan dalam jangka panjang.

cara menghemat listrik-3

Hal ini bisa Anda aplikasikan di rumah mulai sekarang dengan mengganti lampu menjadi LED. Selain lebih hemat, umumnya lampu LED juga memiliki cahaya lebih terang.

5. Manfaatkan Ventilasi Udara

Supaya tidak boros dengan menggunakan AC atau kipas angin lebih sering, lebih baik manfaatkan ventilasi dengan lebih baik untuk pertukaran udara. Buka jendela juga ketika pagi hari supaya sirkulasi udara berjalan sehingga udara di dalam rumah tidak sumpek. Selain hemat, pertukaran udara yang baik tentu saja lebih sehat dibandingkan AC yang mengandung freon.

6. Gunakan Listrik Prabayar

Seperti yang kita tahu, penggunaan listrik ada dua macam, yaitu prabayar dan pascabayar. Pada umumnya, masyarakat menggunakan listrik pascabayar yang ditandai dengan meteran model zaman dahulu di rumahnya.

cara menghemat listrik-5

Untuk lebih membuat kita bijak akan penggunaan listrik, lebih disarankan untuk memakai listrik prabayar seperti pulsa atau token listrik. Hal ini berguna untuk mengontrol perilaku penggunaan listrik di rumah.

–> SERING DILUPAKAN, BERIKUT TIPS AGAR AC DI RUMAH LEBIH AWET & HEMAT LISTRIK

7. Jangan Mengisi Daya Peralatan Elektronik Sepanjang Malam

cara menghemat listrik-2

Cara menghemat listrik yang terakhir adalah tidak mengisi daya atau baterai peralatan elektronik sepanjang malam, seperti smartphone atau laptop misalnya. Selain itu, hal ini sebaiknya dihindari karena dapat mencegah kerusakan baterai pada kedua perangkat tersebut untuk jangka panjang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles