close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

10 Tips Membeli Traktor Sawah untuk Pemula

traktor sawah

Untuk membeli traktor sawah, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, terutama untuk para pemula. Apalagi membeli traktor berbeda dengan membeli kendaraan bermotor lain seperti mobil misalnya

Traktor sawah adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah maupun untuk menarik trailer yang digunakan dalam bidang pertanian dan kontruksi. Instrumen pertanian biasanya ditarik atau didorong dengan traktor yang menjadi sumber utama mekanisasi pertanian.

Fungsi Traktor Sawah

Memasuki era teknologi tinggi penggunaan alat-alat pertanian dengan mesin yang modern membantu percepatan proses pengolahan produksi pertanian. Salah satu alat yang umum dan paling sering digunakan adalah Traktor. Traktor merupakan sebuah alat bermesin yang memiliki kemampuan untuk mengolah tanah. Fungsi traktor sekarang telah menggantikan fungsi tenaga hewan seperti sapi dan kerbau dalam pengolahan tanah agar sawah menjadi gembur.

–> Rekomendasi & Pilihan Bumper Mobil SUV Terbaik

traktor sawah-2

Nah, buat Anda sebagai pemula berikut kami berikan 10 hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli traktor untuk lahan kalian. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Membeli Traktor Berbeda dengan Mobil

Perbedaan terbesar saat membeli traktor bekas dan mobil bekas yaitu umur kendaraannya, membeli mobil bekas yang sudah terpakai 25 tahun merupakan ide yang buruk, sedangkan membeli traktor yang sudah terpakai dan masih terawat selama 25 tahun merupakan ide yang baik, karena sebuah traktor dapat bertahan hingga beberapa dekade (1 dekade= 10 tahun).

2. Cek Riwayat Traktor

Saat memilih-milih dan ingin membeli traktor bekas, Anda wajib menanyakan riwayat dari traktor yang Anda pilih, mulai dari riwayat servis dan pergantian sparepart, riwayat masalah yang pernah dialami dll. Hal tersebut penting, karena dapat mempengaruhi performa dan menjadi masalah saat Anda sudah membeli traktor tersebut.

traktor sawah-4

3. Lakukan Pengecekan Traktor

Sebelum membeli traktor bekas Anda harus mengecek beberapa bagian dari traktor tersebut, mulai dari badan traktor, ban, bagian dalam, poros PTO hingga tenaga dan mesin hidrauliknya.

4. Pilih Jenis Traktor Sesuai Kebutuhan

Saat ingin membeli traktor, ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis traktor dan memilih yang sesuai kebutuhan Anda, karena saat ini jenis traktor bervariasi dan difungsikan sesuai dengan medan yang dilalui.

–> Begini Cara Membuat Interior Mobil Tetap Steril di Masa Pandemi

5. Sesuaikan Traktor dengan Ukuran Lahan

Pilih traktor yang ukurannya sesusai lahan Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan pemetaan lahan kembali, karena traktornya terlalu besar.

6. Pilih Transmisi

Sama seperti mobil, traktor ada 2 jenis transmisi yaitu manual dan automatic, sehingga pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

traktor sawah-3

7. Beritahu Prioritas Traktor yang Ingin Dibeli

Dengan memberitahukan prioritas pekerjaan dari traktor yang Anda ingin beli, penjual dapat membantu Anda dengan memberikan rekomendasi mengenai implement yand dibutuhkan dan jenis traktor serta kisaran horsepower, kapasitas hidrolik dan kapasitas angkat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

–> Top 10 Mobil City Car Murah & Terbaik di Indonesia 2021

8. Lakukan Test Drive

Coba lakukan test drive dari traktor yang Anda pilih, supaya Anda tahu traktor ini sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

9. Minta Surat Kepemilikan

Layaknya kendaraan bermotor lainnya, traktor juga memiliki surat bukti kepemilikan.

10. Minta Penjelasan Garansi & Aftersales

Sebelum Anda deal untuk membeli barang tersebut, buat beberapa perjanjian seperti garansi, cara pembayaran, transport pengangkutan barang, hingga after sales service.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram