close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

10 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Memelihara hewan akan selalu menghadirkan kebahagiaan bagi pemiliknya. Kali ini Jualo akan membahas Burung untuk peliharaan yang jinak serta mudah perawatannya. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Memilih burung untuk peliharaan memang tidak sepopuler kucing atau anjing. Namun, bagi sebagian orang burung justru menjadi hewan favorit dan digemari karena suaranya dan warna bulunya yang indah. Bahkan, untuk jenis Beo dan Kakatua bisa dilatih menirukan suara manusia jika dilatih dengan benar.

Namun kedua burung itu memiliki harga dan perawatan yang cenderung mahal. Jika budget terbatas, tentu tidak disarankan memelihara kedua jenis burung tersebut. Nah berikut ini Jualo akan berikan rekomendasi jenis burung yang mudah dipelihara dan harganya terjangkau. 

1. Burung Lovebird

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Sudah bukan rahasia lagi kalau hewan yang satu ini termasuk dalam jenis burung yang mudah dijinakkan. Apalagi warna-warna dan suara burung ini begitu menarik untuk diamati. Burung ini sangat jinak, sehingga terkadang pemiliknya bisa saja melepasnya di dalam ruangan. Ia akan mudah menghampiri tuannya ketika dipanggil. Burung jenis ini bahkan bisa diajari untuk melakukan trik tertentu juga, lho. Jika tidak percaya tengok saja video-video di dunia maya mengenai burung lovebird ini. Tapi tentunya hal tersebut bisa dicapai setelah melalui proses latihan dan penjinakkan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika burung lovebird yang bagus untuk lomba pun harganya bisa mencapai puluhan juta. Padahal sebenarnya harga burung lovebird lokal masih berada pada kisaran Rp200 – Rp300 ribu per ekornya. Dan burung lovebird bisa hidup hingga 15 tahun lamanya.

–> 7 Manfaat Penting Sarang Burung Walet untuk Kesehatan Tubuh

2. Burung Kenari

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Burung kenari telah lama dikenal sebagai hewan yang pintar. Ia bisa dengan mudah menirukan kicauan burung lain. Selain itu, warna dan bentuknya yang mungil juga membuatnya menyenangkan untuk diamati. Perawatannya juga tidak merepotkan karena tidak memerlukan perhatian yang berlebihan. Cukup bersihkan kandang, berikan makan & minum, serta dijemur. Burung ini juga tidak berbahaya untuk anak-anak. Jika dilatih, suaranya pun bisa menjadi merdu, lho. Hal yang menarik adalah harga burung kenari tidak mahal, sehingga burung ini juga termasuk hewan peliharaan yang mudah dipelihara dan murah. Burung kenari loper biasanya dijual dengan harga sekitar Rp60 – Rp200 ribuan dan bisa mencapai usia hingga 10 tahun.

3. Burung Parkit

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Siapa yang tak tahu dengan burung kecil yang penuh dengan warna ini. Burung parkit merupakan salah satu hewan favorit untuk dipelihara, baik itu sebagai hiasan atau sebagai teman bermain. Jika dilatih dengan benar burung parkit bahkan bisa melakukan sejumlah trik layaknya dalam pertunjukkan sirkus. Cara menjinakkannya pun cukup gampang, cukup dengan membiasakan memberi makan langsung dari tangan kamu. Jenis burung parkit sendiri bermacam-macam, dimana biasanya akan berpengaruh pada harga jualnya. Jika kamu ingin mulai memelihara burung ini tidak ada salahnya dengan memilih burung parkit lokal saja. Harga burung parkit lokal cukup murah, hanya sekitar Rp60 ribu per ekornya. Harga ini bisa naik menjadi berkali lipat, apabila burung parkit memiliki kemampuan tertentu. Burung parkit sendiri bisa hidup hingga usia 8 tahun.

–> Propolis, Getah Lebah yang Punya Segudang Khasiat Spesial untuk Tubuh

4. Burung Cockatiel

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Burung paruh pendek yang ini memiliki banyak nama panggilan. Burung Falk, burung Parkit Australia, hingga Kakatua Mini, kerap dijadikan sebutannya. Meski begitu, di kalangan para pecinta burung sendiri tingkat kejinakkan burung cockatiel tak usah diragukan lagi. Hewan ini termasuk dalam jenis burung yang mudah jinak dengan manusia. Jika dilatih dengan benar, ia bisa melakukan trik-trik yang menarik. Tak hanya itu, ia juga bisa menirukan suara-suara di sekitarnya, termasuk suara manusia. Harga burung cockateil per ekornya terbilang lebih mahal ketimbang burung-burung yang telah disebutkan di atas. Seekor burung cockatiel biasanya dibanderol sekitar Rp450 ribu di pasaran. Usia burung cockatiel sendiri bisa mencapai 14 tahun.

5. Burung Cucak Hijau

burung untuk peliharaan cucak hijau

Burung Cucak Hijau banyak diburu para pecinta burung karena memiliki banyak keistimewaan, selain jinak dan mudah dipelihara. Cucak Hijau punya kemampuan menirukan suara burung-burung lain. Burung yang populer sejak zaman dahulu ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia, namun yang paling populer adalah Cucak Hijau Banyuwangi.

Cucak Hijau Banyuwangi dikenal menit karakter yang pemberani dan kicauannya yang khas. Tak heran, burung ini diburu oleh pecinta burung dari banyak daerah bahkan hingga orang-orang luar negeri. Mengenai harganya, Cucak Hijau memiliki banderol mulai dari Rp 400 hingga Rp 600 ribuan tergantung jenisnya.

6. Burung Pleci

burung untuk peliharaan pleci

Burung Pleci merupakan salah satu jenis burung yang mudah dipelihara dan jinak. Sebagai jenis burung kicau, Pleci punya tubuh yang mungil namun terkenal dengan suara kicauannya yang keras dan merdu.

Burung Pleci memiliki ciri fisik yang khas yakni lingkaran putih di sekitar mata. Hal inilah yang membuat sebagian orang lebih mengenal pleci dengan sebutan burung kacamata. Pleci sendiri masuk kedalam suku Zosteropidae, mereka memiliki jumlah dan spesies yang begitu banyak. Harga burung Pleci di pasaran saat ini berkisar di angka Rp 250 ribu per ekor.

7. Burung Murai Batu

burung untuk peliharaan murai batu

Burung Murai Batu juga jadi salah satu jenis yang populer untuk dipelihara karena punya kicauan yang merdu dan keras. Maka tak heran biasanya banyak orang membeli burung ini untuk dilatih dan mengikuti kontes. Sedangkan soal harga, diantara beragam jenis Murai. Murai Batu Medan punya harga paling tinggi. Seekor Murai Batu Medan bisa dibanderol di atas Rp 3 juta. Bahkan, jika sudah sering memenangkan kompetisi harganya bisa mencapai ratusan juta lho.

–> Yuk Kenali Berbagai Macam Esensial Oil Serta Manfaatnya

8. Burung Kolibri

burung untuk peliharaan kolibri

Kolibri merupakan burung kecil dominan warna hitam mengkilap pada tubuhnya. Ciri yang membuatnya sangat eksotis jika dipandang. Burung pemakan madu ini sangat mahir dalam menirukan suara burung lain dengan sentuhan roll dan speed yang sangat indah. Lalu berbicara harga, burung Kolibri memiliki banderol Rp 200 hingga Rp 350 ribuan di pasaran.

9. Burung Perkutut

burung untuk peliharaan perkutut

Salah satu dari jenis burung yang mudah dipelihara dan jinak adalah burung perkutut. Apalagi jika Anda memeliharanya sejak kecil, mereka pasti akan sangat mengenal pemiliknya. Burung perkutut memiliki insting yang kuat. Mereka akan mencoba melindungi pemiliknya jika dirasakan ada tanda bahaya. Ini adalah salah satu kelebihan memelihara perkutut.

Serta yang paling penting, Perkutut merupakan jenis burung yang mudah dipelihara. Nah, jika Anda tertarik di pasaran Perkutut memiliki harga bervariasi mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 700 ribuan per ekor.

10. Burung Merpati

burung untuk peliharaan merpati

Burung merpati adalah burung yang menjadi peliharaan sejak jaman dahulu. Jenis burung ini sangat jinak sekali  dan mudah dipelihara. Bahkan jika sudah mengenal Anda dengan sangat baik, jika di lepas di alam bebas. Merpati akan tetap kembali ke sarang pemiliknya.

Itulah 10 jenis burung jinak dan mudah dipelihara yang mungkin bisa menjadi referensi Anda. Nah, semoga setelah membaca tentang burung-burung di atas, kamu memiliki alternatif hewan peliharaan yang lain. Pada dasarnya, setiap jenis burung bisa menjadi jinak jika diberikan latihan yang sesuai. Tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan yang lucu lainnya. Satu hal yang pasti, burung-burung ini merupakan hewan peliharaan yang mudah dipelihara di rumah.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram