Jangan Panik, Ketahui Penyebab Karburator Banjir & Solusinya
Penyebab Karburator Banjir

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pada motor lawas, pernahkah Anda mendengar istilah karburator banjir? Nah, berikut kami akan berikan ulasan lengkap mengenai penyebab karburator banjir dan cara mengatasinya

Pada motor lawas yang belum injeksi, karburato merupakan komponen penting yang berfungsi mencampur udara dan bahan bakar yang sesuai. Kemampuannya dalam menyuplai bensin ini jelas krusial karena jika tidak dirawat dengan baik, masalah banjir bisa terjadi. Di luar perawatan, memang ada beberapa faktor lain yang jadi penyebab karburator banjir.

9 Penyebab Karburator Banjir

Penyebab Karburator Banjir-4

Bagaimana Anda bisa tahu bahwa mesin mogok atau tidak bisa menyala karena karburator banjir. Ada ciri-ciri yang menandakan saat terjadi banjir pada karburator. Seperti bodi karburator akan terlihat basah kuyup disebabkan bensin keluar melalui lubang hawa. Atau bensin akan sulit masuk ke ruang bakar sehingga mesin pun jadi sulit untuk dihidupkan. Buat lebih jelas, berikut Jualo hadirkan beberapa penyebab lainnya:

1. Salah Merakit Karburator

Penyebab karburator banjir yang paling umum terjadi adalah kesalahan dalam merakit karburator setelah servis atau dari pabrikannya. Biasanya jika Anda servis ke bengkel bukan resmi, perakitan yang tidak tepat sering terjadi.

Penyebab Karburator Banjir-7

Ketidaktepatan dalam merakit ini mengakibatkan beberapa hal seperti pelampung karburator yang terjepit. Jika hal ini terjadi maka pelampung tidak bekerja untuk menggerakan jarum pelampung yang jadi indikator bensin sudah penuh. Pengisian bahan bakar bisa terus berlanjut dan menciptakan kebocoran. Solusi yang bisa dilakukan adalah memasang ulang karburator dengan tepat. Sebaiknya dilakukan di bengkel resmi.

2. Kran Bensin Rusak

Salah pemasangan adalah kelalaian yang bisa diperbaiki dengan memasang ulang, tapi tidak dengan kran bensin yang rusak. Kran tersebut seharusnya memiliki sistem buka tutup ketika motor dinyalakan sehingga bensin dapat diatur penggunaannya.

Penyebab Karburator Banjir-2

Kran yang rusak membuat aliran bensin terjadi terus menerus ketika mesin menyala ke karburator. Dampaknya adalah banjir pada bagian karburator. Kerusakan pada kran bensin ini hanya bisa diperbaiki dengan mengganti dengan yang baru.

3. Jarum Pelampung yang Aus

Setiap karburator dilengkapi dengan jarum pelampung yang berfungsi untuk menutup saluran bensin pada saat suplai sudah penuh. Kerusakan pada jarum ini adalah hal yang wajar karena terbuat dari karet dan bisa saja sudah aus.

Selain aus, jarum ini juga bisa diselimuti kotoran karena Anda tidak menggunakan bahan bakar dengan RON yang tinggi. Kerak akan menempel pada jarum sehingga penutupan saluran bensin tidak sempurna. Apabila penyebab karburator banjir adalah jarum yang sudah aus maka perlu menggantinya. Jika hanya kotor maka tak perlu mengganti melainkan membersihkannya saja.

4. Patahnya Spring Needle Valve

Jarum pelampung tidak hanya bisa aus atau kotor tetapi juga bisa saja patah. Patahnya bagian ini seringkali terjadi ketika Anda menggunakan pelampung dari bahan plastik.

Meskipun jarum pelampung dibuat dari bahan logam, namun patah terjadi pada sambungan dengan pelampung. Ketika patah Anda hanya bisa menggantinya dengan yang baru satu paket dengan pelampung.

5. Salah Menyetel Pelampung Karburator

Jika jarum karburator berfungsi untuk menutup saluran bensin, ada juga komponen pelampung. Komponen ini fungsinya adalah sebagai indikator jumlah bahan bakar yang ada di reservoir. Batas permukaan bensin akan diatur oleh pelampung ini agar konstan.

Penyebab Karburator Banjir-5

Ada jenis pelampung yang terbuat dari logam ada juga yang plastik. Apapun bahan pembuatnya, fungsinya sama karena akan mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung.

Penyetelan pelampung pun harus dilakukan dengan benar, jika salah seperti terlalu rendah maka bensin yang seharusnya masuk ke ruang bakar tidak terkontrol. Di sinilah awal mula banjir yang keluar melalui selang buang di bawah bak karburator.

Kesalahan penyetelan pelampung karburator ini harus diperbaiki, sama seperti ketika harus memasang ulang pelampung karburator dengan benar. Pemasangannya harus pas tidak boleh terlalu rendah.

6. Pelampung Karburator Bocor

Pelampung karburator didesain agar bisa mengontrol permukaan bahan bakar di ruang pelampung. Komponen ini tidak hanya harus disetel dengan benar tetapi juga perlu dicek fungsinya. Kerusakan yang paling sering pada pelampung karburator adalah kebocoran. Ketika bocor maka pelampung tidak bisa lagi mengambang dan mengatur tinggi rendahnya permukaan bensin dalam ruang pelampung.

Dampaknya jarum pelampung atau needle valve yang seharusnya menutup lubang bensin juga tidak bekerja. Bensin yang ada di ruang pelampung pun akan terus menerus mengalir  dan menimbulkan banjir. Kebocoran pelampung tidak bisa diperbaiki, Anda harus mengganti pelampung dengan yang baru agar bisa bekerja dengan baik kembali.

7. Seal Mangkok Karburator Mengeras

Penyebab karburator banjir yang juga sering terjadi adalah seal pada mangkuk karburator yang sudah mengeras akibat penggunaan. Karet seal ini berfungsi untuk menutup bak karburator sehingga bensin tidak keluar.

Penyebab Karburator Banjir-6

Seal ini berada di tengah dan ketika sudah tidak bisa menutup karburator dengan baik, maka muncul rembesan bensin. Artinya bak karburator bocor dan Anda bisa mengganti dengan seal yang baru. Saat ini seal mangkok karbu dijual satu paket dengan jarum pelampung jadi juga bisa jadi antisipasi kalau kerusakan juga terjadi pada jarumnya.

8. Kerusakan Selang Pembuangan

Setiap karburator akan terhubung dengan selang pembuangan yang harus dipasang dengan kencang. Pada saat bensin yang masuk ke mangkuk karburator berlebihan maka akan dibuang melalui selang ini.

Apa yang terjadi jika selang karburator mengalami kerusakan? Tentu saja karburator menjadi banjir, mesin menjadi brebet bahkan mogok. Kerusakan pada selang yang sering terjadi adalah pemasangannya yang tidak kencang sehingga bensin menetes terus menerus.

Bensin hanya akan terbuang percuma dan cara memperbaiki hanya dengan mengencangkan selang saja. Tapi bisa juga selang rusak karena terjadi penyumbatan sehingga bensin akan naik ke atas dan keluar melalui lubang hawa lalu masuk ke ruang bakar. Anda harus mengecek kembali apakah benar terjadi penyumbatan, jika iya maka segera perbaiki agar sistem pembuatan karburator berjalan dengan lancar.

–> Biker, Ternyata Ini Penyebab Busi Motor Hitam & Basah

9. Kondisi Karburator yang Sudah Rusak

Penyebab karburator banjir yang terakhir adalah karburator pada motor sebenarnya sudah rusak. Kemungkinan ini menjadi penyebab terakhir apalagi jika Anda baru saja membeli motor lawas.

Bagi Anda yang menggunakan sepeda motor lawas mungkin saja karburator sudah rusak sehingga tidak bisa mengatur suplai bahan bakar dan udara dengan baik. Kerusakan paling sering disebabkan oleh karat atau kotoran yang telah mengerak. Karburator yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki atau hanya dibersihkan dari kerak saja, tapi Anda harus menggantinya dengan yang baru.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles