close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Review BMW M5 Edition 35 Years: Debut Virtual Sports Sedan BMW Terkuat

BMW M5 Edition 35 Years (exterior)

Eksklusif dijual dengan unit terbatas melalui BMW Eurokars, BMW Indonesia menghadirkan BMW M5 Edition 35 Years sebagai epitome dari sports sedan bagi kalangan segmen eksekutif sukses Tanah Air.

brosur bmw m5 generasi 1
Perkenalan generasi pertama BMW M5

Jika membaca literatur sejarah BMW, di tahun 1985 adalah momen debut perdana BMW M5. Dirancang berdasarkan pengembangan dari BMW M535i dari tahun 1984, sang sports sedan menggunakan mesin 3.5 liter 6-silinder dengan teknologi Bosch Motronic, hasilkan tenaga 286 hp dengan top speed 245 km/jam. Dijual seharga 80,000 DM (German Marks), BMW M5 (E28) hanya butuh 6.5 detik untuk berlari dari 0-100 km/jam.

BMW M5 all generation
Keluarga BMW M5 generasi pertama hingga generasi terakhir

Meloncat jauh 35 tahun kedepan, BMW M5 menjelma menjadi simbol sports sedan 4-pintu terkencang dari BMW. Masing-masing dari total 6 generasi BMW M5 menorehkan diri sebagai puncak performa terbaik dari skuad bavaria. Satu contoh adalah adalah BMW M5 generasi ke-4 (E60) produksi tahun 2005-2010, yang menggunakan mesin “turunan” dari tim balap Formula 1 BMW Sauber F1 Team, yakni 5.0 liter V10 naturally aspirated.

BMW M5 & BMW M5 edition 35 Jahre
Sosok generasi pertama BMW M5 & BMW M5 Edition 35 years

Perkembangan terakhir BMW M5 kini terpusat pada generasi keenam, atau BMW M5 berkode bodi F90. Dan pada generasi inilah lahir edisi spesial BMW M5 Edition 35 Years yang hanya diproduksi eksklusif 350 unit di dunia, dan Indonesia hanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas.

Hal ini disampaikan dalam launching virtual BMW Indonesia bersama BMW Eurokars melalui platform Zoom, Jumat (3/4) lalu. “Selama enam generasi, dinamika berkendara BMW M5 terus membaik, namun sedan performa tinggi ini selalu tetap setia pada karakternya sendiri. Sebagai model independen yang didasarkan pada BMW Seri 5, model ini tawarkan tambahan yang sangat penting dalam hal kinerja sambil mempertahankan antusiasme murni terhadap dunia balap. Konsep mesin high – revving , teknologi suspensi distinktif yang selaras sempurna dengan tenaga mesin yang luar biasa, dan fitur desain spesifik M yang mengoptimalkan pemasukan udara dan kinerja aerodinamisnya, semua menjamin pengalaman berkendara optimal yang diwarnai kecepatan dan presisi – ciri khas BMW M5,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia.

Lalu apa spesialnya sang mobil yang memiliki nama lain BMW M5 Edition 35 Jahre ini?

BMW M5 Edition 35 Years: Tetap Perkasa Berkat Ubahan Luar Dalam

BMW M5 Edition 35 Years (exterior)
Eksterior BMW M5 Edition 35 Years mendapat perlakuan khusus

Mengambil basis dari BMW M5 Competition, BMW M5 Edition 35 Years memiliki presensi atletis nan tegas. Berkat status sebagai edisi spesial ini pula, yang mengakibatkan secara eksterior sports sedan ini mendapatkan perlakukan khusus.

BMW M5 Edition 35 Years mengadopsi corak warna Frozen Dark Grey II Metallic dari BMW Individual, dirancang khusus agar menghasilkan efek satin matte. BMW mengadopsi material Carbon-Fiber Reinforced Plastic (CFRP) untuk area atap, headlight BMW Laserlight, velg 20 inci M light alloy Y spoke style 789M berkelir Graphite Grey. Aksen kelir warna high gloss black juga disajikan pada area side gills, kidney grille, dan rear apron.

BMW m5 edition 35 years (interior)
Interior BMW M5 Edition 35 Years dikemas dengan trim khusus

Senada dengan pendekatan di sisi eksterior, untuk interior BMW M5 Edition 35 Years juga menampilkan citra eksklusif melalui aksen aluminium carbon structure gold anodized sebagai trim finisher. Untuk menandakan model ini spesial terdapat pada bubuhan ukiran “M5 Edition 35 Jahre 1/350″ di area cupholder cover , dan door sill “M5 Edition 35 Jahre”.

Di luar hal tersebut, BMW menjanjikan pendekatan yang lebih sporty kepada pengemudi dan penumpang melalui M Multifunction Seats berlapis BMW Individual Merino full leather trim yang memadukan warna hitam dan aksen kontras beige. Untuk hiburan tetap menggunakan layar 12.3 inci sentuh yang menjalankan BMW Operating System 7.0, BMW Live Cockpit Professional sebagai instrument cluster, dan sistem audio dari Bowers & Wilkins.

Baca Informasi Terbaru di Jualo.com:

 –> Jualo & Kick Avenue Hadirkan Pengalaman Beli Sneakers #DiRumahAja

–> Memahami Beda Mobil Listrik & Mobil Hybrid di Indonesia

–> Cek informasi mobil dijual di Jualo.com

BMW M5 Edition 35 Years: Teknologi Tinggi untuk Taklukan Tenaga Monster 625 HP

bmw m5 edition 35 years
Sosok mesin 4.4 liter V8 M TwinPower Turbo

Dalam hal performa, BMW M5 Edition 35 Years banyak mengambil teknologi yang disematkan pada BMW M5 Competition, edisi paling “hardcore” dari BMW M5 berkode F90 ini.

Contoh paling jelas ialah dalam hal jantung performa, dimana BMW M5 Edition 35 Years memaksimalkan mesin 4.4 liter V8 M TwinPower Turbo dan sistem transmisi 8-Percepatan M Steptronic transmission dengan Drivelogic, sehingga bisa menyajikan tenaga ‘monster’ sebesar 625 hp dan torsi 750 Nm.

BMW M5 xDrive Mode
Pilihan sistem penggerak BMW M xDrive sebagai standar di BMW M5

Agar figur tenaga sekelas supercar tersebut bisa dieksplorasi secara maksimal, untuk pertama kalinya dalam sejarah BMW M (single digit & bukan versi SAV) mengadopsi sistem penggerak all-wheel drive M xDrive dengan Active M Differential di area rear axle.

Hasilnya? Jika stopwatch sudah menunjukkan waktu 3.3 detik, maka BMW M5 Edition 35 Years sudah berada di kecepatan 100 km/jam sejak start dalam kondisi diam.

Kalau top speed?

Berdasarkan klaim BMW, plus tergantung skill pengemudi, BMW M5 Edition 35 Years secara teknis sanggup dipacu hingga 305 km/jam. Dengan catatan, mobil sudah lewat masa running in (atau populer disebut masa inreyen) dan odometer sudah mencatat penggunaan mobil melewati 2000 km.

engine chassis BMW M5
Detil suspensi Adaptive M Suspension dan M Carbon Ceramic Brake

Terkait handling, BMW mempercayakan sistem suspensi Adaptive M suspension dengan Variable Damper Control, dan sudah di-set agar lebih rendah sekitar 7 mm dari versi “standar”.

BMW juga memilih rem M Carbon Ceramic Brake dengan perbedaan diameter untuk roda depan (400×38 mm, 6 pot) dan roda belakang (380×28 mm, 4 pot). Dan untuk memanjakan indera pendengaran, BMW memasang M sports exhaust system dengan black tailpipe.

Di luar hal teknis tersebut, BMW M5 Edition 35 Years tetap mengandalkan BMW M Setup untuk memberikan banyak keleluasaan kepada pengemudi dalam mengatur agresifitas sang sports sedan.

Tombol M1 & M2 ditempatkan di lingkar kemudi BMW M5 Edition 35 Years

Pengemudi bisa memilih tingkat respon mesin, kekakuan suspensi, respon & bobot kemudi, sampai respon DSC (Dynamic Stability Control) beserta pilihan mode penggerak M xDrive (4WD, 4WD Sport, dan 2WD). Semua konfigurasi tersebut bisa di-simpan sebagai preset M1 atau M2 yang tombolnya terletak di lingkar kemudi.

–> Daftar mobil BMW dijual saat ini bisa dicek di Jualo.com

> Tips Perawatan Lampu Mobil yang Simpel

BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Terbatas, Harga Rp5 Miliar

BMW m5 edition 35 years front
BMW M5 Edition 35 Years dibanderol off-the-road Rp5.169 Miliar

Berapa harga yang pantas ditebus untuk memiliki salah satu dari 350 unit eksklusif BMW M5 Edition 35 Years? BMW Indonesia secara khusus memasang banderol harga mobil ini secara off-the-road di angka Rp5.169 Miliar, sehingga menempatkan mobil ini sebagai mobil termahal mereka saat ini.

Model ini secara eksklusif hanya akan dijual melalui jaringan dealer BMW Eurokars yang didapuk sebagai representasi penjualan dan pelayanan aftersales BMW M. Setiap model sudah termasuk BMW Service Inclusive 5 tahun/60 ribu km, BMW Warranty 36 bulan, dan BMW Group Tire Coverage selama periode garansi. Ini belum termasuk program ‘M Intensive Training’ dari BMW Driving Experience, di mana pemiliknya bisa mendapat kesempatan untuk menguasai semua fitur sang sports sedan asal Bavaria ini.

> Kini jual mobil bisa lebih cepat dan mudah menggunakan layanan CARRO Indonesia

Spesifikasi BMW M5 Edition 35 Years

  • Mesin : 4.4 liter V8 M TwinPower Turbo Technology
  • Transmisi & Sistem Penggerak : 8-Percepatan M Steptronic transmission/ all-wheel drive M xDrive w/ Active M Differential
  • Performa: 625 hp @ 6.000 rpm / 750 Nm @ 1.800 rpm – 5.800 rpm
  • Dimensi : 4966x1903x1469 mm ( panjang x lebar x tinggi), 2982 mm (wheelbase)
  • Velg : 20 inci M light alloy Y spoke style 789M Graphite Grey
  • Suspensi : Adaptive M Suspension w/ Variable Damper Control
  • Rem : M Carbon Ceramic Brake

–> Temukan berbagai produk dan promo terbaru hanya di Jualo.com

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram