close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Review Mitsubishi Fuso Canter FE 74: Pilihan Tepat untuk Usaha Anda!

Mitsubishi Fuso Canter

Siapa yang tidak mengenal kiprah Mitsubishi Fuso Canter, ‘Si Kepala Kuning’ yang legendaris dan setia selama puluhan tahun menemani konsumen di Indonesia

Truk ringan yang masuk ke dalam segmen light duty memang jadi favorit para pelaku usaha ketika menginginkan daya angkut besar namun tak terlalu menginginkan kendaraan niaga yang berdimensi terlalu besar, salah satunya Mitsubishi Fuso Canter.

Truk legendaris dari Mitsubishi ini kerap jadi pilihan utama pada pelaku usaha di Tanah Air karena memang dikenal memiliki mesin tangguh yang sesuai dengan kondisi di Tanah Air. Namun dari sekian banyak model yang ada, kami akan ulas secara lengkap Mitsubishi Fuso Canter FE 74. Penasaran? Simak reviewnya berikut ini.

–> Review Isuzu Traga: Pick Up Rasa Truk yang Nyaman & Bertenaga

Sejarah

Berawal dari tahun 1970, saat PT New Marwa menjadi distributor resmi Mitsubishi Colt Diesel T100, sambutan positif dari model truk pertama tersebut menjadikan tombak kesuksesan KTB. Besarnya respon masyarakat pun mendorong New Marwa menghadirkan generasi penerusnya yakni T120

Tepat pada tahun 1973, PT New Marwa berubah nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang kemudian menghadirkan generasi ketiga dari Mitsubishi Fuso, yakni Canter T200.

Eksterior depan Mitsubishi Fuso Canter

Barulah Tipe FE101 dan FE111 yang berwarna kuning muncul di tahun 1979, diikuti kehadiran 104 di tahun 1984 sebagai Colt Diesel 4 ban.  Kedua truk inilah yang menjadi awal dari julukan truk “kepala kuning” yang sangat sukses di pasaran kala itu. Awal dari julukan itu bermula saat KTB menggunakan warna khas kuning pada kedua unit terbarunya, yang hingga kini menjadi ciri khas dari produk KTB.

Singkat cerita, di tahun 2007 jadi era baru bagi Mitsubishi Canter dengan tampilan yang berubah total sesuai regulasi Euro 2. Tak hanya tampilan, teknologi yang diusungnya ikut berubah dengan menyematkan Mitsubishi Fuso In Dash Gear Shift. Sebuah inovasi merupakan inovasi pertama kendaran niaga yang merubah posisi tuas transmisi menyatu dengan dashboard sehingga lebih modern.

Desain: Ikonik & Timeless

Eksterior belakang Mitsubishi Fuso Canter

Menilik desain, Mitsubishi Canter masih menggunakan tampilan ikonik. Seakan tersirat Mitsubishi masih mempertahankan tampilan lama meski zaman terus berubah. Ya nyatanya memang para pebisnis ulung mengandalkan produk satu ini bukan dalam hal desain namun ketangguhannya sebagai kendaraan angkut. Sisi depannya menggunakan Front Grille hitam dengan bermahkotakan krom mengilap. Dipadu dengan lampu berukuran besar menjadikannya sangat mirip dengan siluet wajah pria berkumis. Berwibawa dan tangguh menjadi satu paduan pas yang membuatnya terlihat ikonik.

Tidak banyak hal yang bisa diceritakan pada sisi belakang. Seperti truk pada umumnya, fitur lampu menjadi hal yang paling diamati. Untuk urusan tersebut, Mitsubishi Fuso FE 74 menggunakan Rear Combination Lamps yang mengintegrasikan lampu Stop dan lampu sein. Selain memberi kesan modern, fitur tersebut terbilang mumpuni untuk masalah pencahayaan di malam hari.

–> 12 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru di Bawah 3 Jutaan Mei 2021

Interior: Ergonomis dan Praktis

Merambah ke sektor interior, Mitsubishi Canter menghadirkan hal-hal menarik yang mengikuti zaman modern. Aspek praktis dan ergonomis menjadi sensasi pertama ketika memasuki kabinnya.

Kabin Mitsubishi Fuso Canter

Terdapat banyak sekali fitur wadah pada dashboard FE 74. Tentu menjadi suatu keunggulan bagi pengendara nantinya untuk menaruh barang-barang penting seperti surat jalan, kartu Tol, SIM, dokumen dan sebagainya. Sementara itu, untuk masalah desain dasbor, tampilannya terlihat cukup minimalis dengan dominasi warna hitam. Meski sedikit terlihat standar, namun kami tekankan kembali bahwa mobil ini bukan unggul dalam hal eksterior maupun interiornya namun lebih ke arah kemampuan angkut sebagai modal bisnis Anda.

Untuk bodinya yang besar, Mitsubishi memberi kemudahan dengan menghadirkan teknologi Tilt dan Telescopic Steering pada kemudi setirnya. Fitur tersebut mampu mengatur posisi ternyaman sesuai postur tubuh pengendara yang bisa Anda atur sedemikian rupa. Tak lupa, teknologi Power Steering juga disematkan sehingga Anda dapat melakukan manuver dengan lihai dan responsif. Tentu dengan hadirnya teknologi tersebut, bobot bodinya dan daya angkutnya yang besar, sudah tidak menjadi hambatan untuk melakukan manuver lebih handal.

Stir Mitsubishi Fuso Canter

Ada hal menarik yang kami temui pada aspek kursinya. Mirip dengan Suzuki Carry Pick Up. Tuas transmisinya disematkan pada dasbor dan tidak dipasang di samping kursi pengendara seperti kendaraan umumnya. Hal tersebut nyatanya beralasan, pemasangan tuas transmisi di dasbor Mitsubishi Fuso Canter FE 74 membuat adanya satu kapasitas renggang pada kursi tengahnya. Sehingga, kabinnya mampu diisi oleh tiga orang sekaligus. Berbeda dengan kendaraan lainnya yang memiliki tuas transmisi di sisi kursi sehingga hanya mampu mengangkut dua orang saja. Menarik bukan?

Fitur: Praktis & Fungsional

Dari segi perlengkapan, fitur Mitsubishi Fuso Canter FE 74 HD 2017 juga tampil lengkap di beberapa aspeknya. Fokus pada sisi praktis di banyak hal sehingga membuat perawatan dan pengecekan mesin diklaim lebih mudah.

Head Unit Mitsubishi Fuso Canter

Pertama, FE 74 memiliki kapabilitas yang disebut kabit jungkit. Kabin bisa terangkat mudah ke arah depan dan segala komponen mesin dapat diamati lebih mudah. Tak hanya itu, jok kursi juga bisa diangkat dan Anda bisa mengamati mesinnya dari dalam kabin. Fitur ini dinamai sebagai Inspection Lid oleh Mitsubishi. Sehingga, cukup mudah rasanya bagi teknisi atau Anda sekalipun untuk melakukan perawatan serta pengecekan mesin.

Sementara dari sektor hiburan, Mitsubishi juga telah menyiapkan beberapa fitur hiburan untuk mengusir rasa bosan dan kantuk bagi pengendara. Sebut saja, panel Head Unit pada dasbornya terbilang cukup menarik. Selama berkendara, Anda dapat mengoperasikan musik lewat berbagai format modern seperti radio, WMA, MP3 dan WAV. Bermerek JVC, sistem audionya juga menyediakan fitur Equalizer yang memiliki fungsi untuk mengatur kualitas audio sesuai keinginan Anda.

Speedometer Mitsubishi Fuso Canter

Tak lupa kami juga menginformasikan, di balik kemudi setirnya terdapat Tachometer yang didesain cukup modern. Panel tersebut mampu menyajikan informasi terkini seputar kendaraan layaknya tingkat kecepatan, sisa bahan bakar dan jarak tempuh.

–> Bensin Oktan Tinggi vs Rendah, Lebih Baik Mana?

Mesin: Tangguh

Mesin Mitsubishi Fuso Canter

‘Tangguh’ itulah satu kata yang cocok menggambarkan dapur pacu truk satu ini. Menggunakan mesin 3.908cc dengan Turbo Intercooler, mesin tersebut sanggup menyemburkan daya maksimum di angka 125 PS di 2.900 rpm dengan torsi puncak 33 Kg.m pada putaran 1.600 rpm. Meski mmeiliki tenaga yang cukup besar, mesin diesel berkode 4D34-2AT8 tersebut nyatanya tetap irit bahan bakar. Hal inilah yang jadi keunggulan utama Mitsubishi Canter dibanding kompetitor.

Spesifikasi

DIMENSI (mm)
Panjang                : 5.960mm
Lebar                     : 1.970mm
Tinggi                    : 2.145mm
Sumbu Roda      : 3.350mm

MESIN
Tipe                       : 4D34-2AT8 4 Silinder Sejajar Turbo Intercooler Pendingin Air
Kapasitas             : 3.908cc
Daya Maksimal : 125 Hp
Torsi Maksimal : 324 Nm

SUSPENSI
Depan                   : Laminated Leaf Springs dengan Shock Absorber
Belakang              : Laminated Leaf Springs dengan Shock Absorber

REM
Depan Kaki         : Sistem Hidraulis dengan Vacuum, Servo Assistance dan Dual Circuit
Rem Pembantu : Sistem Gas Buang

Kesimpulan

Mitsubishi Canter sangat cocok buat Anda yang mencari sebuah kendaraan niaga yang dapat memberikan kenyamanan serta mesin tangguh di kelasnya. Ditunjang dengan dimensi serta kapasitas kargo luas, membuat truk ini layak dijadikan referensi untuk Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram