close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Program Tapera, Solusi Miliki Rumah dengan Dana Terbatas

Melalui program Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat), masyarakat berpenghasilan rendah kini mendapat kesempatan besar memiliki rumah. Mau tahu caranya? Simak artikel berikut ini.

BP Tapera atau Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat dapat membantu masyarakat berpenghasilan Rp1,7 juta sampai Rp8 juta untuk memiliki hunian idaman mereka. Kalian yang ingin mengikuti program ini hanya perlu menabung sebesar Rp150 ribu per bulannya lho.

“Untuk mendapatkan pembiayaan dari BP Tapera, maksimal penghasilan keluarga (suami istri) sebesar Rp8 juta dan penghasilan individu Rp8 juta,” ungkap Komisioner BP Tapera, Adi Setianto.

Menurut Adi Setianto, keberadaan Tabungan Perumahan Rakyat membuat MBR memiliki kesempatan untuk memiliki hunian yang layak setelah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan program ini, berikut persyaratan yang wajib dimiliki:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Minimal berumur 18 tahun
  3. Telah atau belum menikah
  4. Berpenghasilan (MBR diutamakan)

–> Hal Dasar yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah KPR

–> Tips Memilih Jasa Travel untuk Keluarga yang Aman dan Terpercaya

 

Menurut PP Penyelenggara Tapera Pasal 5, pemerintah mewajibkan masyarakat pekerja dan pekerja mandiri untuk mengikuti program yang satu ini. Oleh karena itu, baik pekerja atau pemberi kerja (perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau badan lainnya yang memperkejakan tenaga kerja) wajib untuk mendaftar menjadi peserta Tapera.

Program yang satu ini mewajibkan peserta untuk membayar iuran agar bisa mendapatkan hunian. Menurut Adi Setianto, iuran yang harus dibayarkan adalah sebesar tiga persen dari gaji atau upah agar peserta bisa mendapatkan fasilitas pinjaman untuk memiliki rumah pertama dengan suku bunga yang terjangkau.

“Misalnya milenial dengan pendapatan Rp1,5 juta per bulan bisa menyisihkan tiga persen atau Rp150 ribu dari gaji untuk iuran Tabungan Perumahan Rakyat. Dalam setahun, milenial sudah mendapat sekitar Rp1,8 juta,” sambung Adi Setianto.

–> Mitsubishi Resmi Luncurkan Xpander Edisi Spesial dan Terbatas

Program ini dapat membantu milenial atau masyarakat yang sulit mendapatkan pinjaman perumahan dikarenakan banyaknya syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Hadirnya BP Tapera juga bermanfaat untuk mengakomodasi kebutuhan dari masyarakat usia produktif dalam sektor perumahan melalui pembiayaan berbasis tabungan.

Selain itu, terdaftar di program ini juga sangat bermanfaat untuk peserta yang sudah memiliki rumah. Manfaat tersebut diantaranya adalah peserta dapat mendapatkan biaya renovasi rumah sebesar Rp15 juta dan peserta dapat membangun rumah di lahan milik sendiri.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram