Jangan Asal Keren, Simak Plus Minus Gunakan Motor Trail Buat Harian
motor trail

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buat kalian yang ingin membeli motor trail atau off road buat harian, sebaiknya mengetahui plus minusnya terlebih dulu

Motor off-road atau motor trail kerap digunakan tidak hanya untuk menerabas jalan yang sulit dilewati. Banyak pecinta roda dua yang memilih motor ini sekedar untuk kegiatan sehari-hari di perkotaan. Lantas apa kelebihan dan kekurangan menggunakan motor off road untuk harian? Berikut penjelasannya.

Lucky selaku Manager Safety Riding Astra Honda Motor mengatakan salah satu yang dapat dirasakan dari motor untuk harian adalah kenyamanannya. Menurut Lucky, ban pada motor trail atau off road cukup berbeda dari motor lainnya. Selain ban, pengendalian motor off road juga membutuhkan keterampilan yang berbeda.

Kelebihan

Motor trail sebenarnya diperuntukkan untuk off road atau menerabas kontur jalan yang kurang rata, sehingga hal ini jadi poin plus, di mana kerap ditemui jalanan kurang baik di Indonesia. Selain itu, travel suspensi yang tinggi membuat motor ini aman digunakan ke mana saja tanpa takut mentok.

motor trail-2

Travel suspensi yang tinggi membuat motor ini siap diajak melewati medan jalan berat atau lumpur

“Kalau untuk melibas jalan-jalan yang rusak memang lebih nyaman untuk naik motor off-road. Tapi jangan naik-naik ke atas trotoar ya, tetap ikuti aturan lalu lintas meskipun motornya mampu,” kata Lucky.

Kekurangan

Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa motor trail memiliki jenis ban berbeda atau yang kerap disebut dengan ban tahu. Ban seperti ini kurang nyaman jika digunakan pada jalan aspal, selain itu grip yang dihasilkan juga kurang baik karena ban ini diperuntukkan di medan jalan off road. Ada baiknya, jika Anda ingin menggunakan motor ini buat harian, ganti ban dengan model supermoto agar tetap nyaman saat berkendara.

motor trail-3

Ban tahu yang membuat motor tidak nyaman digunakan di jalan aspal

–> YAMAHA WR 155 R MAKIN SPORTY DENGAN BALUTAN WARNA DAN GRAFIS BARU

Kekurangan lainnya adalah, struktur kendaraan dan travel suspensi lebih tinggi dibanding motor biasa. Sehingga buat Anda yang memiliki tinggi kurang dari 170 cm sangat merepotkan untuk menggunakan motor ini di tengah kemacetan lalu lintas kota besar seperti Jakarta.

Selain itu, kapasitas tangki yang kecil juga bisa jadi pertimbangan lain untuk Anda yang tidak suka sering mampir ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). Karena umumnya, motor untuk off road hanya memiliki kapasitas tangki sebesar 4,5 sampai 5 liter saja.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles