Spion Elektrik Mobil Rentan Rusak, Apa Saja Penyebabnya?
spion elektrik mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan, kehadiran spion elektrik di mobil faktanya lebih rentan mengalami kerusakan lho dibanding spion manual

Seiring perkembangan teknologi dan zaman, mobil keluaran terbaru kini banyak yang dibekali dengan fitur electric retractrable mirror atau spion lipat elektrik. Dengan hadirnya fitur spion elektrik ini tentu saja sangat memudahkan Anda saat berkendara Ketika melewati jalanan sempit atau berpapasan dengan kendaraan lain, sehingga tanpa perlu melipat spion secara manual.

Sayangnya, makin canggih teknologi makin rentan pula terhadap kerusakan. Hal ini terjadi pula pada fitur spion lipat elektrik, di mana banyak ditemukan kerusakan yang sebenarnya disebabkan oleh kebiasaan si pemilik mobil itu sendiri. Berikut ini Jualo sudah rangkumkan untuk Anda beberapa penyebab rusaknya spion lipat elektrik mobil:

1. Disenggol Kendaraan Lain

spion elektrik mobil - 2

Salah satu sebab spion lipat elektrik jadi rusak adalah karena disenggol oleh pengguna jalan lainnya sehingga mekanisme gear (roda gigi) penggeraknya rusak dan patah. Kalau sudah rusak parah, spion tidak dapat digerakkan secara otomatis lagi.

2. Kemasukan Kotoran dan Air

Penyebab lain kaca spion elektrik mengalami kerusakan karena adanya celah yang membuat air masuk ke dalam komponen spion. Perlahan tanpa disadari, kondisi tersebut dapat memicu kerusakan.

tombol spion elektrik mobil

3. Sekering Putus

Ketika kamu menekan tombol penggerak namun spion tidak bergerak sama sekali, bisa jadi sekeringnya putus. Sekering memiliki fungsi sebagai pengaman ketika ada lonjakan arus listrik dari kondisi normal. Setelah sekering diganti, pastikan tidak ada masalah di sistem kelistrikannya supaya tidak memicu masalah lebih besar.

–> HUJAN DAN ANGIN KENCANG, WASPADAI ANCAMAN POHON TUMBANG

4. Motor Dinamo Penggerak

dinamo spion elektrik mobil

Penyebab lain spion lipat elektrik tidak mau bergerak adalah kerusakan pada motor dinamo. Peranti ini berfungsi untuk menggerakkan spion saat membuka dan menutup, sesuai dengan apa yang kamu perintahkan.

5. Melipat Spion Elektrik Secara Manual

lipat spion elektrik mobil

Karena buru-buru, kamu memilih untuk melipat spion dengan cara manual. Kalau hanya sesekali dan digerakkan secara hati-hati, mekanisme penggeraknya masih dapat menerima paksaan tersebut. Namun kalau terlalu sering dan digerakkan secara gegabah, efeknya sama dengan tersenggol kendaraan lain.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles