Melihat Kembali Sejarah Penemu Mobil Pertama di Dunia
mobil pertama di dunia

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berikut kami ajak mengintip sejarah penemu mobil pertama di dunia yang akhirnya sampai sekarang jadi moda transportasi terfavorit

Menjadi alat transportasi favorit dan digemari hampir seluruh lapisan masyarakat, sayangnya tidak semua orang mengetahui sejarah dan penemu mobil pertama di dunia yang sebenarnya. Oleh karena itu, Jualo akan mengajak Anda kembali nostalgia melihat sejarah perkembangan mobil sampai sekarang.

Dimulai dari mobil bertenaga uap

mobil pertama di dunia-4

Mobil pertama di dunia buatan Nicolas J Cugnot

Pada tahun 1769 lah sebenarnya asal usul mobil mulai tercetuskan. Nicolas J Cugnot, seorang ilmuwan Prancis menciptakan kendaraan dengan roda 3 berukuran besar. Kendaraan tersebut diciptakan untuk mengangkut meriam yang digunakan membantu perang.

Berawal dari kebutuhan militer itulah, mobil  diciptakan oleh ilmuwan lainnya. Konsep yang diciptakan oleh Nicolas ini cukup menarik, walaupun dalam prakteknya masih banyak memiliki kekurangan.

Nicolas menciptakan kendaraan tersebut karena terinspirasi dari kereta kuda yang memiliki ban. Ide tersebut menarik perhatian banyak ilmuwan untuk bisa lebih mengembangkannya. Lalu berlanjut di tahun 1784 oleh James Watt yang menciptakan kendaraan sejenis, masih dengan tenaga penggerak berupa uap.

mobil pertama di dunia-2

Tenaga uap mulai ditinggalkan oleh seorang Joseph E. Lenoir

Singkat cerita, di pertengahan abad 19 mobil tenaga uap mulai berubah karena memiliki kelemahan besar, yaitu sering meledak. Adalah Joseph E. Lenoir, seorang insinyur Prancis yang menciptakan kendaraan dengan bahan bakar campuran antara batu bara, gas, dan udara di tahun 1860. Lalu dilanjutkan dengan era bahan bakar bensin pertama yang tercetus dari seorang bernama Karl Benz pada tahun 1886.

Mobil bahan bakar bensin pertama

Di tahun 1886, Karl Benz dari Jerman mendapatkan inspirasi dari pengalamannya yang menggunakan sepeda saat bepergian. Ia pun menciptakan mobil pertama kali yang diberi nama Benz Patent Motorwagen, yang jadi cikal bakal Mercedez-Benz. 

mobil pertama di dunia-3

Sejarah Mercedes-Benz dimulai lewat mobil roda tiga, Benz Patent Motorwagen

–> Sejarah Panjang Nissan Silvia, Pelopor JDM yang Legendaris

Setelahnya diikuti oleh Ferdinand Porsche yang menemukan mobil bermesin hybrid pertama di tahun 1907, yang sekarang kita kenal dengan Porsche. Serta Henry Ford, pria asal Amerika yang juga ikut mengembangkan mobil pada tahun 1910.

Jika ditilik ke belakang, Nicolas J Cugnot memang jadi penemu mobil pertama di dunia. Hanya saja, Hanya saja, Karl Benz sang penemu mobil dengan bahan bakar bensin terus mengembangkan mobil yang diciptakannya. Insinyur yang berasal dari University Karlsruhe inilah yang tidak pernah berhenti menciptakan mobil sampai menjadi brand sangat besar sampai sekarang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles