Hadir di Thailand, Mobil Listrik Toyota bZ4x Makin Dekat ke Tanah Air?
mobil listrik toyota bz4x

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil listrik Toyota bergaya SUV modern, bZ4x resmi meluncur untuk pasar Eropa dan ASEAN di tahun 2022, bagaimana dengan Indonesia?

Toyota nampaknya sangat serius menjajaki pasar mobil elektrik. Terbaru mereka akhirnya resmi merilis mobil listrik Toyota bZ4x untuk pasar Eropa dan wilayah ASEAN, Thailand dapat kesempatan terlebih dulu merasakan mobil BEV (Battery Electric Vehicle) ini. Pengumuman soal bZ4X diungkap Presiden Toyota Motor Thailand Noriaki Yamashita di sela pemaparan kinerja perusahaan selama 2021.

“Tahun lalu, kami memperkenalkan Lexus UX 300e BEV dan Lexus NX450h+ PHEV. Untuk merek Toyota, bZ4X yang merupakan model pertama dari seri bZ akan diperkenalkan tahun ini,” ujarnya mengutip Paultan. Yamashita memang tidak menyebut secara rinci kapan mobil itu masuk Thailand. Tapi spekulasinya, bZ4X akan tiba dan diperkenalkan di negeri tersebut pada semester kedua 2022.

Tersedia opsi AWD

mobil listrik toyota bz4x-2

Tampak belakang sekilas bZ4x serupa dengan Toyota CH-R

Mobil listrik Toyota bZ4X memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm sudah termasuk dengan antena. Wheelbase-nya mencapai 2.850 mm dengan panjang kabin 1.940 mm. Selain itu atapnya tersedia pilihan atap normal (solar roof) atau panoramic yang bisa dipilih sesuai dengan selera sebagai pemiliknya.

Kemudian, Toyota bZ4X hadir dengan pilihan penggerak roda depan (FWD) dan all wheel drive (AWD). Mobil berkapasitas 5 penumpang ini dibekali dengan tenaga penggerak tipe AC synchronous electric generator.

Keduanya mengemas baterai lithium-ion 71,4 kWh yang beroperasi pada 355 V, dengan dukungan untuk pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian DC hingga 150 kW. Untuk model FWD, motor listrik FWD tunggal menghasilkan tenaga 150 kW (204 PS/202 dk) ke roda depan.

Sedangkan versi AWD menghasilkan tenaga 109 PS atau 107 dk untuk masing-masing motor di depan dan belakang dengan total 218 PS atau 216 dk. Toyota mengklaim, bZ4x versi FWD dapat melakukan sprint 0-100 km/jam dalam 8,4 detik, sementara versi AWD yang sedikit lebih bertenaga melakukan hal yang sama dalam 7,7 detik.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, suspensi depan menggunakan coil spring struts di depan sementara bagian belakang mendapat double wishbones dan rem berventilasi di sekelilingnya. Toyota telah menempatkan penekanan khusus pada keselamatan tabrakan dan keamanan baterai di bZ4X.

mobil listrik toyota bz4x-2

Interior yang terlihat simpel namun elegan

–> GAMPANG BANGET, BEGINI CARA BAYAR PAJAK MOBIL PAKAI APLIKASI SIGNAL

Untuk keamanan tabrakan, bZ4X mendapatkan struktur respons tabrakan omni-directional untuk melindungi penumpang, baterai, dan kendaraan lain yang terlibat dalam tabrakan. Lalu, bicara soal tenaga listrik, selain memberi daya pada kendaraan itu sendiri, bZ4X memiliki fungsi catu daya eksternal DC untuk menyediakan listrik keluaran tinggi untuk aktivitas di luar ruangan, serta ke rumah dan peralatannya jika terjadi bencana alam dan keadaan darurat.

Fitur ini juga dapat digunakan secara terbalik dengan rumah yang memiliki pembangkit listrik tenaga surya, di mana kelebihan listrik tenaga surya di siang hari dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai bZ4X.

Perkiraan Harga

Berbicara mengenai harga, Toyota bZ4x kabarnya bakal dibanderol di kisaran Rp 790 jutaan untuk versi FWD. Sedangkan varian tertinggi, yakni AWD mencapai Rp 900 jutaan. Dan Inggris jadi negara perdana Toyota memasarkan SUV elektrik terbarunya ini. Hmm..Bagaimana menurut Anda?

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles