5 Tips Jitu Membersihkan Plafon Mobil dengan Benar
plafon mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Terdengar sepele, kebersihan plafon mobil tentunya menjadi nilai plus untuk meningkatkan kenyamanan saat beraktifitas di dalam mobil dengan lebih maksimal

Saat ini bisa dikatakan mobil merupakan moda transportasi andalan hamper Sebagian besar masyarakat Indonesia.  Karenanya kebersihan interior patut mendapat perhatian lebih, khususnya di bagian plafon. Yang mana bisa meningkatkan kenyamanan Anda saat berkendara atau bahkan bisa meningkatkan nilai jual mobil itu sendiri. Oleh karena itu, Jualo akan berikan beberapa tips jitu membersihkan plafon mobil dengan benar lewat artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Membersihkan Plafon Mobil?

Mungkin dari bagian interior, bagian dashboard, pintu, atau jok yang sering mendapat perhatian. Lain halnya dengan plafon yang jarang diperhatikan dari sisi kebersihan. Padahal, membersihkan plafon terbilang mudah dan tidak terlalu sulit lho.

1. Gunakan Lap Microfiber

plafon mobil - 2

Cara membersihkan yang pertama adalah menggunakan lap microfiber. Lap ini memang memiliki kemampuan untuk mengangkat debu serta kotoran di plafon mobil Anda.  Namun jangan menggunakan lap ini dalam keadaan basah. Anda harus menjaganya tetap kering dan bersih untuk menyeka plafon. Lakukan beberapa kali sambil menyeka searah dengan arah kain. Dengan cara ini, maka kotoran di langit mobil yang bisa dibersihkan menjadi lebih banyak lagi.

2. Manfaatkan Cairan Pembersih Kain

Anda pasti sering melihat produk pembersih jok atau cairan pembersih khusus kain untuk membersihkan interior mobil. Kedua produk ini digunakan secara khusus untuk membersihkan plafon mobil dengan efektif. Bahkan terhitung untuk seluruh material yang ada.

membersihkan plafon mobil- 2

Cara penggunaannya pun mudah. Anda tinggal menyemprotkan cairan ke seluruh permukaan plafon. Kemudian seka secara perlahan menggunakan lap microfiber untuk bersihkan plafon mobil. Ya, lap ini memang bisa digunakan juga dengan cairan pembersih jok. Bahkan hasilnya malah lebih baik lagi kalau dibandingkan tanpa cairan. Jadi Anda sudah tahu bagaimana membuat lap microfiber jauh lebih maksimal untuk membersihkan plafon mobil.

3. Air dan Cuka Bisa Jadi Cairan Pembersih

Jika Anda ingin mencari cairan pembersih alternatif, campuran air dan cuka bisa menjadi pilihan. Biasanya cairan ini digunakan untuk menghilangkan minyak yang sudah menempel ke plafon. Untuk proses pencampurannya, ambil perbandingan 3:1, yakni 3 untuk air dan 1 untuk cuka. Jika sudah tercampur sempurna, masukkan lap microfiber ke dalam larutan cairan ini lalu seka noda minyak di plafon.

Bisa dibilang, cairan pembersih ini cukup efektif untuk membersihkan karena tidak akan merusak lem yang merekatkan kain ke plafon mobil. Proses membersihkan plafon pada mobil menjadi lebih baik untuk menghilangkan noda membandel.

Sebenarnya cara alternatif dengan bahan-bahan yang memang tidak dirancang khusus untuk membersihkan plafon mobil tidak dianjurkan karena dapat memberikan dampak buruk jika takarannya tidak tepat.

4. Pakai Pengharum Ruangan

membersihkan plafon mobil

Anda mungkin belum pernah mencoba cara ini. Bahkan tidak kepikiran sama sekali. Pengharum ruangan sebenarnya bisa digunakan untuk membersihkan plafon mobil. Namun ingat, cara ini untuk menghilangkan bau yang menempel di plafon, bukan untuk noda membandel lainnya.

–> DAMPAK MEROKOK DI DALAM MOBIL TERHADAP INTERIOR

Anda tinggal menyemprotkan pengharum ruangan ke arah plafon mobil. Tapi ingat, jangan sampai terasa basah karena pengharum bisa merusak lem perekat kain ke plafon mobil. Jadi arahkan pengharum ruangan dari jauh saja.

5. Lakukan Beberapa Kali

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan hanya melakukan beberapa cara di atas satu kali saja. Lakukan dua kali dalam satu kesempatan dan ulangi cara yang sama pada lain waktu. Ingat, untuk mengulangi langkah yang sama dalam satu kali kesempatan, tunggu sampai plafon kering, lalu lanjutkan kembali prosesnya. Dengan begitu, lem dan kain plafon pada mobil bisa tetap terjaga kualitasnya tanpa terkelupas atau copot dengan sendirinya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles