Tips Pengecekan serta Perawatan Power Window Mobil
Power Window Mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Terdengar sepele, namun power window mobil yang tidak bisa beroperasi dengan baik tentunya sangat mengganggu kenyamanan Anda selama berkendara

Power window merupakan fitur yang hampir tersemat pada semua mobil modern. Dengan adanya fitur ini, sangat memudahkan pengemudi atau penumpang untuk membuka kaca tanpa dengan satu sentuhan jari saja. Namun, banyak yang melupakan kalau power window mobil sama seperti komponen lain yang rentan mengalami masalah seiring pemakaian dan usia.

Masalah umum yang kerap terjadi adalah power window macet atau bahkan sama sekali tidak bisa berfungsi. Hal tersebut tentu bisa dihindari dengan menyimak ulasan lengkap seputar power window mobil dari Jualo berikut ini.

Cara Kerja Power Window

Power window sebenarnya adalah sebuah rangkaian mekatronik, yakni gabungan dari teknologi mekanik dan elektronik. Kedua gabungan teknologi tersebut akan menciptakan energi yang bisa menggerakkan kaca jendela mobil hanya dengan menekan sebuah tombol atau switch.

Power Window Mobil-5

Komponen power window sendiri bekerja dengan sebuah sistem yang disematkan pada setiap rangkaian elektronik. Dengan sistem tersebut, rangkaian akan bekerja dengan cara menaikkan dan menurunkan kaca jendela mobil atau menggeser pintu mobil ketika tombol ditekan.

Perawatan Power Window

Untuk menjaga agar power window mobil bisa awet, maka Anda harus melakukan perawatan. Biaya perawatan power window, tentu jauh lebih murah bila dibandingkan mengganti karena sudah rusak. Oleh karena itu, simak beberapa tipsnya berikut.

1. Gunakan Seperlunya

Membuka dan menutup kaca jendela mobil, sebaiknya dilakukan seperlunya saja. Apabila terlalu sering dibuka dan ditutup, atau dibuat mainan, maka kemungkinan power window juga akan cepat menjadi rusak.

2. Rutin Bersihkan Kaca Jendela

Power Window Mobil-2

Membersihkan kaca jendela mobil akan membantu menghilangkan kotoran atau debu yang bisa masuk ke dalam rangkaian power window. Kotoran yang masuk ke dalam rangkaian, bisa mengganggu kerja sistem ini.

3. Periksa Secara Berkala

Power Window Mobil-4

Melakukan pemeriksaan secara berkala ke bengkel juga perlu dilakukan agar power window tetap normal. Petugas mekanik akan segera mengetahui apabila ada kerusakan yang terjadi, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang berat.

–> PENTINGNYA DASHCAM MOBIL SEBAGAI PERANTI KEAMANAN DI JALAN

4. Pemeriksaan Bagian Karet Kaca

Power Window Mobil-3

Karet pada kaca jendela juga perlu diperiksa secara berkala. Karet yang sudah lama, biasanya akan keras dan bisa pecah akhirnya bisa masuk ke dalam sistem power window. Hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem.

5. Hindari Tidak Menggunakan Power Window Dalam Waktu Lama

Membiarkan power window tidak difungsikan dalam waktu lama, bisa berakibat kerusakan pada sistem tersebut. Kemungkinan berkarat pada komponen-komponennya. Oleh karena itu, sebaiknya alat ini tetap digunakan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles